Kini, google meet gratis hanya 60 menit
in

Pengumuman! Google Meet Gratis Kini Dibatasi Hanya 60 Menit

Di tengah mewabahnya virus corona COVID-19, sejumlah perkantoran telah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Segala aktivitas tatap muka untuk sementara waktu diganti dengan menggunakan media berbasis online.

Google Meet (Hangouts Meet/Meet) adalah salah satu aplikasi atau software yang dapat dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam bekerja meski dilakukan dari rumah.

Dilansir dari Software Advice, perangkat lunak ini merupakan sebuah aplikasi konferensi percakapan video secara online. Ini adalah versi lain dari Google Hangouts yang dikhususkan untuk bisnis dari semua ukuran.

Pengguna layanan video call atau konferensi video Google Meet yang selama ini menikmatinya secara gratis harus bersiap menerima perubahan terbaru yang membuat durasi penggunaan semakin singkat.

Google Meet versi gratis per tanggal 1 Oktober 2020 akan membatasi durasi penggunaan menjadi hanya 60 menit saja. Sebelumnya pengguna bisa menggunakannya dalam waktu tidak terbatas.

Perubahan ini tidak mengejutkan karena pada awa April lalu Google memang menyatakan bahwa semua fitur berbayar di dalam Google Meet bisa digunakan gratis hingga akhir bulan September.

“Kami tidak memiliki apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promo dan fitur lanjutan yang akan berakhir,” kata juru bicara Google pada The Verge melalui email pada Jumat (25/9) lalu.

Dilansir dari The Verge, Senin (28/9), yang juga akan dihentikan pada 30 September adalah akses ke fitur-fitur canggih bagi pelanggan G Suite dan G Suite for Education. Termasuk mengizinkan rapat hingga 250 peserta, streaming langsung hingga 100 ribu orang dalam satu domain dan kemampuan untuk menyimpan rakaman rapat ke Google Drive.

Fitur tersebut biasanya hanya tersedia untuk pelanggan di tingkat “enterprise” G Suite, dengan biaya 25 dolar Amerika Serikat (AS) per pengguna per bulan.

Google Meet dan platform konferensi video lainnya telah mengejar peningkatan Zoom selama pandemi virus corona baru. Meet melewati 100 juta peserta setiap hari pada April.

Kemungkinan besar perubahan ini akan membuat pengguna yang selama pandemi mengandalkan Google Meet versi gratis akan beralih ke layanan lain yang tetap gratis tapi bisa memberikan durasi video call atau konferensi video lebih dari 60 menit.

Fitur lain di Google Meet yang bakal tidak bisa diakses lagi per 1 Oktober nanti adalah fitur premium seperti kemampuan menggelar konferensi video hingga 250 peserta sekaligus.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0