Agar berjalan lancar, Ini list persiapan pernikahan.
Photo by Sabel Blanco on Pexels.com
in

Agar Berjalan Lancar, Ini List Persiapan Pernikahan

List Persiapan Pernikahan Sederhana

Katalogue.id – Agar berjalan lancar, Ini list persiapan pernikahan. Ada beberapa hal yang wajib ada dalam persiapan menikah ini, seperti persiapan pernikahan secara mental, fisik, dan tentu saja, biaya. Tidak sedikit pasangan yang menghabiskan kocek yang besar untuk mewujudkan momen pernikahan yang sempurna.

Mungkin Anda bingung harus mulai dari mana, apa dulu yang dikerjakan, hingga gimana cara mewujudkan seluruh impian pernikahan kalian. Sangking bingungnya akhirnya Anda malah panik.

Menikah adalah momen sakral yang dilakukan sekali dalam seumur hidup. Tidak heran jika setiap pasangan yang akan menikah mengharapkan momen pernikahan yang sempurna. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan pernikahan yang matang.

List Persiapan Pernikahan

Persiapan pernikahan sangat Anda butuhkan ketika membicarakan acara besar ataupun acara yang tidak pernah dapat dilupakan bersama pasangan. Sebab jika tanpa persiapan, pernikahan akan berlangsung secara berantakan, baik dari segi acara maupun biaya.

Dikutip dari laman seputarpernikahan.com, berikut ini list persiapan pernikahan agar acara bisa berjalan dengan lancar.

Agar berjalan lancar, Ini list persiapan pernikahan.
Agar berjalan lancar, Ini list persiapan pernikahan. Photo by Agung Pandit Wiguna on Pexels.com

Menetapkan Tanggal dan Budget Pernikahan

Hal pertama sekali adalah tentukan tanggal pernikahan Anda. Perlu Anda ketahui, akan susah melangkah untuk booking tempat pernikahan ataupun vendor sana sini apabila belum menemukan tanggal fix pernikahan. Karena untuk bisa tahu vendor pernikahan yang Anda inginkan bisa atau tidak membantu kalian, tentunya melalui tanggal pernikahan.

Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Persiapan pernikahan lainnya yang perlu kamu siapkan sejak awal adalah budget pernikahan. Budget pernikahan jangan disepelekan loh! Budget menjadi hal yang sensitif antar calon pengantin dan juga kedua keluarga.

Disarankan Anda menjalin komunikasi yang baik untuk urusan budget, keterbukaan dalam budget pernikahan akan lebih memudahkan persiapan pernikahan. Apabila budget sudah dipersiapkan, tinggal membagi masing-masing pos pengeluaran vendor pernikahan.

Agar kalian tidak over budget, sebaiknya tentukan jumlah keseluruhan acara persiapan pernikahan kalian dibawah jumlah budget yang kalian punya. Hal ini mengantisipasi perbedaan harga ataupun keperluan tambahan persiapan pernikahan Anda.

Menentukan Konsep Pernikahan

Hal yang berikutnya adalah menentukan konsep acara pernikahan. Konsep ini pastinya datang dari keinginan atau impian pernikahan yang diwujudkan. Artinya Anda harus tahu apa yang telah diinginkan.

Konsep tersebut bisa secara formal, semi formal, ataupun yang santai namun intimate. Setelah itu benar-benar dimulai untuk mencari konsep persiapan pernikahan yang lebih detil.

Inspirasi persiapan pernikahan apalagi sebuah konsep acara bisa kamu liat dari berbagai sosial media, website pernikahan, hingga ulasan pernikahan yang menurut kamu memiliki daya tarik untuk menjadi inspirasi. Anda harus rajin-rajin mencari web pernikahan termasuk ulasan seputar pernikahan.

Memilih Tempat Pernikahan

Wedding venue atau tempat pernikahan menjadi nomor satu yang penting. Biasanya drama persiapan pernikahan dimulai deh, dari sulitnya mencari gedung yang sesuai budget dan fasilitas yang diinginkan, hingga wedding venue yang ternyata full booked ditanggal pernikahan.

Untuk mengatasinya adalah dengan membuat daftar tempat pernikahan yang menjadi incaran Anda dan pasangan. Sehingga jika sebuah plan A tidak berjalan, Anda bisa langsung menggantinya dengan sebuah plan B. Jangan sampai Anda terpatok hanya satu tempat pernikahan saja, ini hanya akan menghambat rencana persiapan pernikahan nantinya.

Apabila sudah menemukan wedding venue yang tepat, usahakan langsung memberinya DP. Bukan tanpa alasan karena agar Anda lebih merasa lega dan lanjut ke perjuangan persiapan pernikahan lainnya.

