man doing boxing
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

13 KO Paling Brutal dalam Karir Mike Tyson

Banyak yang setuju untuk mengatakan bahwa KO yang dilakukan Mike Tyson di akhir 80-an dan 90-an termasuk di antara tinju yang paling brutal. Iron Mike memiliki reputasi terkenal di kelas berat, karena kemampuannya untuk menampilkan pertunjukan yang menarik.

Michael Gerard Tyson (lahir 30 Juni 1966, New York City, Amerika Serikat) adalah petinju profesional dan mantan juara kelas berat. Kariernya yang sangat menjanjikan terhambat oleh berbagai kasus kriminal.

Julukan Mike Tyson secara internasional adalah “Iron Mike”, merujuk pada postur tubuhnya yang kuat bagaikan besi. Beberapa media massa yang lain lebih suka menyebutnya sebagai “The Baddest Man on Earth”, yang merujuk pada perangainya yang buruk, baik di dalam maupun di luar ring tinju.

Sedangkan pers Indonesia lebih senang menyebut Tyson sebagai “Si Leher Beton” merujuk pada lingkaran leher Tyson pada masa jayanya yang ekstra besar dari ukuran normal, dan tampak begitu kokoh.

Faktanya Tyson memulai karir profesionalnya 19-0, dengan 12 dari 19 kemenangan pertamanya menghasilkan KO. Fans menyukai petarung yang memukul dengan keras dan tidak ada yang lebih keras dari Tyson.

Bahkan dengan tinggi badannya yang di bawah rata-rata, Tyson membuat gelombang kekaguman di seluruh kelas berat sejak awal. Sebagai petarung termuda yang pernah memenangkan gelar Kelas Berat, kemampuan Iron Mike untuk membuat orang tertidur adalah legenda. 

Daftar 13 KO Mike Tyson Terbaik:

Michael Spinks

Daftar KO Mike Tyson

Banyak yang akan berpendapat ini bukan KO yang paling mengesankan dalam karir Tyson, tapi itu pasti yang paling penting. Iron Mike mempertaruhkan tiga sabuk untuk pertarungan ini melawan Hall of Famer masa depan Michael Spinks, seorang pejuang yang belum pernah menyentuh geladak. Meja telah diatur dan saat Donald Trump dan Muhammad Ali keluar dari ring setelah perkenalan, pertarungan berbelok ke kanan dengan tajam untuk Spinks. 

Memukulnya dengan pukulan tubuh besar yang menempatkan Spinks di geladak untuk pertama kalinya dalam karirnya, Spink’storture melanjutkan, sebelum dipotong pendek lebih dari 90 detik ke dalam pertarungan.

Marvis Frazier

Daftar KO Mike Tyson

Frazier adalah salah satu KO tercepat Mikes. Kedua petarung menemukan kesenangan dalam melumpuhkan lawan mereka dan keduanya memiliki kemenangan mayoritas di bawah ikat pinggang mereka. 

Putra dari ‘Smokin Joe’ Frazier, Marvis Frazier hanya mengalami satu kekalahan pada saat itu, dan dapat dimengerti, para penggemar menganggap ini sebagai kekalahan besar, tetapi tidak berhasil. Pertempuran ini bahkan tidak dekat, dengan serangkaian pukulan berat, Tyson mengalahkan Frazier dalam waktu 30 detik, sekali lagi membuktikan mengapa dia tidak terlalu hype.

Don Halpin

Daftar KO Mike Tyson

KO pertama Tyson mungkin yang paling kontroversial. Halpin datang ke pertarungan dengan rekor 10 kemenangan di bawah rata-rata dengan 18 kekalahan, tetapi sang veteran menggunakan taktiknya untuk bertahan di beberapa ronde pertama.

Tyson, di sisi lain, datang ke pertarungan dengan lambat dan mantap. Para komentator bahkan memberi Tyson sedikit tongkat, menyiratkan “Ini hampir seolah-olah sudutnya berkata kepadanya, ‘Dengar, Anda tidak harus memenangkan setiap pertarungan dalam satu ronde’”.

Pertandingan berlanjut ke ronde keempat, di mana Tyson memukul Halpin dengan serangkaian pukulan, membuat Halpin terlempar ke kanvas. Tyson menghabisi Halpin dengan pukulan saat dia sudah turun ke lantai, memicu kontroversi pertama untuk karir Tyson.

