Mengenal teknik dasar dan manfaat lari jarak pendek.
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com
in

Mengenal Teknik Dasar dan Manfaat Lari Jarak Pendek

Ketahui Beberapa Tehnik Dasar Lari Jarak Pendek dan Manfaatnya

Katalogue.id- Mengenal teknik dasar dan manfaat lari jarak pendek. Lari jarak pendek merupakan salah satu unsur dari pendidikan jasmani dan kesehatan yang perlu dipelajari. Sederhananya seorang atlet pelari memanfaatkan kakinya dengan kecepatan paling tinggi guna mencapai target waktu secara singkat.

Perlu Anda ketahui bahwa olahraga lari merupakan gerakan tubuh dimana pada suatu saat ada fase layang, semua kaki tidak menginjak tanah. Berbeda dengan jalan, yang salah satu kaki harus tetap ada sebagai penopang dan kontak dengan tanah, sedangkan lari merupakan gerakan tubuh dimana kedua kaki ada saat bisa melayang di udara atau tidak kontak dengan tanah.

Sedangkan definisi untuk lari jarak pendek atau sprint adalah salah satu jenis lari yang dilakukan dengan kekuatan dan kecepatan penuh. Sepanjang garis lintasan dari start hingga finish dimana pemenangnya ditentukan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat. Terdapat tiga jarak lintasan yang dilombakan pada lari jarak pendek, yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Tehnik Dasar Olahraga Lari Jarak Pendek

Mengenal teknik dasar dan manfaat lari jarak pendek.
Mengenal teknik dasar dan manfaat lari jarak pendek. Photo by RUN 4 FFWPU on Pexels.com

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari olahraga lari pendek. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memahami teknik-teknik dasar dalam melakukannya. Teknik dasar saat lari pendek yang perlu Anda ketahui terdiri dari 5 (lima) teknik dasar di antaranya:

  1. Posisi kepala dan leher harus rileks, serta pandangan mata harus fokus ke depan.
  2. Ketika sedang berlari, tekuklah siku tanganmu hingga membentuk sudut 90 derajat.
  3. Saat lengan bergerak, jaga posisi bahu tetap stabil dan rileks.
  4. Saat berlari, angkat lutut bagian depan dan luruskan kaki bagian belakang.
  5. Usahakan langkah kaki tetap pendek, namun tetap dalam kecepatan maksimum.

Tehnik Start Olahraga Lari Jarak Pendek

Teknik start yang baik dalam olahraga lari pendek memang memiliki peranan yang penting saat berlari hingga menyentuh garis finish. Umumnya, teknik start saat lari pendek menggunakan block start dari posisi start jongkok. Setidaknya, ada 3 (tiga) teknik start yang perlu kamu pahami antara lain:

  • Start Pendek (Short Start)

Pelari akan memulai start dari posisi jongkok, di mana jarak kaki dengan block start sekitar 0,40 meter dari garis start. Posisi start dengan teknik ini, lutut kaki belakang berada di ujung kaki satunya, atau kedua kaki saling berdekatan satu sama lain.

  • Start Menengah (Medium Start)

Jarak antara kaki dengan block start untuk teknik start satu ini sedikit lebih jauh dibanding teknik start pendek yakni berkisar 0,53 meter dari garis start. Setiap pelari harus memposisikan kakinya saat start, lutut kaki belakang berada di samping tekukan telapak kaki bagian depan.

  • Start Panjang (Long Start)

Teknik start yang terakhir adalah start panjang (long term) yang diperuntukkan bagi para pelari yang memiliki bentuk kaki yang panjang. Untuk jarak antara kaki dengan block start sama dengan teknik start menengah yakni 0,53 meter dari garis start. Dengan posisi start, kedua telapak kaki saling berjauhan dengan lutut kaki belakang berada di samping tumit kaki depan. 

Mengetahui teknik-teknik dasar dari lari pendek bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan saja. Melainkan, penerapan teknik-teknik dasar dari lari jarak pendek di atas dapat membantumu terhindar dari risiko cedera dan jatuh saat berlari.

Sarana dan Peralatan Olahraga Lari Jarak Pendek

Lintasan

Mengenal teknik dasar dan manfaat lari jarak pendek.
Lintasan Olahraga Lari Jarak Pendek. Foto Oleh: brainly.co.id

Perlombaan lari jarak pendek dilakukan di lapangan yang dibuat lintasan atau ban. Lintasan atau ban perlombaan berjumlah delapan buah. Lebar setiap lintasan yaitu 1,22 meter.

Peralatan

Alat yang digunakan dalam perlombaan lari jarak pendek.

  • Sepatu spikes
  • Start block
  • Tiang finish
  • Stopwatch
  • Bendera start atau pistol aba-aba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0