Pentingnya Baca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan
Foto Oleh : muslimobsession.com
in

Pentingnya Baca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan

Belajar Doa Sebelum dan Sesudah Adzan

Katalogue.id- Pentingnya baca doa sebelum dan sesudah Adzan yang perlu Anda ketahui. Disaat muadzin mengumandangkan Adzan dengan tujuan memberitahukan kepada umat Islam agar segera melaksanakan sholat wajib. Adzan telah dikumandangankan oleh muadzin dalam sehari sejumlah 5 kali yaitu pada waktu sholat wajib, Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa keutamaan membaca doa setelah mendengarkan suara Adzan. Seperti mendapatkan keberkahan dan mendapatkan kebaikan disaat umat Islam membaca doa setelah mendengarkan Adzan. Di lain hal tersebut, permohonan yang diinginkan akan dikabulkan, menghapuskan dosa, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Ketika Mendengar Adzan Arab

أَشْهَدُ أَنْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ ، وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا ، وَبِالإِسْلامِ دِينًا ، وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا

Bacaan Doa Ketika Mendengar Latin

“Asyhadu alla ilaha illallohu wahdahu la syarika lahu rodhitu billahi robban wa bil islami dinan wa bi muhammadin nabiyya”

Artinya:

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Dia Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya. Aku ridho Allah sebagai Tuhan ku, dan Islam sebagai agama ku dan Nabi Muhammad sebagai Nabi ku

Doa Sebelum dan Sesudah Adzan

Pentingnya baca doa sebelum dan sesudah Adzan yang perlu Anda ketahui. Adzan adalah isyarat bagi umat Islam sebagai panggilan masuknya waktu sholat dan juga panggilan untuk melaksanakan sholat berjama’ah bagi seluruh umat Islam yang mendengarkannya.

Pentingnya Baca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan
Pentingnya Baca Doa Sebelum dan Sesudah Adzan. Foto Oleh: lucuketawangakak.blogspot.com

Pada saat muadzin melafalkan adzan, bagi yang mendengarkan disunnahkan untuk menjawab adzan. Oleh karena itu, Allah SWT telah menjanjikan banyak sekali pahala yang terkait dengan Adzan, baik bagi yang melafalkannya ataupun yang mendengarkannya. Adapun doa yang Anda harus baca sebagai berikut:

Bacaan Arab Doa Sebelum Adzan


سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّ اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Bacaan Latin Doa Sebelum Adzan

Subhaanallah walhamdulillah wala ilahaillah wallahuakbar, wala haulawala kuuwata illabillahiladhim, allahummasholli wasallim ‘ala sayyidina muhammadillahu ya kariim

Arti Doa Sebelum Adzan

“Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah, ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah.”

Bacaan Arab Doa Sesudah Adzan

اللهم رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ اَلتَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدنَـَامُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ المَحْمُودَ الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَاد

Bacaan Latin Doa Sesudah Adzan

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz

Arti Doa Sesudah Adzan

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

Jabir bin Abdullah meriwayatkan bahwa keutamaan doa setelah adzan sebagai berikut, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Hadist Ketika Mendengar Adzan

Berikut ini adalah hadist yang menerangkan tentang bacaan ketika mendengar adzan, yang di riwayatkan oleh ( HR. Imam Muslim dari Abdullah bin Umar ) dia mendengar Nabi Saw. bersabda;

إِذَا سَمِعْتُمْ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا الله لِي الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِي إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ الله وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِي الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya ; Jika kalian mendengar muazin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untuk ku, karena barang siapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.

Amalan Setelah Adzan

Diktuip oleh waheedbaly.com bahwa Adzan telah selesai dikumandangkan oleh muadzin dan ada jeda untuk menunggu waktu iqomah, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan:

Duduk dengan Diam dan Tenang

Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut, “Dan ia tetap dalam sholat selama ia menunggu shalat.” (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)

Lakukanlah duduk dengan diam dan tenang ketika menunggu akan dilaksanakannya sholat, hal tersebut lebih baik dari berbicara atau ngobrol. Karena duduk berdiam sambil berdzikir akan mendapat ganjaran pahala.

Berdoa

Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidak akan ditolak doa antara azan dan iqomah.” (Hadist Riwayat Abu Dawaud, At-Tirmidzi)

Pada jeda antara waktu adzan dan waktu iqomah adalah peluang untuk Anda melakukan doa. Karena di waktu tersebut merupakan waktu yang makbul untuk memanjatkan doa.

Laksanakanlah Sholat Sunnah

Diantara jeda waktu Adzan dan waktu iqomah, Lakukanlah amalan sholat sunnah karena baik juga dikerjakan. Seperti contoh, Anda bisa melaksanakan sholat sunnah wudhu, sholat tahiyatul masjid dan sholat sunnah rawatib.

Namun pelu Anda perhatikan, ketika Anda sholat berjamaah di masjid sekiranya menengok waktu untuk mengerjakan sholat sunnah tersebut. Jika masih ada waktu yang cukup maka kerjakanlah, Akan tetapi apabila waktu sudah mepet cukup Anda melakukan duduk diam dan berdzikir.

Jadilah makmum yang bijak, jika ingin mengerjakan aman dengan sholat sunnah maka Anda bisa datang lebih awal.

Bacalah Al-Quran

Disela waktu antara adzan dan iqomah memepunyai waktu sekitar 10-15 menit ini bisa kita pergunakan untuk membaca Al-Quran.

Bacalah Doa Sebelum dan Sesudah Adzan Berkumandang serta Kerjakanlah Amalan-Amalan yang ada

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0