Michael Johnson

Daftar KO Mike Tyson

Iron Mike baru berusia 19 tahun ketika dia mendapatkan KO ronde pertama pertamanya. Pertarungan melawan Johnson ini bukanlah tontonan seperti Spinks, tetapi itu adalah KO tercepat Tyson hingga saat ini. Berlangsung lebih dari 30 detik, itu adalah pertarungan yang cepat dan tidak terlalu mengejutkan.

Johnson memiliki kecenderungan untuk tersingkir, dengan enam pertarungan sebelumnya menghasilkan empat kekalahan KO. Tyson mencatat Johnson dengan hook kiri yang menjatuhkannya. Mike kembali beberapa detik kemudian dengan pukulan kanan besar yang mengakhiri pertarungan dengan agak tiba-tiba.

Larry Holmes

Daftar KO Mike Tyson

Tyson menghabiskan sebagian besar waktunya bepergian dengan mentor Cus D’Amato, menonton pertarungan Muhammad Ali. Itu adalah pertarungan antara Ali dan Holmes di Caesars Palace yang paling membekas di kepala Tyson.

Legenda mengatakan, Mike tidak tahan melihat idolanya Ali dianiaya oleh Holmes saat dia dalam kondisi yang memburuk. Dalam perjalanan pulang dengan mobil setelah pertarungan, Mike berbicara kepada Ali melalui telepon dan berjanji untuk membalas dendam Ali, “Ketika aku dewasa, aku akan melawan Holmes dan aku akan mendapatkannya kembali untukmu”.

Maju cepat lagi melalui karir amatir dan profesional Mike dan panggung diatur untuk acara yang disebut sebagai ‘Sejarah Kelas Berat’. Holmes yang berusia 38 tahun tergoda keluar dari masa pensiunnya oleh tawaran $ 3 juta dari Don King untuk menghadapi Tyson yang tak terkalahkan.

Pertandingan telah ditentukan, Ali berada di tepi lapangan, dan Iron Mike melakukan tugasnya. Hanya butuh empat ronde bagi Tyson untuk membuktikan bahwa dia terlalu cepat, terlalu kuat, dan terlalu bagus untuk mantan juara kelas berat itu.

Tyson menjatuhkan Holmes dua kali sebelum pertarungan dibatalkan dan Holmes tersingkir untuk pertama kalinya dalam karirnya. Mike memenuhi janjinya.

Henry Tillman

Daftar KO Mike Tyson

Setelah menderita kerugian profesional pertama dalam karirnya, Tyson sangat ingin merespons dengan satu-satunya cara yang dia tahu caranya. Jahat dan cepat.

Tillman adalah salah satu ancaman terbesar Tyson, peraih medali emas sendiri, dia telah mengalahkan Mike dua kali di tingkat amatir. Kenyataannya, Mike terlalu baik untuk Tillman, memilikinya sejak bel pertama. Dia bertahan lebih lama dari beberapa tapi Tillman tidak punya kesempatan.

Mike menginginkan pembalasannya dan Anda bisa merasakannya di setiap pukulan. Tyson mengakhiri pertarungan dengan pukulan keras setelah hanya 2:47 menit.

Trevor Berbic

Daftar KO Mike Tyson

Tidak ada momen selama pertarungan ini dimana Tyson tampak seperti akan mengambil kursi belakang. Dua puluh tahun pada saat itu, ia adalah petarung peringkat atas dan memegang gelar kelas berat WBA dan WBC.

Berbick adalah penantang Tyson untuk gelar WBC, meskipun dia tidak benar-benar memiliki peluang. Mike mengirim Berbick ke kanvas dua kali selama pertarungan, mendominasi dengan gerakan kombinasi sebelum mengakhirinya dengan hook kanan di ronde kedua.

Frank Bruno

Daftar KO Mike Tyson

Mengingatkan pada beberapa pertarungan yang kita lihat hari ini, Bruno dan Tyson terus didorong mundur dan ditunda, yang menyebabkan banyak peningkatan. Pertarungan awalnya seharusnya berlangsung pada bulan Oktober tetapi tidak berakhir sampai Februari tahun berikutnya.

Bruno mengejutkan Tyson di luar gerbang, hampir menjatuhkan Mike di ronde pertama. Tidak butuh banyak waktu bagi Tyson untuk membalikkannya, menempatkan Bruno pada tali dan melepaskan serangkaian pukulan ke kanan. Wasit langsung mengakhiri pertarungan.

Francois Botha

Daftar KO Mike Tyson

Dalam pertarungan ini, Mike menunjukkan mengapa dia adalah pria paling jahat di planet ini. Ini mungkin contoh terbaik mengapa pertarungan Tyson lebih dari sekadar tontonan.

