Manfaat Konsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan
Photo by ArtHouse Studio on Pexels.com
in

Manfaat Konsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Ketahui Khasiat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Katalogue.id- Manfaat konsumsi ikan tuna bagi kesehatan. Ikan tuna adalah salah satu spesies ikan air asin yang tersebar di habitat dari Samudera Atlantik sampai ke Indonesia. Spesies tuna yang paling umum dikenal di Amerika Serikat adalah Cakalang, juga dikenal sebagai tuna “ringan”, dan Albacore, juga dikenal sebagai tuna “putih”. Albacore adalah satu-satunya jenis tuna yang dapat dijual secara legal dengan label “tuna daging putih”.

Ikan tuna merupakan salah satu jenis makanan laut paling populer di dunia. Selain kelimpahan dan rasanya yang seperti daging, tuna juga sangat bergizi. Mempunyai sumber vitamin B12 yang sangat baik , vitamin esensial yang dibutuhkan untuk membuat DNA. Vitamin B12 juga membantu Anda membentuk sel darah merah baru dan mencegah perkembangan anemia.

Keuntungan Konsumsi Ikan Tuna

Manfaat konsumsi ikan tuna bagi kesehatan. Seperti salah satu contoh meningkatkan penglihatan dan kualitas rambut hingga menjaga kesehatan jantung. Adapun manfaat lain dari ikan tuna yang dikutip oleh food.ndtv.com seperti berikut:

1. Ikan Tuna Membantu Fungsi Hati

Tuna mengandung asam lemak omega-3, yang juga dapat membantu menyeimbangkan pembuluh darah sehingga mengurangi kolesterol di arteri. Dengan demikian, jantung dapat secara efisien menjalankan fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh, menjaga kesehatan dengan baik. 

2. Ikan Tuna Menurunkan Tekanan Darah

Tuna kaya akan potasium, yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah. Asam lemak omega-3 yang dikombinasikan dengan kalium membawa efek anti-inflamasi pada sistem kardiovaskular, yang pada akhirnya bermanfaat bagi kita dengan menurunkan tekanan darah , risiko stroke, dan serangan jantung. 

3. Ikan Tuna Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tuna kaya akan mangan, seng, vitamin C, dan selenium, yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini melindungi kita dari penyakit seperti kanker dengan melawan radikal bebas – produk sampingan metabolisme di tingkat sel.

4. Ikan Tuna Membantu Penurunan Berat Badan

Berat badan adalah masalah utama yang dihadapi sebagian besar orang saat ini. Kita semua suka makan makanan enak tapi juga menjaga bentuk tubuh langsing . Tuna memberi kita rasa yang enak sambil menyeimbangkan kalori karena rendah lemak dan kaya protein dan nutrisi.

5. Ikan Tuna Memperkuat Tulang Anda

Ikan tuna mengandung Vitamin B yang merupakan komponen utama dalam memperkuat tulang. Vitamin ini membuat tulang lebih kuat dan melindunginya dari cedera seperti patah tulang. Tambahkan ini dalam diet harian Anda dan perhatikan hasil yang efektif.

6. Ikan Tuna Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin B kompleks dalam ikan membantu menjaga kesehatan kulit kita . Ini mengandung protein yang disebut elastin yang memberikan warna halus pada kulit kita. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan kulit Anda, bawalah tuna untuk membantu Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan kulit yang bercahaya. 

7. Ikan Tuna Mencegah Risiko Kanker

Antioksidan dari daging tuna melawan sel kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi tuna secara teratur membantu menghilangkan risiko kanker payudara dan ginjal.

8. Ikan Tuna Dapat Memberikan Energi

Ikan tuna tidak hanya meningkatkan laju metabolisme Anda tetapi juga meningkatkan fungsi organ Anda yang membuat tubuh Anda tetap energik, aktif dan sehat. Selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Kandungan Nutrisi Ikan Tuna

Manfaat Konsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan
Manfaat Konsumsi Ikan Tuna Bagi Kesehatan. Photo by cottonbro on Pexels.com

Ikan tuna adalah salah satu sumber makanan terbaik dari vitamin D . Hasil tangkapan tuna kalengan hanya 3 ons sebanyak 50% dari takaran harian yang direkomendasikan. Vitamin D diperlukan untuk kesehatan tulang , memperkuat sistem kekebalan terhadap penyakit, dan memastikan pertumbuhan yang optimal pada anak .

Tuna juga merupakan sumber vitamin dan mineral lainnya, seperti: 

  •  Besi
  •  Vitamin B6
  •  Kalium
  •  Selenium
  •  Yodium

Nutrisi per Penyajian

Satu porsi tuna putih seberat 4 ons mengandung: 

  • Kalori: 145
  • Protein : 26,77 gram
  • Lemak : 3,37 gram
  • Karbohidrat : 0 gram
  • Serat : 0 gram
  • Gula : 0 gram

Ukuran Porsi

Karena kandungan merkuri yang berpotensi lebih tinggi, wanita hamil dan anak kecil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum makan tuna. Tuna kalengan mengandung lebih sedikit merkuri dibandingkan tuna segar karena ikan berukuran lebih kecil digunakan untuk pengalengan.

FDA merekomendasikan sekitar dua atau tiga porsi tuna ringan per minggu dan hanya satu porsi tuna putih per minggu. Ini karena kandungan merkuri yang lebih tinggi pada tuna putih.

Ukuran porsi tuna untuk orang dewasa umumnya sekitar 4 ons. 

Bagaimana Mempersiapkan Ikan Tuna

Anda dapat menemukan tuna segar atau kalengan di toko bahan makanan di seluruh negeri. Karena tuna kalengan mengandung lebih sedikit merkuri dibandingkan tuna segar, ini mungkin pilihan yang lebih baik bagi sebagian orang. Tuna kalengan selalu dimasak terlebih dahulu dan bisa langsung dimakan saat dibuka. 

Steak tuna yang dibeli di toko bahan makanan dapat dipanggang, dipanggang, atau ditumis dengan wajan. Oleskan bumbu atau marinade pilihan Anda sebelum memasak. Anda dapat membeli steak tuna beku sepanjang tahun atau menunggu tuna sedang musimnya. 

Berikut adalah beberapa ide untuk memasukkan lebih banyak tuna ke dalam makanan Anda:

  • Tambahkan tuna ke salad Mediterania segar.
  • Rendam steak tuna dengan minyak zaitun dan jalapeño cincang untuk rasa pedas.
  • Tempatkan irisan roti dengan tuna dan keju di atas oven untuk membuat tuna cepat meleleh. 

Gunakan tuna sebagai pengganti daging sapi untuk membuat burger tuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0