Makanan-Khas-Jawa-Timur-iga-penyet-katalogue.id
10 Terpopuler Makanan khas Jawa Timur yang bikin nagih
in

LoveLove

10 Makanan Terpopuler Khas Jawa Timur, Bikin Nagih!

Referensi Kuliner

Anda tidak akan mendapatkan pengalaman penuh mengunjungi daerah populer kecuali jika Anda mencoba penawaran kuliner mereka. Kali ini kita bahas makanan terpopuler khas Jawa Timur. Provinsi ini menawarkan banyak hidangan yang telah menjadi ikon kuliner nasional.

Berikut adalah 10 makanan khas terpopuler di Jawa Timur untuk Anda mulai:

Iga Penyet

Iga penyet khas Jawa Timur
Iga penyet khas Jawa Timur foto: wikipedia

Iga penyet adalah hidangan daging tradisional Indonesia yang berasal dari Surabaya, tetapi saat ini populer di seluruh negeri. Hidangan ini terdiri dari iga sapi yang diperas dan saus sambal. Untuk menyiapkan hidangan, iga sapi dimasak sampai empuk dengan bumbu seperti serai dan lengkuas.

Santan ditambahkan ke dalam panci, dan iga dimasak sebentar sampai santan mulai mendidih. Pes sambal yang pedas dituang ke dalam cobek, lalu iga ditaruh di atasnya dan dilumatkan dengan alu agar dagingnya semakin empuk.

Sate Madura

Makanan-Khas-Jawa-Timur-sate-madura-katalogue.id
Sate Madura asli Jawa Timur

Sate Madura adalah hidangan tradisional Indonesia dan sejenis sate yang berasal dari pulau Madura, maka namanya. Hidangan ini disiapkan dengan potongan ayam atau daging kambing yang ditusukkan ke tusuk sate dan dipanggang. Jenis sate ini berbeda dari kebanyakan jenis lainnya karena dagingnya dipotong lebih tipis dari biasanya.


Tusuk sate disertai dengan saus gelap yang dibuat dengan kombinasi kecap manis, gula aren, bawang merah goreng, terasi, terasi, kemiri, garam, dan bawang putih. Jika dibuat dengan ayam, hidangan ini disajikan dengan saus kacang, sedangkan versi daging kambing sering disajikan dengan kecap manis. 

Bakwan Malang

Makanan-Khas-Jawa-Timur-Bakwan-Malang-katalogue.id
Bakwan Malang

Seperti namanya, bakwan Malang adalah hidangan Indonesia yang berasal dari kota Malang, dan sangat erat kaitannya dengan bakso – sup bakso terkenal Indonesia lainnya. Baik bakso maupun bakwan Malang berasal dari tradisi kuliner Indonesia-Cina, dan karena Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim, bakso biasanya dibuat dengan daging sapi atau ayam.


Kedua hidangan ini memiliki beberapa kesamaan, tetapi bakwan Malang ditandai dengan penambahan pangsit goreng (bakwan). Meski terdiri dari bahan-bahan yang umum dan murah, hidangan ini memadukan cita rasa khas Indonesia yang dinikmati baik oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Rujak Cingur

Makanan-Khas-Jawa-Timur-rujak-cingur-katalogue.id
Rujak Cingur khas Jawa Timur

Rujak cingur adalah salah satu dari banyak versi rujak Indonesia , salad buah yang terdiri dari buah-buahan tropis yang berbeda, biasanya disajikan dengan saus pedas dan manis. Rujak cingur adalah jenis yang unik, karena selain buah-buahan, juga mengandung sayuran dan bahan langka – moncong hewan.


Secara tradisional, moncong daging sapi atau kerbau digunakan dalam rujak cingur, sedangkan buah dan sayuran disajikan dalam keadaan direbus atau mentah. Hidangan ini dirangkai dan ditutup dengan saus pedas khas Indonesia yang dibuat dari terasi, kacang tanah, gula, dan cabai. 

