Mengenal olahraga renang dan sejarahnya.
Photo by mali maeder on Pexels.com
in

Mengenal Olahraga Renang dan Sejarahnya

Belajar Sejarah, Macam-macam Gaya, dan Manfaat Renang

Katalogue.id- Mengenal olahraga renang dan sejarahnya. Renang adalah gerakan tubuh melalui air dengan gabungan gerakan lengan dan kaki dan pengapungan alami tubuh. Olahraga renang populer sebagai pembangun tubuh yang menyeluruh dan sangat berguna dalam terapi dan olahraga bagi penyandang cacat. 

Olahraga renang biasanya dipertandingkan baik secara individu atau sebagai bagian dari tim, dan terdiri dari sejumlah pukulan yang berbeda. Berenang bisa dilakukan di kolam atau perairan terbuka.

Sejarah Olahraga Renang

Dikutip oleh britannica.com bukti arkeologi dan bukti lainnya menunjukkan olahraga renang telah dipraktikkan sejak 2500 SM di Mesir. Dan kemudian disusul di peradaban Asiria, Yunani, dan Romawi. Di Yunani dan Roma Renang merupakan bagian dari pelatihan bela diri dan, dengan alfabet, juga bagian dari pendidikan dasar untuk pria. 

Pada abad ke-17, dekrit kekaisaran telah mewajibkan pengajaran olahraga renang di sekolah-sekolah. Olahraga renang terorganisir diadakan pada abad ke-19. Di antara bangsa maritim Pasifik yang belum melek huruf, renang tampaknya dipelajari oleh anak-anak ketika mereka mulai belajar berjalan, atau bahkan sebelumnya.

Mengenal olahraga renang dan sejarahnya.
Mengenal olahraga renang dan sejarahnya. Photo by Guduru Ajay bhargav on Pexels.com

Di antara orang Yunani kuno ada catatan ras sesekali, dan petinju terkenal berenang sebagai bagian dari pelatihannya. Orang Romawi membangun kolam renang yang berbeda dari tempat pemandian mereka. Pada abad ke-1 SM Romawi Gaius Maecenas dikatakan telah membangun kolam renang air panas pertama.

Di dataran Eropa selama Abad Pertengahan dijelaskan oleh beberapa pihak berwenang sebagai penyebab dari ketakutan bahwa berenang menyebarkan infeksi dan menyebabkan epidemi . Ada beberapa bukti berenang di resor pantai Inggris Raya pada akhir abad ke-17, ternyata berhubungan dengan terapi air. 

Akan tetapi, baru pada abad ke-19, popularitas olahraga renang dikondisikan sebagai rekreasi. Organisasi renang pertama kali dibentuk di sana pada tahun 1837, diketahui bahwa London memiliki enam kolam renang dalam ruangan dengan papan loncat. Kejuaraan renang pertama adalah perlombaan 440 yard (400 meter), yang diadakan di Australia pada tahun 1846 dan setiap tahun setelahnya. 

Klub Renang Metropolitan London, didirikan pada tahun 1869, akhirnya menjadi Asosiasi Renang Amatir, badan pengatur renang amatir Inggris. Federasi renang nasional dibentuk di beberapa negara Eropa dari tahun 1882 hingga 1889. Di Renang Amerika Serikat pertama kali diselenggarakan secara nasional sebagai olahraga oleh Amatir Athletic Union (AAU) pada pendiriannya pada tahun 1888. The Fédération Internationale de Natation Amateur (FINA) didirikan pada tahun 1909.

Macam-macam Gaya Olahraga Renang

Mengenal olahraga renang dan sejarahnya. Saat Anda berenang, otak akan memproduksi hormon endorfin sehingga pikiran lebih santai dan perasaan senang muncul. Selain itu, masih banyak segudang manfaat yang bisa didapatkan dari olah raga renang. Berikut macam-macam gaya olahraga renang yang Anda ketahui.

Olahraga Renang Gaya Dada

Renang gaya dada sering juga disebut dengan gaya katak. Penyebabnya, gerakan tangan dan kaki menyerupai katak saat berenang. Perbedaan gerakan manusia dengan katak saat melakukan gerakan renang gaya dada adalah saat melakukan posisi meluncur.

Pada gaya dada, saat meluncur, kedua tangan dan kaki manusia harus dalam posisi lurus. Gerakan ini berguna mengurangi hambatan dan tekanan ketika tubuh sedang melaju di dalam air.

Olahraga Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu merupakan gaya renang terbaru yang diadopsi dari renang gaya dada. Dalam hal kecepatan, gaya kupu-kupu bisa menghasilkan kecepatan yang lebih baik dibanding gaya dada, tetapi membutuhkan tenaga yang lebih ekstra.

Sikap kaki saat melakukan renang gaya kupu-kupu adalah dengan melakukan lecutan seperti ekor lumba-lumba, oleh karenanya gaya ini juga sering disebut sebagai gaya lumba-lumba. Gerakan kaki dalam gaya kupu-kupu dilakukan dengan memanfaatkan gerak sendi pergelangan kaki dan punggung kaki.

Olahraga Renang Gaya Punggung

Berenang gaya punggung dilakukan dalam posisi tubuh telentang. Ini membuat kita lebih mudah melakukan pernafasan, sebab wajah dan hidung tidak berada di dalam air. Namun, karena wajah menghadap ke atas, sulit bagi perenang untuk melihat ke depan saat melakukan gaya punggung.

Gerakan tungkai kaki dalam renang gaya punggung dilakukan dengan silih berganti menendang ke arah bawah antara kaki kanan dan kaki kiri. Dalam hal ini, posisi kaki lurus, lutut tidak ditekuk dan tidak ditarik ke arah samping. Kaki hanya lurus dan bergerak dari atas ke bawah secara bergantian.

Olahraga Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas sering juga disebut sebagai renang gaya crawl. Gerakan yang harus dilakukan hampir sama dengan gaya punggung. Hanya saja, gaya bebas dilakukan dengan posisi badan tengkurap. Gerakan kaki dilakukan dengan mendorong tungkai ke arah bawah secara bergantian.

Perlu diperhatikan, saat tungkai kaki menendang ke bawah, lutut tidak ditekuk, sehingga paha dan betis tetap dalam posisi lurus saat kedua kaki bergantian menendang ke arah bawah. Sementara itu, gerakan tangan dilakukan seperti saat mengayuh perahu, bergantian antara tangan kiri dan kanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0