10 jenis ikan hias air tawar cocok buat aquascape pemula
Photo by crisdip on Pexels.com
in

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Cocok Buat Aquascape Pemula

Mengenal Jenis Ikan yang Cocok untuk Aquascape

Katalogue.id – Ini 10 jenis ikan hias air tawar cocok buat aquascape pemula. Aquascape juga sering disebut akuarium taman karena lebih menekankan penataan tanaman air sebagai sebuah taman di dalam akuarium.

Meskipun banyak aquascaper yang hanya mengisi tangkinya dengan tanaman air, namun aquascape juga bisa diisi dengan ikan. Namun, tidak semua ikan bisa dipelihara di dalam aquascape dan Anda juga memerlukan perawatan ekstra jika ingin melakukannya.

Perlu Anda ketahui, apabila ingin menambahkan ikan ke dalam aquascape, perawatan akan lebih sulit karena Anda harrus menjaga agar kandungan CO2 untuk tanaman dan O2 untuk ikan tetap seimbang.

Ikan Hias Air Tawar Aquascape

Dalam menyiapkan aquascape, Anda tidak hanya terbatas hanya dengan merawat tanaman akuatik saja. Anda bisa mengembangkan akuarium tersebut dengan memilih berbagai ikan hias atau lebih tepat disebut juga sebagai ikan aquascape yang memiliki warna-warna dan bentuk yang menarik.

10 jenis ikan hias air tawar cocok buat aquascape pemula
10 jenis ikan hias air tawar cocok buat aquascape pemula. Photo by id.pinterest.com

Mengutip dari rumah.com inilah ikan hias air tawar aquascape yang cocok untuk Anda pelihara.

Ikan Tetra Ember

Ikan tetra ember menjadi salah satu ikan aquascape favorit yang disukai oleh banyak orang. Salah satu keunikan dari ikan ini adalah memiliki warna oranye yang sangat cerah dan ukuran tubuhnya yang sangat kecil.

Kedua kombinasi tersebut menjadikan ikan ini tidak terlalu memakan banyak tempat di akuarium dan sangat mudah bagi Anda untuk merawatnya.

Warna cerahnya tersebut bisa memberikan sebuah efek kontras yang menarik pada akuarium dan akan terlihat sangat menarik apabila memilikinya dalam jumlah yang banyak.

Ikan Tetra Cardinal

Masih termasuk ke dalam kategori ikan tetra, tetra cardinal bisa menjadi salah satu ikan yang sangat populer dikarenakan memiliki kombinasi warna yang sangat menarik. Perpaduan warna merah dan biru neon pada ikan ini bisa menjadi sebuah kombinasi yang indah untuk akuarium di rumah.

Tidak hanya itu saja, ukurannya yang kecil menjadikan ikan ini tidak akan membuat akuarium menjadi penuh dan sesak.

Neon Tetra

Jika dilihat melalui warna, ikan neon tetra mempunyai perpaduan warna yang menyerupai ikan tetra cardinal. Yang membedakannya, ikan hias ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil dan pada bagian tengah tubuhnya terdapat tambahan warna perak yang memisahkan kedua warna biru dan merahnya.

Karena ukurannya yang sangat kecil, usahakan untuk membeli ikan ini dalam jumlah yang banyak untuk meramaikan aquascape Anda.

Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan salah satu ikan aquascape hias yang sudah menjadi favorit sejak lama bagi banyak orang. Ikan ini termasuk ke dalam salah satu ikan hias yang tidak mudah sakit dan sangat mudah untuk dirawat.

Warnanya tubuh dan ekornya yang cerah dan indah menjadikan ikan ini sangat disukai dan bisa membuat akuarium menjadi tampak lebih hidup.

Ikan Badut atau Clownfish

Anda bisa menambahkan ikan aquascape yang berukuran sedikit lebih besar yakni ikan badut atau sering disebut sebagai clownfish. Ikan ini memiliki ukuran sedang dan cocok untuk menjadi pelengkap di dalam akuarium di rumah Anda.

Salah satu keunikannya juga adalah ikan mempunyai pola tubuh yang indah dan menarik.

Angel Fish

Angel fish merupakan salah satu ikan hias dengan bentuk tubuh yang unik dan menarik. Dibalik bentuk tubuhnya yang menarik, perawatan ikan angel fish perlu dilakukan secara berhati-hati dan benar supaya ikan tersebut bisa hidup dalam waktu yang lama.

Anda harus memperhatikan kandungan karbon dioksida di dalam aquascape karena ikan ini tidak bisa hidup apabila kadar karbon dioksida terlalu tinggi.

Discus

Supaya aquascape bisa terlihat menarik dan tidak membosankan, Anda harus mulai menambahkan berbagai bentuk ikan hias lain seperti ikan discus di dalamnya. Ikan ini memiliki bentuk pipih dan berukuran sedikit besar.

Perpaduan warna oranye dengan strip hitam membuat ikan loreng ini terlihat sangat menarik di dalam aquarium Anda.

Dwarf Gourami

Ikan hias dwarf gourami memiliki ukuran yang sedikit besar, yakni antara 4 hingga 7 cm untuk yang berukuran dewasa. Meskipun begitu, ikan ini memiliki permainan warna yang sangat indah dan membuatnya menjadi salah satu ikan hias yang cukup digemari.

Gradasi warna yang dimiliki oleh ikan ini juga membuat ikan ini bisa dipadukan dengan ikan hias lainnya di dalam aquascape Anda.

White Cloud

Apabila Anda memiliki akuarium hias dengan ukuran yang terbatas, maka salah satu opsi terbaik yang bisa Anda coba adalah dengan menambahkan ikan berukuran kecil seperti ikan white cloud.

Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang sedikit memanjang dengan corak yang indah dan sedikit terlihat transparan.

Tiger Barb

Ikan tiger barb atau lebih dikenal sebagai ikan Sumatera merupakan salah satu ikan hias yang berukuran kecil dan menjadi favorit bagi pecinta ikan. Coraknya yang indah juga membuat ikan ini mudah untuk dipadukan dengan warna-warna di dalam aquascape.

Ikan ini juga dijual dengan harga yang sangat murah sehingga Anda bisa membelinya dengan mudah.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0