Pertarungan pertamanya kembali setelah menggigit telinga Evander Holyfield, perkenalan pra-pertarungan dimulai dengan Mike muncul di ‘It’s Dark And Hell is Hot’ DMX sambil mengenakan topi dan t-shirt bertuliskan ‘Be real’. Raut wajahnya mengatakan segalanya, dia serius.

Dia membutuhkan waktu sedikit lebih lama dari yang dia inginkan (5 ronde) untuk mengalahkan Botha tetapi seperti yang dia katakan dalam wawancara pasca-pertandingan, “Saya tahu saya akan menjatuhkannya. Itu hanya masalah waktu”.

Carl Williams

Daftar KO Mike Tyson

Carl Williams dan Mike Tyson akrab satu sama lain. Mereka menghabiskan beberapa waktu di masa muda mereka, di mana Williams ditunjukkan bahwa dia mampu mengendalikan Tyson dengan jab tajam dan sesekali melakukan umpan silang ke kanan.

Kali ini Carl Williams yang berbeda dan Mike Tyson yang sangat, sangat berbeda. Sebuah KO kontroversial, Mike melakukan pukulan ketika dia menggerakkan kepalanya ke kiri dan kemudian membalas Williams dengan hook kiri langsung ke rahang yang menangkap Williams di rahang. Hook mengirim penantang ke kanvas, wasit melihat Williams dan pertarungan dihentikan.

Clifford Etienne

Daftar KO Mike Tyson

Kemenangan ke-50 dan terakhir Tyson terjadi pada saat-saat suram dalam karirnya. Pertarungan itu disebut sebagai ‘kembali ke bisnis’, datang dari kekalahan kontes gelar terakhir Tyson melawan Lennox Lewis beberapa bulan sebelumnya.

Sangat jelas bahwa Tyson kehilangan sesuatu pada tahap karirnya ini, tetapi dia tidak kehilangan agresinya. Etienne mengayunkan untuk Tyson dengan jab kiri kombo tangan kanan yang meleset dan Tyson memanfaatkan dengan tangan kiri yang meleset sebelum menyelesaikan Etienne dengan tangan kanan yang mengirimnya ke kanvas.

Buster Mathis Jr.

Daftar KO Mike Tyson

Ini adalah pertarungan kedua Mike sejak kembali dari Penjara. Itu dianggap sebagai semacam ‘penyesuaian’ bagi Mike untuk membuat lari yang tepat di Kejuaraan Kelas Berat.

Mathis keluar dari gerbang dengan kuat, melakukan upaya bersama untuk mencekik Tyson. Ini adalah kehidupan yang singkat, dan Iron Mike mengirimnya berkemas dengan pukulan di ronde ketiga.

Tony Tubbs

Daftar KO Mike Tyson

Pertarungan ini hanyalah semacam langkah untuk tur gelar dunia Tyson. Itu melihat Tyson dengan rekor 33-0 (29 KO) melawan Tubbs 24-1 (15 KO). Sedikit slugfest pada awalnya, Tubbs melakukan pekerjaan yang layak dengan mendaratkan beberapa jab pada Tyson dan melindungi dirinya sendiri dengan menjaga sarung tangannya untuk sebagian besar kontes.

Sial bagi Tubbs, pada ronde kedua, pukulan perut mulai menunjukkan efeknya. Tubbs dengan putus asa mengirim kombo ke Tyson sebelum dia tertangkap basah, membuka peluang bagi Mike untuk mengirim hook kiri ke arahnya. Penantang tersandung sejenak sebelum jatuh ke kanvas.

human fist
Photo by Pixabay on Pexels.com

Pertanyaan umum yang sering muncul (FAQ):

Kapan pertarungan profesional pertama Mike Tyson?

Pertarungan pertama Tyson melawan Hector Mercedes pada 6 Maret 1985. Pertarungan diadakan di Plaza Convention Center, Albany, New York, AS Tyson menang dengan keputusan TKO ronde pertama. Dia baru berusia 18 tahun saat itu.

Kapan KO pertama Mike Tyson?

Knockout pertama Mike adalah melawan Don Halpin pada tanggal 23 Mei 1985. Dia menjatuhkan Halpin di ronde ke-4. Tyson baru berusia 18 tahun.

Tanggal pertandingan ketika telinga Holyfield digigit oleh Mike Tyson?

Tyson menggigit telinga Holyfield pada 28 Juni 1997 di Evander Holyfield vs. Mike Tyson II.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0