Ketahui rincian biaya balik nama mobil dan motor tahun 2021.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Rincian Biaya Balik Nama Mobil dan Motor Tahun 2021

Syarat dan Rician Biaya Balik Nama Mobil tahun 2021

Katalogue.id – Ketahui rincian biaya balik nama mobil dan motor tahun 2021. Biaya balik nama kendaraan bervariasi, tergantung harga mobil bekas yang dibeli. Syarat dan prosedurnya sendiri tidak begitu sulit.

Balik nama surat kendaraan adalah proses yang sebaiknya tidak Anda lewatkan setelah membeli mobil atau pun sepeda motor bekas. Apabila unit tersebut Anda beli di luar kota, Anda juga disarankan melakukan pula mutasi surat – surat kendaraan.

Apabila kendaraan masih atas nama pemilik lama maka saat akan melakukan pajak akan lebih ribet, mengingat salah satu syarat pajak adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik kendaraan.

Untuk proses balik nama kendaraan, pemilik kendaraan baru harus menyiapkan sejumlah biaya yang dibutuhkan. Biaya tersebut di antaranya untuk pembayaran bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB), dan untuk biaya yang lainnya.

Bagaimana Cara Balik Nama BPKB Mobil?

Proses balik nama mungkin terasa menjemukan bagi sebagian orang. Alasannya macam-macam, ada yang malas hingga belum tahu bagaimana caranya. Padahal, Anda bisa mengurus sendiri balik nama mobil kesayanganmu sendiri.

Mengutip dari laman blog.ibid.astra.co.id inilah cara balik nama BPKB mobil, yuk simak!

Menyiapkan Dokumen

Cara balik nama BPKB yang pertama adalah Anda harus lakukan yaitu menyediakan dokumen-dokumen pendukung sebelum pergi ke Samsat yaitu BPKP, KTP, dan Surat Pembelian. Anda harus menyiapkan fotokopi masing-masing. Untuk fotokopi Surat Pembelian harus disertai materai Rp 10.000.

Mendatangi Kantor Samsat

Selanjutnya Anda menyiapkan dokumen-dokumen di atas, Anda bisa segera pergi ke Samsat mengikuti domisili alamat yang tertera pada BPKP mobil. Jadi, Anda tidak bisa asal datang ke Samsat dekat rumahmu.

Setiba di Samsat, Anda bisa menuju bagian loket mutasi kemudian serahkan dokumen yang sudah Anda persiapkan.

Melakukan Pengecekan Kondisi Fisik Mobil

Petugas Samsat akan melakukan pengecekan kondisi fisik mobil yang akan Anda balik nama. Bagian yang akan dicek yaitu nomor rangka dan mesin. Setelah proses selesai, Anda akan menerima lampiran mengenai hasil inspeksi petugas. Selanjutnya, Anda dapat menyerahkan laporan hasil inspeksi petugas ke loket.

Mengisi Formulir Balik Nama

Setelah menyerahkan hasil inspeksi mobil ke loket, Anda akan mendapatkan formulir balik nama yang harus diisi. Sebagai catatan, jenis formulir tersebut meliputi formulir mutasi dan balik nama mobil.

Setelah diisi, Anda dapat menyerahkan formulir tersebut ke petugas loket untuk dilegalisir bersama dokumen Anda. Kemudian, Anda akan mendapatkan tanda terima sebagai bukti bahwa Anda telah mengajukan balik nama mobil.

Mengambil Berkas

Cara balik nama BPKB yang terakhir adalah mengambil berkas. Akan tetapi, Anda tidak bisa langsung mengambilnya di hari yang sama. Proses balik nama membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu dari hari pengajuan.

Proses pengambilan ini dilakukan di kantor Samsat tempat Anda mengajukan balik nama mobil. Usahakan datang sendiri, agar tidak ada biaya tambahan jasa lainnya. Itulah lama keluar BPKB setelah proses balik nama.

Berapa Biaya Balik Nama Mobil?

Balik nama kendaraan patut menjadi aktivitas pertama Anda setelah memboyong mobil bekas idaman. Pasalnya, berbagai masalah terkait hukum menanti kalau Anda lalai dalam melakukannya.

Bukan cuma itu saja, biaya yang nantinya harus Anda keluarkan dari kantong pun menjadi lebih besar. Inilah biaya balik nama mobil, diantaranya adalah:

Biaya Pendaftaran

Setiap samsat sebetulnya punya kebijakan biaya pendaftaran yang berbeda. Namun, biasanya kisaran biaya pendaftaran yang harus Anda sediakan sekitar Rp75.000 – Rp100.000.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB)

BBN-KB di setiap daerah berbeda-beda. Biaya ini dihitung dari berapa persen harga beli kendaraan. Untuk mencari tahu, Anda dapat menanyakan langsung ke Samsat terdekat atau kerabat. Contohnya di Jakarta BBN-KB sebesar 1% dari harga mobil.

Biaya Administrasi Untuk STNK

Biaya administrasi untuk STNK mobil sebesar Rp50.000.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Anda dapat melihat besaran PKB pada lembar STNK. Jika Anda memiliki lebih dari satu mobil, maka Anda bisa dikenakan pajak progresif selanjutnya. Tapi tidak semua daerah memberlakukan pajak progresif ke masyarakat. Sehingga Anda harus melakukan survei sesuai dengan domisilimu.

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas

Biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas jadi salah satu bentuk kebijakan pemerintah yang harus dibayarkan jika Anda balik nama mobil. Kisaran biayanya yaitu Rp143.000.

Biaya Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, dan Surat Mutasi

Biaya mutasi mobil yang harus dibayarkan sebesar Rp.925.000. Rincian biaya ini terdiri dari penerbitan STNK sebesar Rp.200.000, TNKB Rp.100.000, BPKB Rp.375.000, serta biaya untuk surat mutasi Rp.250.000.

Itulah besaran biaya yang kurang lebih harus Anda siapkan sebelum balik nama mobil. Salah satu hal yang membuat proses balik nama membosankan yaitu karena harus sabar menunggu bila antre.

Tapi, sebaiknya Anda mengurus proses ini sendiri agar biaya yang Anda keluarkan jauh lebih terjangkau. Sebisa mungkin datanglah sepagi mungkin agar Anda bisa antre lebih awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0