Cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa.
Photo by Min An on Pexels.com
in

Cara Menghitung Weton Jodoh Menurut Primbon Jawa

Cara Menghitung Weton untuk Kecocokan Jodoh

Katalogue.id – Simak! cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa. Dalam budaya Jawa, weton adalah perhitungan hari lahir seseorang yang digunakan sebagai patokan untuk menunjuk ramalan tertentu. Cara menghitung weton berdasarkan hari dan pasaran, ada juga yang dihitung berdasarkan bulan tahun kelahiran.

Menurut buku Primbon Masa Kini: Warisan Nenek Moyang untuk Meraba Masa Depan karya Romo RDS Ranoewidjojo, weton adalah gabungan antara hari (minggu, senin, selasa, dst) dan pasaran saat bayi dilahirkan. Hari pasaran terdiri dari lima hari, yaitu kliwon, legi, pahing, pon, dan wage.

Weton ini kemudian digunakan untuk mengetahui gambaran kehidupan seseorang. Dalam pandangan masyarakat Jawa, manusia lahir dengan membawa potensi energi masing-masing. Energi ini kemudian terlihat dari gambaran watak seseorang. Untuk mengetahuinya, seseorang perlu menjumlahkan weton.

Sistem perhitungan ini juga digunakan untuk menentukan suatu keputusan, masa tanam, panen, nasib, hingga jodoh. Bahkan, beberapa orang mengaku hubungan cinta mereka harus kandas karena weton.

Cara Hitung Weton Pernikahan

Kepercayaan masyarakat Jawa soal ramalan nasib memang biasa digunakan dalam segala sektor kehidupan. Seperti nasib baik dan buruk dalam hitungan weton untuk acara pernikahan, sunatan, sampai kematian. Hal ini yang membuat weton masih dipercaya banyak orang sampai saat ini.

Berikut ini cara menghitung weton pernikahan yang dikutip dari laman kumparan.com, simak baik-baik!

Jumlah dari Hasil Weton Kelahiran Pasangan

Misalnya: Joni dan Rila akan menikah. Joni lahir di hari Sabtu Pahing dan Rila lahir Selasa Kliwon. Selanjutnya gabungkan kedua nilai dari hari kelahiran kedua mempelai.

Joni lahir hari Sabtu Pahing dengan jumlah Neptu adalah 18. Rila lahir Selasa Kliwon dengan jumlah Neptu adalah 11. Jadi, gabungan kedua neptu mempelai sama dengan 29.

cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa.
cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa. Photo by kumparan.com

Cara Menghitung Hari Pernikahan yang Baik

Rumus perhitungan weton untuk pernikahan adalah sebagai berikut:

  • (Jumlah neptu kedua mempelai + angka baik) : 5, tetapi harus menyisakan hasil 3
  • Ramalan Jawa menyatakan bahwa 3 adalah simbol angka terbaik
  • Berarti perhitungan dapat diakumulasikan sebagai berikut (29 + angka baik) : 5 = 3
  • Maka satu-satunya angka yang jika ditambahkan 29, lalu dibagi 5 dan sisa 3 adalah 9.
  • Yaitu dengan penjumlahan sebagai berikut (29+9): 5 = 38:5, maka diperoleh 7 sisa 3.
  • Jika sudah, Anda perlu melihat kembali tabel perhitungan weton di atas dengan neptu 9, yang menunjukkan Minggu Wage atau Senin Legi menjadi hari terbaik untuk melangsungkan pernikahan.
cara menghitung weton jodoh menurut primbon jawa.
Photo by kumparan.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0