Pastikan Baca Doa Saat Masuk dan Keluar Masjid
Photo by Ali Arapoğlu on Pexels.com
in

Pastikan Baca Doa Saat Masuk Masjid

Berdoalah Saat Akan Masuk dan Keluar Masjid

Katalogue.id- Pastikan baca doa saat masuk dan keluar masjid. Seorang muslim mencari kedamaian saat mereka menyembah Allah SWT di dalam masjid. Selama kunjungan Anda, pastikan Anda tidak membuat kebisingan, berbicara dengan keras, tertawa keras atau berbicara di telepon. Jaga ketenangan tempat tetap utuh dan tunjukkan rasa hormat.

Masjed atau game’e adalah kata untuk masjid dalam bahasa Arab , tempat umat Islam berdoa dan menyembah Tuhan. Masjid sangat sakral bagi umat Islam, dan mereka berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan menghormati di dalam dan di sekitar mereka setiap saat. 

Dalam Quran surat Al Jinn ayat 18, Allah SWT berfirman mengenai keistimewaan masjid

Bacaan Arab:

وَّاَنَّ الْمَسٰجِدَ لِلّٰهِ فَلَا تَدْعُوْا مَعَ اللّٰهِ اَحَدًاۖ

Bacaan Latin:

wa annal-masājida lillāhi fa lā tad’ụ ma’allāhi aḥadā

Artinya:

Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah untuk Allah. Maka janganlah kamu menyembah apa pun di dalamnya selain Allah.

Penjelasan Bacaan Doa Sebelum Masuk Masjid

Dikutip oleh wisatanabawi.com sangat dianjurkan untuk berwudhulah terlebih dahulu sebelum memasuki masjid, agar dalam keadaan suci karena masjid adalah tempat ibadah. Untuk itu setiap muslim wajib tahu dan paham bagaimana bacaan doa masuk masjid yang baik dan benar.

Dalam bacaan Arab

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Dalam bacaan Arab

A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Arti Doa Masuk Masjid

“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

Adab Masuk Masjid

Masjid dapat ditemukan dimana-mana di negara Islam, dari Timur Tengah hingga Asia Tenggara. Dari segi arsitektur dan sejarahnya, masjid menjadi tempat wisata yang sangat menarik. Inilah yang perlu Anda ketahui jika mengunjungi masjid:

Pastikan Baca Doa Saat Masuk dan Keluar Masjid
Pastikan Baca Doa Saat Masuk dan Keluar Masjid. Photo by Ahmet Polat on Pexels.com

Lepaskan sepatu Anda sebelum Anda masuk

Muslim melepas sepatu mereka setiap kali mereka memasuki masjid. Mereka berharap pengunjung mengikuti jejak mereka dan menunjukkan rasa hormat yang sama saat memasuki masjid.

Wanita: Harap tutupi rambut Anda

Wanita Muslim menutupi saat sholat. Pakaian tradisional mereka menutupi rambut mereka dan lebar, tidak transparan, dan berlengan panjang. Wanita non-Muslim juga dihormati untuk mengenakan jilbab, kerudung yang menutupi kepala mereka, ketika mengunjungi masjid.

Kenakan pakaian yang pantas

Karena masjid itu sakral, tidak pantas bagi pria atau wanita untuk mengenakan pakaian pendek yang memperlihatkan banyak kulit. Celana panjang dan kemeja atau kaos cocok untuk pria, dan maxi dress lengan panjang, rok dan blus atau celana panjang dan kemeja lengan panjang dengan kerudung cocok untuk wanita .

Matikan ponsel Anda

Saat Muslim pergi ke masjid untuk menyembah Tuhan, tidak boleh ada yang mengganggu praktik mereka. Sangat mengganggu mendengar telepon berdering, atau seseorang berbicara di telepon. Jadi, umat Islam dan pengunjung harus mematikan ponsel mereka atau menyetelnya ke mode senyap sebelum memasuki masjid.

Jangan tinggalkan sampah apapun di dalam masjid

Sebelum Anda meninggalkan masjid, pastikan Anda tidak meninggalkan barang pribadi apa pun. Lebih penting lagi, pastikan Anda meninggalkannya sebersih sebelumnya, dan tidak ada sampah yang tertinggal.

Jangan biarkan anak-anak bermain-main di dalam masjid

Anak-anak diterima di dalam masjid. Mereka dapat bergabung dengan orang tua mereka saat berdoa, atau sekadar tur. Meskipun demikian, orang tua harus memastikan untuk memberi tahu anak-anak mereka tentang sopan santun di dalam masjid. Mereka tidak boleh membuat suara keras, berlarian atau berteriak, karena itu mengganggu umat Islam dan mengganggu ibadah mereka. Mereka juga perlu memastikan bahwa mereka membiarkannya bersih dan rapi.

Jangan makan atau minum di dalam masjid

Muslim tidak makan atau minum di dalam masjid. Itu tidak dilarang, tetapi mereka takut mempengaruhi kebersihan dan kerapihannya. Namun, pada beberapa kesempatan mereka berkumpul di masjid, membawa manisan untuk dibagikan dan dirayakan. Acara ini termasuk Ramadhan, Idul Fitri dan acara sosial seperti pernikahan. Semua orang bekerja sama setelahnya untuk membersihkan.

Pelankan Suara

Pastikan Baca Doa Saat Masuk dan Keluar Masjid
Pelankan Suara. Photo by Muhammad Amaan on Pexels.com

Muslim mencari kedamaian saat mereka menyembah Tuhan di dalam masjid. Selama kunjungan Anda, pastikan Anda tidak membuat kebisingan, berbicara dengan keras, tertawa keras atau berbicara di telepon. Jaga ketenangan tempat tetap utuh dan tunjukkan rasa hormat.

“Seringlah Mengunjungi Masjid karena Masjid Merupakan Rumah Tuhan di bumi.”

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0