cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat.
Photo by pixabaypro.blogspot.com
in

Cara Menggunakan Alat Test Pack dengan Benar untuk Hasil yang lebih Akurat

Memahami Waktu dan Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Katalogue.id – Begini cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat. Bagi Anda pasangan suami istri yang sedang menantikan kehadiran buah hati, penggunaan tespek tentu merupakan hal yang sangat familiar.

Tespek atau test pack (dalam bahasa Inggris) adalah alat pendeteksi kehamilan yang lazim digunakan para wanita. Tespek dapat Anda temukan dengan mudah di apotek atau supermarket, dengan jenis dan harga yang bervariasi.

Tespek juga merupakan alat yang penting bagi Anda, pasangan yang aktif secara seksual namun tidak menghendaki kehadiran seorang bayi dengan alasan apapun.

Untuk itu, tespek adalah barang yang sangat penting untuk mendeteksi situasi ketika Anda tiba-tiba berhenti mengalami menstruasi.

Cara Memilih Tespek

cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat.
cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat. Photo by Jonas Kakaroto on Pexels.com

Tespek merupakan alat uji kehamilan yang tingkat keakuratannya mencapai 99%. Tespek dapat mengetahui kehamilan dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urine atau yang kita ketahui adalah air kencing.

Ketika sel telur telah dibuahi dan menempel pada dinding rahim, seorang perempuan akan memproduksi hCG. hCG baru bisa dideteksi setelah 7-14 hari setelah masa pembuahan.

Selain cara menggunakan tespek dengan benar, untuk mendapatkan hasil yang akurat Anda juga harus memperhatikan pemilihan tespek ketika membelinya di apotek atau supermarket.

  • Pastikan Anda mengecek terlebih dahulu tanggal kedaluwarsa tespek yang akan dibeli. Karena, tespek yang telah kedaluwarsa dapat memengaruhi hasil akhir atau tingkat keakuratan untuk mendeteksi kehamilan.
  • Selalu konsultasikan pada apoteker mengenai tespek mana yang membutuhkan kadar hCG lebih sedikit. Karena tidak semua perempuan memproduksi hCG dalam kadar yang tinggi.

Ketahui Waktu Penggunaan Tespek

Memperhatikan waktu penggunaan tespek adalah faktor penting kedua untuk mendapatkan hasil tes yang lebih akurat. Inilah waktu penggunaan tespek yang tepat:

  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa dari tespek yang akan dipakai.
  • Disarankan untuk menggunakan tespek di hari pertama Anda terlambat menstruasi atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim.
  • Tunggu sampai Anda terlambat menstruasi selama 1-2 minggu.
  • Apabila Anda hamil, usia kandungan Anda diperkirakan sudah mencapai 6 minggu.
  • Untuk mendapat hasil akurat, sebaiknya hindari menggunakan tespek di siang hari. Karena, kondisi urine saat siang hari cenderung lebih encer.
  • Urine yang encer ternyata membuat hormon hCG sulit terdeteksi. Disarankan untuk menggunakan tespek saat pagi hari usai bangun tidur.

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Seperti yang Anda ketahui, cara menggunakan tespek memang terlihat sederhana. Namun, penggunaan yang tidak tepat ternyata bisa membuat hasil tidak akurat. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana langkah yang benar untuk menggunakan alat tes kehamilan ini.

Dikutip dari merdeka.com beginilah cara menggunakan test pack yang benar untuk hasil yang akurat.

  1. Siapkan tespek strips dan wadah kecil untuk menampung urin. Bila tidak menemukan wadah yang tepat, bisa dengan langsung mengguyur urin ke tespek, tapi harus hati-hati supaya tidak melebihi garis batas.
  2. Jika menggunakan wadah, setelah urin ditampung, celupkan tespek strips ke wadah dengan bagian putihnya.
  3. Celupkan sampai di bawah garis batas MAX.
  4. Tunggu kurang lebih 5 detik, lalu angkat tespek.
  5. Jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan garis merah yang ditunjukkan tespek strips.
  6. Tunggu lebih dari 10 menit sampai warna garis benar-benar tidak berubah lagi.
  7. Bila muncul dua garis merah menunjukkan kalau hamil. Sedangkan satu garis atau tidak ada garis sama sekali, menunjukkan kalau tidak ada tanda kehamilan.

Petunjuk Hasil Menggunakan Test Pack

Melakukan tes kehamilan secara mandiri dengan test pack dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja, cara ini tidak selalu memberikan hasil yang akurat karena berbagai faktor, termasuk kapan tes dilakukan. Berikut ini petunjuk hasil menggunakan test pack, yuk simak!

Hasil Negatif: TIDAK HAMIL

cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat
Petunjuk Hasil Menggunakan Test Pack Photo by med.unc.edu

Hanya satu pita warna yang muncul di atas wilayah Kontrol (C). Seharusnya tidak ada pita yang jelas pada wilayah Test (T). Garis kontrol dirancang untuk memvalidasi pengujian dan harus tajam dan jelas dalam intensitas dengan latar belakang putih.

Hasil Positif: KEMUNGKINAN KEHAMILAN

cara menggunakan alat test pack dengan benar untuk hasil yang lebih akurat
Petunjuk Hasil Menggunakan Test Pack. Photo by med.unc.edu

Pita warna yang berbeda dan konsisten muncul di wilayah Kontrol (C) dan Uji (T). Intensitas warna pita dapat bervariasi sesuai dengan konsentrasi dan tingkat perkembangan hCG. Garis uji biasanya sedikit lebih lemah intensitasnya dibandingkan dengan garis kontrol. 

Pola peningkatan intensitas garis tes adalah prediktor kehamilan yang jauh lebih baik daripada pembacaan individu.

Hasil Tidak Valid

Jika tidak ada garis kontrol yang terlihat, buang tes. Ulangi pengujian dengan perangkat baru.

Penyimpanan Test Pack

Simpan tes kehamilan pada suhu kamar normal, antara 36°F dan 86°F. Buang tes kehamilan yang tidak digunakan setelah tanggal kedaluwarsa, yang tertera pada setiap tes kehamilan yang disegel. Hindari kontak yang terlalu lama dengan sinar matahari langsung, kelembaban, panas, dan kondisi terkait lainnya.

Pembuangan Test Pack

Sampel urin dan alat uji bekas berpotensi menular, jadi jauhkan dari kontak langsung dengan benda. Penanganan yang tepat, cuci tangan, dan pembuangan segera dianjurkan.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0