Menjaga Kondisi Mata Saat WFH
Menjaga Kondisi Mata Saat WFH. Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels
in

Menjaga Kondisi Mata Saat WFH, yuk Simak!

Pentingnya Melindungi Mata Saat WFH

Katalogue.id- Menjaga kondisi mata disaat WFH (Work From Home) merupakan salah satu cara agar tidak tegang saat bekerja. Menurut Wikipedia, WFH (Work From Home) adalah perjanjian kerja di mana karyawan memperoleh fleksibilitas bekerja dalam hal tempat dan waktu kerja dengan bantuan teknologi telekomunikasi.

Semenjak adanya pandemi COVID-19, WFH (Work From Home) adalah cara setiap perusahaan di Indonesia bahkan di seluruh dunia untuk meminimalkan potensi COVID-19 kepada para karyawannya.

Sebenarnya WFH sudah diberlakukan dan dijalankan sudah cukup lama tetapi istilah tersebut baru populer disaat pandemi yang semakin mengkhawatirkan. Terlebih, ketika didukung dengan adanya teknologi saat ini, para pekerja bisa dengan mudah melakukan telekomunikasi dan pengelolaan data pada skala yang sangat luas.

Para pakar juga menyakini bahwa dengan cara WFH merupakan rancangan kerja di masa depan. Adapun kelebihan dan kekurangan saat Anda melakukan WFH :

Kelebihan WFH ( Work From Home )

  • Menghemat Pengeluaran.
  • Lebih Fleksibel
  • Lebih Banyak waktu untuk keluarga

Kekurangan WFH ( Work From Home )

  • Mengurangi Konsentrasi.
  • Terbawa suasana nyaman rumah.
  • Jam kerja menjadi kacau.

Mengurangi Ketegangan Mata Saat WFH

Menjaga kondisi mata disaat WFH (Work From Home) dikarenakan pandemi COVID-19 dan tingkat kematian yang berkelanjutan. Membuat para pekerja kantor atau karyawan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan meningkatkan waktu di depan layar.

Menjaga Kondisi Mata Saat WFH
Menjaga Kondisi Mata Saat WFH. Photo by Mati Mango on Pexels.com

Para ahli kesehatan mata menjadi semakin khawatir tentang konsekuensi tidak langsung dari pandemi COVID-19 yaitu mengalami sindrom penglihatan komputer. Akibatnya, lebih banyak orang mengalami ketegangan mata digital.

Seperti sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering, dan nyeri leher dan bahu, yang berkembang sebagai akibat menghabiskan terlalu banyak waktu untuk melihat komputer Anda, tablet, atau ponsel.

Meskipun ketegangan mata itu sendiri tampaknya tidak memiliki konsekuensi jangka panjang. Namun paparan blue light (sinar biru) secara terus-menerus, panjang gelombang pendek, cahaya tinggi yang berasal dari layar dapat menyebabkan kerusakan sel retinal dan degenerasi makula terkait usia.

Cara Mengurangi Ketegangan Mata

Menghabiskan lebih sedikit waktu di depan komputer Anda sepertinya solusi paling sederhana untuk ketegangan mata digital, tetapi jika Anda bekerja dari rumah, itu mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anda. 

Jika Anda tidak punya pilihan selain menghabiskan delapan jam di depan komputer setiap hari, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan mata Anda dan mengurangi dampak negatif layar.

Pertahankan Postur Yang Baik

Anda mungkin tidak menyadari postur dan mata Anda terhubung, tetapi mempertahankan posisi duduk yang benar saat Anda bekerja sebenarnya adalah garis pertahanan pertama melawan ketegangan mata.

Saat Anda duduk di depan komputer, pastikan kaki Anda rata di lantai dan pergelangan tangan Anda sedikit lebih tinggi, daripada bertumpu pada keyboard Anda. Layar Anda harus diposisikan tepat di bawah garis pandang alami Anda.

Mengurangi Ketegangan Mata. Foto Oleh : newsbeezer.com

Pandangan ke bawah membantu menurunkan kelopak mata dan membantu menghilangkan kemungkinan terkena angin, terutama saat ada AC di dalam ruangan, dan membantu melindungi dari kekeringan.

Namun, pastikan Anda duduk tegak. Membungkuk di atas keyboard Anda dapat menciptakan ketegangan otot di punggung dan bahu yang membatasi aliran darah ke mata Anda, menyebabkan masalah penglihatan.

Atur Pencahayaan Layar

Meskipun layar Anda memiliki cahaya latar, pencahayaan ruangan yang tepat penting. Jika terlalu terang atau terlalu redup, ini dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala yang meningkat. 

Layar Anda harus cukup terang sehingga Anda tidak perlu memicingkan mata, tetapi tidak terlalu terang sehingga terlihat seperti layar menyala. Penting juga untuk mengurangi silau.

Atur Ukuran Font Anda

Jika Anda menyipitkan mata untuk mencoba membaca teks di layar komputer, tambah ukuran font Anda. Ini dapat mengurangi stres pada mata dan mencegah ketegangan yang Anda alami.

Jika sesuai dengan anggaran Anda, Anda juga dapat memilih monitor yang lebih besar, yang secara alami meningkatkan ukuran apa pun yang Anda kerjakan.

Biasakan Mengedipkan Mata

Berkedip biasanya dianggap sebagai tindakan yang tidak disengaja. Namun saat Anda berada di depan layar komputer sepanjang hari, Anda harus berusaha secara sadar untuk lebih sering berkedip.

Kedipan mata menghasilkan kelembapan dan merupakan komponen penting dari cara mata merawat dirinya sendiri. Kedipan biasa terjadi sekitar 15 kali per menit.

Jeda dalam berkedip dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, penglihatan berkurang, ketidaknyamanan, dan hilangnya konsentrasi, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan penurunan efisiensi.

Seringlah Beristirahat

Anda juga perlu sering melakukan istirahat. Banyak ahli merekomendasikan mengikuti apa yang disebut dengan aturan 20-20-20 di dalam setiap 20 menit, alihkan fokus Anda ke sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. 

Tetapi jika Anda bisa, menjauhlah dari komputer dan ambil segelas air atau keluarlah selama beberapa menit. Tindakan tersebut memberikan kesempatan pada mata Anda untuk rileks dan menghindari dehidrasi.

Blokir Blue Light

Blue Light memang ada di mana-mana, bahkan di bawah sinar matahari pun terdapat blue light. Tetapi pada layar komputer dan ponsel mengandung blue light yang sangat signifikan sehingga sulit disaring oleh mata Anda. 

Para ahli mengatakan bahwa kontak terlalu lama dengan blue light dapat menyebabkan kelelahan mata, sakit kepala, dan dapat berdampak negatif pada tidur Anda.

Buatlah Zona Bebas Teknologi

Zona bebas dari teknologi, mungkin salah satu cara yang juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata, saat dipaksa untuk melihat layar sepanjang hari. Seperti misalnya, bebaskan kamar tidur dari komputer.

Hindarilah kebiasaan menatap layar seluler Anda saat akan tidur. Hal tersebut bisa mengurangi atau membantu Anda untuk terkena ketegangan mata digital. Biasakanlah membaca buku atau habiskan waktu berkualitas dengan anggota keluarga tanpa ponsel Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0