Tahu Campur

Tahu Campur, Penggugah selera dan nagih makanan khas Jawa Timur - katalogue.id
Tahu Campur, Penggugah selera dan nagih

Tahu campur adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Meski ada beberapa variasi di atasnya, sup ini biasanya disajikan dengan kombinasi kaldu sapi, tahu goreng, salad hijau, tauge, mie telur, sambal petis (cabai rawit dan terasi kering), singkong goreng bumbu. (lentho), kerupuk bawang putih (krupuk bawang), dan sambal terasi yang berisi bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, dan lada hitam.


Saat disajikan, kuahnya biasanya ditaburi bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan krupuk bawang kerupuk bawang putih. Hidangan ini sering disiapkan dan dijual oleh pedagang kaki lima di Jawa Timur.

Soto Lamongan

Soto Lamongan, Penggugah selera dan nagih makanan khas Jawa Timur - katalogue.id
Soto Lamongan, unik dan citra rasa tersendiri

Seperti namanya, soto tradisional ini berasal dari Lamongan. Ini terutama disiapkan dengan potongan ayam yang direbus perlahan dalam kaldu, bersama dengan pasta rempah-rempah yang biasanya terdiri dari serai, ketumbar, biji jintan, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan jahe.


Ayam kemudian disuwir, dan hidangan ini biasanya disajikan dengan mi, kol, daun bawang, telur rebus, kerupuk udang, atau hiasan lainnya. Soto Lamongan dapat disajikan sebagai kuah standar, namun terkadang bahan utama dan kuahnya dapat disajikan dalam dua mangkuk terpisah. 

Nasi Pecel

Makanan-Khas-Jawa-Timur-nasi-pecel-katalogue.id
Nasi pecel nikmat dimakan di waktu kapanpun

Masakan Indonesia ini memadukan nasi dengan aneka sayuran dan sambal kacang yang manis. Biasanya menggunakan sayuran hijau pucat seperti kangkung, kacang asparagus, pepaya, dan daun singkong, serta tauge, tahu, dan tempe.


Hidangan ini disiram dengan pecel yang kental dan beraroma  saus kacang yang dicirikan oleh kombinasi rasa manis dan pedas. Nasi pecel biasanya disajikan dengan kerupuk peyek renyah, irisan mentimun, telur rebus, dan sesendok sambal pedas. 

Ayam Penyet

Makanan-Khas-Jawa-Timur-ayam-penyet-katalogue.id
Ayam Penyet, penikmat pedas tentu familiar dengan makanan ini

Hidangan Indonesia ini terdiri dari potongan ayam goreng yang disajikan dilapisi sambal, pasta cabai yang populer. Kata penyet dari nama masakan ini berarti menekan atau mendorong, mengacu pada metode persiapan di mana ayam ditekan dengan alu untuk membuat daging lebih empuk.

Beberapa versi melunakkan ayam setelah digoreng, sekaligus melapisinya dengan sambal. Hidangan ini disajikan dengan tambahan sambal di sampingnya, biasanya ditemani lalapan, tempe, tahu, dan nasi. Meskipun berasal dari Jawa Timur, ayam penyet ditemukan di seluruh negeri dan juga populer di Singapura.

Nasi Rawon

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur
Nasi Rawon Jawa Timur terkenal dengan kelezatan dan keunikannya

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai. Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek , kacang hitam Indonesia.


Bumbu khas Indonesia ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Ini digiling dengan bahan-bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa bersahaja dan asam dan warna hitam gelap yang unik. Asal usul hidangan ini diyakini berasal dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. 

Pecel

Pecel Indonesia dapat merujuk pada bumbu kacang yang harum atau kombinasi saus dan berbagai sayuran, ketika itu biasa disebut sebagai salad. Bahan dasar kuahnya terbuat dari kacang tanah sangrai dan bumbu-bumbu yang biasanya berupa cabai, gula aren, bawang putih, air asam jawa, terasi, daun jeruk purut, garam, dan kencur, varietas jahe yang harum.


Biasanya diasosiasikan dengan Jawa, kuahnya dicirikan oleh kombinasi rasa manis dan pedasnya yang khas. Saat disajikan dengan nasi, hidangan ini diberi nama nasi pecel .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0