Cara bermain sepak bola dan ketahui sejarah permainannya
Photo by Alexander Nadrilyanski on Pexels.com
in

Cara Bermain Sepak Bola dan Ketahui Sejarah Permainannya

Permainan Sepak Bola yang Digemari Banyak Orang

Katalogue.id- Cara bermain sepak bola dan ketahui sejarah permainannya. Olahraga ini pun banyak sekali peminat dan penggemarnya. Sepak bola merupakan permainan di mana dua tim yang terdiri dari 11 pemain dan dimainkan selama 2×45 menit.

Menggunakan salah satu bagian tubuh mereka kecuali tangan dan lengan, mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya penjaga gawang yang diizinkan untuk memegang bola dan hanya boleh melakukannya di dalam area penalti yang mengelilingi gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol menang.

Sepak bola adalah permainan bola paling populer di dunia dalam jumlah peserta dan penonton. Sederhana dalam aturan utama dan perlengkapan penting, olahraga ini dapat dimainkan hampir di mana saja, dari lapangan resmi sepak bola (lapangan) hingga gimnasium, jalanan, taman bermain sekolah, taman, atau pantai. 

Badan pengelola sepak bola, Federation Internationale de Football Association (FIFA), memperkirakan bahwa pada pergantian abad ke-21 ada sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 miliar orang “tertarik” pada sepak bola; pada tahun 2010, penonton televisi gabungan lebih dari 26 miliar menonton turnamen utama sepak bola , final Piala Dunia empat tahunan selama sebulan.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Sejak sebelum abad pertengahan, “permainan sepak bola rakyat” telah dimainkan di kota-kota dan desa-desa. Menurut adat istiadat setempat dan dengan aturan minimum. 

Industrialisasi dan urbanisasi yang mengurangi jumlah waktu luang dan ruang yang tersedia bagi kelas pekerja. Dikombinasikan dengan sejarah larangan hukum terhadap bentuk-bentuk sepak bola rakyat yang sangat kejam dan merusak untuk merusak status permainan dari awal abad ke-19 dan seterusnya.

Cara bermain sepak bola dan ketahui sejarah permainannya
Ukuran lapangan permainan sepak bola. Foto Oleh: uberitabola.blogspot.com

Namun, sepak bola diambil sebagai permainan musim dingin antara rumah tinggal di sekolah umum (independen) seperti Winchester, Charterhouse, dan Eton. Setiap sekolah memiliki aturannya sendiri. Beberapa mengizinkan penanganan bola secara terbatas dan yang lainnya tidak. Variasi aturan menyulitkan anak sekolah negeri yang memasuki universitas untuk terus bermain kecuali dengan mantan teman sekolahnya.

Tehnik Dasar Permainan Sepak Bola

Bermain sepak bola adalah hal yang menyenangkan dan juga menyehatkan tubuh kita. Banyak orang yang menjadikan sepak bola sebagai hobi, dan ada juga yang menjadikan sepak bola sebagai profesi. 

Untuk bisa bermain sepak bola dengan baik, Anda harus menguasai teknik dasar dalam sepak bola. Saat cuman mengandalkan kecepatan saja tidak cukup. Dikutip dari laman steemit.com berikut ini adalah tehnik dasar bermain sepak bola.

Menggiring Bola ( Dribbling )

Dribbling dalam sepak bola adalah hal yang utama. Karena dribbling adalah salah satu teknik dasar dalam sepakbola. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola sama dengan kaki yang digunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan untuk mendekati jarak target, melewati lawan dan memblokir permainan. 

Pada dasarnya tumpahan diisolasi menjadi dua: tutup tumpahan dan tumpahan cepat. Penutupan tumpahan diselesaikan dengan kontrol penuh atas bola, dilakukan ketika bola tidak dengan imajinasi apa pun aman dari musuh kita. Dalam menutup tumpahan, bola tidak boleh lebih dari 1 meter di depan kaki kita. Kecepatan tumpah hanya memiliki satu arah: kecepatan.

