perbedaan DOHC, SOHC dan OHV - katalogue
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Mengenal Perbedaan DOHC, SOHC, dan OHV? Simak Penjelasannya

Produsen mobil sering membuang istilah yang terlihat seperti sup alfabet bagi sebagian orang, termasuk deskriptor mesin seperti DOHC, SOHC, dan OHV. Akronim mesin ini bisa membingungkan. 

Lalu apa perbedaan DOHC, SOHC dan OHV beserta cara kerja masing-masing jenis head enginenya?

OHV atau Overhead Valve

Artinya, katup yang membuka dan menutup untuk mengalirkan campuran udara-bahan bakar keluar masuk silinder berada di atas camshaft yang ada di blok mesin. Camshaft mengaktifkan pushrod yang bergerak ke atas dan ke bawah untuk mengoperasikan lengan ayun yang membuka dan menutup katup di kepala silinder.

definisi arti Mesin OHV atau Overhead Valve - katalogue.id
Photo by mali maeder on Pexels.com

Mesin OHV, juga disebut mesin pushrod, dapat menghasilkan banyak torsi pada kecepatan mesin rendah tetapi tidak dapat bekerja pada kecepatan mesin tinggi yang sama seperti mesin poros bubungan atas.

Mereka banyak digunakan oleh pabrikan dalam negeri selama bertahun-tahun. Saat ini, mesin OHV seperti GM 5.3- dan 6.2-liter V-8s, dan Stellantis 5.7- dan 6.2-liter V-8s, digunakan terutama di truk pickup besar dan SUV, meskipun Chevrolet Corvette dan model kinerja seperti Dodge. Challenger SRT juga menggunakannya.

SOHC atau Single Overhead Camshaft

Dalam mesin OHC, poros bubungan berada di kepala silinder, di atas katup, dan poros bubungan bekerja langsung pada katup atau lengan ayun yang membuka dan menutup katup. Pada mesin OHC tunggal, satu poros bubungan membuka dan menutup katup masuk dan keluar.

definisi arti Mesin SOHC atau Single Overhead Camshaft - katalogue.id
Photo by Chevanon Photography on Pexels.com

Mesin SOHC umumnya dapat berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi daripada mesin OHV, sehingga mesin SOHC yang lebih kecil dapat menghasilkan tenaga kuda sebanyak atau lebih banyak daripada mesin OHV yang lebih besar dan seringkali lebih hemat bahan bakar. Salah satu kelemahannya adalah mesin SOHC umumnya tidak menghasilkan torsi sebanyak mesin OHV pada kecepatan rendah.

DOHC atau Dual Overhead Camshaft

Mesin DOHC adalah tipe yang dominan saat ini karena paling efisien dan dapat menghasilkan tenaga kuda paling besar untuk ukurannya. Dengan camshaft ganda, satu mengoperasikan katup masuk dan yang lainnya katup buang. Pada mesin tipe-V, atau mesin berlawanan horizontal, setiap bank silinder akan memiliki dua poros bubungan, jadi ada empat total.

definisi arti Mesin DOHC atau Dual Overhead Camshaft - katalogue.id
Photo by Erik Mclean on Pexels.com

Desain DOHC juga memungkinkan penggunaan empat katup per silinder, bukan dua, yang meningkatkan aliran udara dan meningkatkan daya dan efisiensi. Kelemahan dari mesin DOHC adalah mereka memiliki lebih banyak suku cadang dan lebih mahal untuk diproduksi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0