in

Mazda CX-30 Terima Mesin Turbo, Tenaga Tembus 227 DK

Mazda terus melengkapi mobil-mobil produksinya dengan teknologi mesin turbo. Langkah ini sudah terlihat dengan penyematan mesin turbo ke Mazda3, dan kini akan dilanjut ke CX-30.

Rencananya crossover satu ini akan memulai debut varian mesin 2.500 cc turbocharged pada akhir tahun 2020 di Amerika Serikat. Tetapi tidak menutup kemungkinan pasar Meksiko juga memasarkannya, seperti yang mereka sudah lakukan dengan Mazda3.

Menurut sejumlah informasi, nantinya mesin turbocharged ini akan menghasilkan tenaga hingga 250 daya kuda dengan torsi 434 Nm. Perlu diingat tenaga ini bisa hadir maksimal dengan penggunaan bahan bakar bensin beroktan 93, atau di Indonesia sekelas bensin Pertamax.

Kehadiran mesin 2.500 cc Turbocharged yang dibenamkan di sejumlah model ini meneruskan generasi mesin turbo Jenama asal Jepang tersebut yang sudah lama mati. Di beberapa tahun lalu, merek satu ini sempat terkenal menggunakan mesin Turbo 2.300 cc dan V6 dari Ford.

Jika membandingkan secara dimensi dan lontaran tenaga yang dihasilkan, CX-30 Turbo patut membusungkan dada diantara sejumlah kompetitornya. BMW X1, Mercedes-Benz GLA250, dan Audi Q3 belum bisa melampaui tenaga yang dihasilkan mobil bermerek Jepang satu ini.

“CX-30 2.5 Turbo 2021 akan mengangkat dirinya sendiri di kelasnya dengan peningkatan kinerja dan kapabilitas, teknologi canggih baru, serta pengerjaan dan desain yang luar biasa,” tulis di dalam pengumuman resminya.

Uniknya, CX-30 Turbo ini dibekali dengan sistem penggerak semua-roda (all-wheel drive system) i-Activ standar dan bantuan traksi off-road. Selain itu, mereka juga menyematkan sejumlah fitur canggih baru i-Activsense untuk menunjang perjalanan penumpang.

Fitur ini terdiri atas Smart City Brake Support Reverse dengan Rear Cross-Traffic Braking yang dapat membantu pengemudi mengaplikasi rem secara otomatis saat kendaraan mundur dengan kecepatan antara 3,2-6,4 km/jam, jika terhalang atau saat mundur dari tempat parkir ada kendaraan menyeberang terdeteksi.

Kemudian Traffic Jam Assist merupakan fitur baru, meningkatkan Mazda Radar Cruise Control dalam situasi tertentu dengan memberikan input kemudi yang dapat membantu pengemudi tetap berada dalam penanda jalur dengan kecepatan di bawah 65 km/jam. Selain itu ada juga 360° View Monitor dengan kejernihan digital HD.

Tentu akan sangat menarik jika PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) juga memasarkan varian mesin turbo ini di Indonesia. Mengingat CX-30 di Indonesia hanya mendapatkan pilihan mesin SKYACTIV-G 2.0 In-line 4-cylinder DOHC 16-valve, bertenaga 152 daya kuda @ 6.000 rpm dan daya punti maksimal 200 Nm @ 4.000 rpm.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0