Memahami permainan tenis meja dan teknik dasarnya.
Photo by Josh Sorenson on Pexels.com
in

Memahami Permainan Tenis Meja dan Teknik Dasarnya

Belajar Tentang Sejarah dan Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Katalogue.id- Memahami permainan tenis meja dan teknik dasarnya. Tenis meja atau pingpong merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan dua pasang (ganda) ataupun dua orang (tunggal) yang berlawanan. Di Indonesia organisasi induk tenis meja atau juga dikenal sebagai PTMSI (Semua Asosiasi Tenis Meja Indonesia) untuk tingkat nasional.

Olahraga ini dimainkan di atas meja datar. Dibagi menjadi dua lapangan yang sama dengan pembatas atau net dipasang di tengahnya. Tujuannya adalah untuk memukul bola sehingga melewati net dan memantul di setengah meja lawan sedemikian rupa sehingga lawan tidak dapat meraihnya atau mengembalikannya dengan benar. 

Bola ringan didorong maju mundur melintasi net dengan raket kecil (pemukul, atau dayung) yang dipegang oleh para pemain. Permainan ini populer di seluruh dunia. Di sebagian besar negara, olahraga ini sangat terorganisir sebagai olahraga kompetitif, terutama di Eropa dan Asia, khususnya di China dan Jepang.

Sejarah Permainan Tenis Meja

Dilansir oleh www.britannica.com bahwa permainan tenis meja ini ditemukan di Inggris pada awal abad ke-20 dan pada awalnya disebut Ping-Pong, sebuah nama dagang. Nama tenis meja diadopsi pada tahun 1921–22 ketika Asosiasi Ping-Pong lama yang dibentuk pada tahun 1902 dihidupkan kembali. Asosiasi aslinya telah bubar sekitar tahun 1905.

Memahami permainan tenis meja dan teknik dasarnya.
Memahami permainan tenis meja dan teknik dasarnya. Photo by Ingo Joseph on Pexels.com

Permainan tersebut terus dimainkan di beberapa bagian Inggris di luar London dan pada tahun 1920-an dimainkan di banyak negara. Dipimpin oleh perwakilan dari Jerman, Hongaria, dan Inggris, the Fédération Internationale de Tennis de Table (International Table Tennis Federation atau ITTF ) didirikan pada tahun 1926.

Dengan anggota pendiri adalah Inggris, Swedia , Hongaria, India, Denmark, Jerman, Cekoslowakia, Austria , dan Wales. Pada pertengahan 1990-an lebih dari 165 asosiasi nasional menjadi anggota.

Kejuaraan dunia pertama diadakan di London pada tahun 1926, dan sejak saat itu hingga 1939 permainan tersebut didominasi oleh pemain dari Eropa tengah. Untuk kategori beregu putra dimenangkan sembilan kali oleh Hongaria dan dua kali oleh Cekoslowakia. 

Pada pertengahan 1950-an Asia muncul sebagai tempat berkembang biak para juara, dan sejak saat itu event beregu putra dimenangkan oleh Jepang atau China. Seperti halnya event wanita, meskipun pada tingkat yang lebih rendah, Korea Utara juga menjadi kekuatan internasional. Pada tahun 1980 Piala Dunia pertama diadakan, dan Guo Yue Hua dari China memenangkan hadiah pertama $ 12.500. Permainan tenis meja menjadi sebuah olahraga yang ditampilkan dalam olimpiade tahun 1988, dengan pertandingan tunggal dan ganda putra dan putri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0