Sejarah permainan dan cara bermain bola voli
Photo by Wendy Wei on Pexels.com
in

Sejarah Permainan dan Cara Bermain Bola Voli

Bermain bola voli dengan baik dan benar

Katalogue.id- Sejarah permainan dan cara bermain bola voli yang perlu Anda ketahui. Permainan yang dimainkan oleh dua tim, biasanya terdiri dari enam pemain di satu sisi. Dimana para pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas net yang tinggi. Mencoba membuat bola menyentuh lapangan di dalam area bermain lawan sebelumnya. itu bisa dikembalikan. 

Untuk mencegah hal ini, seorang pemain di tim lawan mengayunkan bola ke atas dan ke arah rekan satu tim sebelum menyentuh permukaan lapangan. Rekan setim tersebut kemudian dapat melakukan tendangan voli kembali melintasi net atau memukulnya ke rekan setim ketiga yang melakukan tendangan voli melintasi net. Sebuah tim hanya diperbolehkan tiga sentuhan bola sebelum harus dikembalikan melewati net.

Sejarah Permainan Bola Voli

Ditulis dari laman britannica.com bahwa bola voli ditemukan pada tahun 1895 oleh William G. Morgan. Direktur fisik Young Men’s Christian Association (YMCA) di Holyoke , Massachusetts. Permainan bola voli dirancang sebagai olahraga dalam ruangan. Morgan menyebut olahraga itu “mintonette”. Sampai seorang profesor dari Springfield College di Massachusetts mencatat sifat permainan voli dan mengusulkan nama “bola voli”. 

Aturan asli ditulis oleh Morgan dan dicetak dalam edisi pertama Buku Pegangan Resmi Liga Atletik Asosiasi Kristen Pria Muda Amerika Utara (1897). Permainan segera terbukti memiliki daya tarik yang luas untuk kedua jenis kelamin di sekolah, taman bermain, angkatan bersenjata, dan organisasi lain di Amerika Serikat , dan kemudian diperkenalkan ke negara lain.

Pada tahun 1916 aturan dikeluarkan bersama oleh YMCA dan National Collegiate Athletic Association (NCAA). Turnamen nasional pertama di Amerika Serikat dilakukan oleh Komite Pendidikan Jasmani YMCA Nasional di New York City pada tahun 1922. United States Volleyball Association (USVBA) dibentuk pada tahun 1928 dan diakui sebagai badan pembuat peraturan, yang mengatur di Amerika Serikat . 

Sejak 1928 USVBA sekarang dikenal sebagai USA Volleyball (USAV) telah menyelenggarakan kejuaraan bola voli pria dan pria senior nasional (usia 35 tahun ke atas), kecuali selama tahun 1944 dan 1945. Divisi wanita dimulai pada tahun 1949, dan divisi wanita senior (usia 30 tahun ke atas) ditambahkan pada tahun 1977. Acara nasional lainnya di Amerika Serikat diselenggarakan oleh kelompok anggota USAV seperti YMCA dan NCAA.

Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli

Ukuran Lapangan

Permukaan lapangan voli dalam ruangan harus terbuat dari lantai kayu yang tahan banting atau tidak rusak saat disiram larutan uretan sintetis. Luas lapangan bola voli yang sudah ditetapkan oleh standar internasional FIVB (Federation International Volleyball) yaitu 162 meter persegi dengan spesifikasi sebagai berikut.

Sejarah permainan dan cara bermain bola voli
Ukuran Lapangan Permainan Bola Voli. Foto Oleh: pecintaolahraga.com
  • Panjang lapangan: 18 meter
  • Lebar lapangan: 9 meter
  • Clearance area atau zona bebas: 3-8 meter
  • Lebar garis dalam: 5 meter
  • Attack lines atau area sevis: 3 meter (sejajar dengan net)

Ukuran Net

  • Lebar: 9 meter
  • Tinggi net bola voli putri: 2,24 meter
  • Tinggi net bola voli putra 2,43 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis samping lapangan sekitar 0.5 – 1 meter
  • Panjang net: 9 meter
  • Tinggi tiang net: 2,55 meter
  • Ukuran pita tepian samping net: 5 sentimeter dan panjang 1 meter
  • Ukuran pita tepian atas net: 5 sentimeter
  • Ukuran mata jala net bola voli harus berbentuk persegi dengan ukuran 10 sentimeter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0