Pada kecepatan tumpah, kami tumpah dengan terus berlari secepat yang diharapkan. Harus mungkin dengan menendang bola ke depan kemudian kita mengincarnya sekeras mungkin. Bagaimanapun, persyaratannya, kami benar-benar bebas dari permintaan musuh.

Menendang Bola ( Shooting )

Menendang bola merupakan salah satu ciri permainan sepak bola yang paling dominan. Tujuan dari menendang adalah untuk mengoper (passing) dan menembak ke arah gawang (menembak).

Cara bermain sepak bola dan ketahui sejarah permainannya
Cara bermain sepak bola dan ketahui sejarah permainannya. Photo by Pixabay on Pexels.com

Untuk menendang bola yang bagus, Anda harus mengoordinasikan semua anggota tubuh. Posisi kepala sebelum menendang bola harus mencatat keadaan lapangan. Dimana posisi kawan dan lawan guna memastikan ke arah mana bola akan ditendang.

Mengoper Bola ( Passing )

Mengoper bola sangat dibutuhkan dalam permainan sepak bola karena selain itu tidak bisa bermain sepak bola dengan baik. Passing belum tentu cocok untuk orangnya. Saat rekan satu tim berlari, kami memberinya ruang kosong di depannya.

Mengontrol Bola ( Controlling )

Mengontrol bola juga termasuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan dan memudahkan passing. Jaga agar posisi tubuh sejajar dengan saat datangnya bola. Poros menghadap bola dengan lutut sedikit ditekuk. Mengontrol bola bisa menggunakan tungkai belakang, tungkai, paha, dada dan kepala jika mudah dijangkau.

Menyundul Bola ( Heading )

Menanduk atau menyundul bola untuk mengoper atau mencetak gol. Bagian kepala yang digunakan untuk melakukan heading adalah kening. Bebera[a prinsip dalam melakukan heading.

  • Mata harus tertuju pada bola dan berlari untuk mengambilnya.
  • Melatih kekuatan otot leher.
  • Dahi sebagai alat utama untuk Heading.
  • Perhatikan posisi tubuh, pada saat melompat dan dorongan panggul dan kekuatan kedua lutut.
  • Fokusnya pada mata harus selalu terbuka saat menyundul bola.

Menjaga Gawang ( Goal Keeping )

Teknik menangkap bola ini khusus diperuntukan bagi Anda yang ingin bermain di posisi kiper alias penjaga gawang. Teknik yang biasa disebut goal keeping ini merupakan teknik penting bagi mereka sebagai pertahanan terakhir tim.

Anda perlu melatih refleks menangkap bola ke kiri dan kanan, selain itu Anda juga perlu menguasai teknik menendang dengan power yang kuat.

Menyapu Bola ( Tackling )

Teknik berikut ini juga merupakan teknik untuk bertahan dari serangan lawan. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam melakukan teknik ini karena berisiko besar, Anda bisa saja menciderai lawan dan mendapatkan kartu peringatan. Dalam melakukan teknik ini, Anda perlu timing yang tepat agar bola berhasil direbut.

Untuk melakukannya, Anda perlu sesuaikan kecepatanmu dengan musuh, kemudian jatuhkan badan sembari luruskan satu kaki yang berguna untuk menahan laju bolanya.

Merebut Bola ( Intercepting )

Teknik dasar ini juga bisa disebut dengan intercepting. Teknik ini akan Anda gunakan ketika ingin merebut bola dari kaki lawan. Untuk melakukan itu, Anda perlu membaca pergerakan lawan.

Atau Anda juga bisa menghentikan laju umpan musuh. Teknik ini sangat penting untuk bertahan dari serangan lawan, namun hati-hati, rebut lah bolanya, bukan kakinya. Bisa-bisa Anda kena kartu kuning, bahkan merah. Maka dari itu Anda perlu pintar dalam membaca pergerakan lawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0