Membuat Check List Timeline 

Agar pernikahan berjalan sesuai waktu yang ditentukan dan semuanya tidak dibuat keriting, coba untuk membuat wedding checklist timeline. Dengan wedding checklist timeline akan sangat membantu persiapan pernikahan. Apabila mempunyai sebuah catatan check list yang bisa Anda jadikan guideline dalam menyusun rencana persiapan pernikahan bersama dengan pasangan.

Menentukan Catering

Dalam suatu pernikahan jangan kaget apabila catering atau F&B merupakan pos budget pernikahan yang terbesar dalam pengeluaran sebuah pesta pernikahan. Untuk itu, catering akan sangat berpengaruh dengan jumlah undangan yang sudah tersebar. Sebelum menentukan vendor catering pernikahan yang tepat, sebaiknya ketahui dulu jumlah tamu undangan.

Berikutnya adalah menentukan waktu yang tepat bersama pasangan dan keluarga untuk bisa mencicipi menu makanannya. Test food ini sangatlah berpengaruh, jangan sampai Anda sudah membayar namun rasa makanan atau masakan dari catering tidak sesuai dengan yang Anda harapkan. Jadi sebaiknya gunakan waktu kosong untuk bisa langsung mencicipi tiap menu yang menjadi andalan ataupun menu gubukannya.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan pihak marketing catering, karena catering service yang berpengalaman akan memberikan solusi yang baik dalam menentukan jumlah porsi yang tepat.

Menentukan MUA (Make Up Artits)

Apabila Anda menginginkan agar terlihat anggun dan mendapat pujian dari para tamu undangan, usahakan jangan sampai MUA yang kalian inginkan full booked, karena biasanya MUA sangat membatasi jumlah klien yang dia terima dalam sehari.

Wedding attire juga akan memberikan sentuhan magical dengan penampilan kalian from head to toe. Proses pengerjannya yang memakan waktu kira-kira 3-4 bulan ini sebaiknya Anda persiapkan dengan baik.

Mulai dari konsultasi dengan designer, ukur badan, dan yang terakhir adalah fitting baju. Jangan sampai kalian terburu-buru ya, nanti hasilnya malah ngga maksimal jadi sayangkan baju pernikahan kalian.

Wedding attire biasanya ngga hanya cuman tentang bride & groom tapi ada orangtua dan saudara kandung, jadi kebayangkan kalau kamu ngga mempersiapkannya sejak awal.

Menentukan Dekorasi

Dekorasi pernikahan bisa menyulap seisi ruang tempat pernikahan menjadi cantik. Jadi persiapkan dekorasi pernikahan kalian sesuai tema dan konsep pernikahan. Disarankan Anda membuat wedding mood boards untuk memudahkan persiapan pernikahan khusus dekorasi.

Wedding mood boards juga akan menentukan color palette dekorasi yang cocok dengan tema pernikahan. Jadi sebisa mungkin maksimalkan mencari inspirasi sebanyak mungkin dalam persiapan pernikahan yang ini.

Menentukan Wedding Photography

Mengabadikan momen pernikahan adalah hal sangat wajib. Mulai dari foto prewedding hingga wedding photography. Karena setelah acara usai satu-satunya yang dapat menjadi kenangan hanyalah dokumentasi. Jadi, benar-benar pilih fotografer yang profesional untuk mengabadikan banyak momen penuh emosi di hari spesial kalian ya.

Memilih Wedding Entertainment

Agar acara pernikahan lebih hidup dan meriah, pilihan wedding entertainment akan menghibur dan membuat para tamu undangan merasa nyaman dan terhibur. Untuk itu, sebaiknya Anda lihat dulu performance band yang telah dipilih, baik dari video ataupun di youtube.

Berikan juga daftar playlist wedding song yang telah Anda tentukan atau inginkan, masukan lagu yang memiliki history untuk Anda dan pasangan. Dan tentukan lagu apa yang akan menjadi lagu pembuka, atau ketika Anda dan pasangan berjalan menuju pelaminan.

Mempersiapkan Dokumen Pernikahan

Dokumen yang diperlukan cukup banyak, jadi mulailah dicicil setidaknya paling mepet H-1 bulan, belum lagi mengurus surat numpang nikah. Apabila Anda akan menggelar acara pernikahan di berbeda lokasi domisli.

Memilih Design Undangan

Pilih undangan pernikahan yang sesuai dengan konsep acara dan budget Anda. Untuk saat ini sudah banyak yang menggunakan design online untuk lebih menghemat budget ditambah lagi mencetakan undangan tidak perlu banyak-banyak karena jaman sekarang undangan bisa dikirim lewat e-invitation.

Mempersiapkan Souvenir

Sebagai tanda terimakasih untuk tamu undangan yang telah datang ke acara pernikahan, berikan souvenir yang berkesan. Akan tetapi, souvenir ini tidak harus mahal dan yang pasti jangan sampi over budget. Disarankan berilah wedding souvenir yang bermanfaat dan bisa digunakan.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori RAGAM, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Baca Juga: 22 Ide Souvenir Pernikahan yang Murah dan Bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0