Cara menyusui ASI yang harus diketahui oleh mama muda.
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com
in

Cara Menyusui ASI yang Harus Diketahui Oleh Mama Muda

Pentingnya ASI untuk Seorang Bayi yang Baru Lahir

Katalogue.id – Begini cara menyusui ASI yang harus diketahui oleh mama muda. Salah satu tindakan pengasuhan pertama Anda sebagai ibu baru kemungkinan akan memberi makan bayi Anda. Bagi banyak wanita, itu berarti menyusui. Senatural menyusui, Anda mungkin masih khawatir dan stres tentang memberikan nutrisi yang tepat untuk bayi Anda.

Menyusui bayi bukanlah hal yang mudah. Untungnya, kami telah mengumpulkan satu-satunya tips menyusui yang Anda perlukan, dari para ahli yang telah menemukan trik, jalan pintas, dan solusi paling cerdas.

Sementara 83 persen ibu menyusui segera setelah melahirkan, hanya 57 persen yang masih menyusui enam bulan kemudian, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Itu angka yang sangat rendah mengingat American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama sekitar enam bulan.

Cara Menyusui ASI yang Benar

Adapun saran terbaik yang bisa Anda lakukan adalah berperilaku santai agar Ibu dan anak terbiasa pada akhirnya. Hal tersebut juga bisa membantu menenangkan kekhawatiran Anda. Inilah cara menyusui ASI yang harus dilakukan oleh mama muda atau Ibu baru.

Begini cara menyusui ASI yang harus diketahui oleh mama muda.
Begini cara menyusui ASI yang harus diketahui oleh mama muda. Photo by Becerra Govea Photo on Pexels.com

Mengantisipasi Keinginan Bayi

Daripada menunggu bayi Anda menangis, Anda dapat mengantisipasi kebutuhan mereka dengan memperhatikan beberapa tanda-tandanya. Saat bayi Anda lapar, mereka mungkin:

  • Putar atau angkat kepala mereka berulang kali.
  • Buka dan tutup mulut mereka.
  • Menjulurkan lidah mereka.
  • Mengisap apa pun yang dekat.

Apabila melihat bayi Anda melakukan gerakan tersebut, tawarkan payudara Anda segera. Bayi akan senang karena dia tidak perlu berjuang untuk mendapatkan perhatian Anda, dan akan membangun tingkat keintiman yang akan memperdalam hubungan antara ibu dengan si bayi.

Membiarkan Bayi Menentukan Seberapa Lama Minum ASI

Bayi akan mengetahui kebutuhan mereka saat minum ASI, biarkan mereka menentukan seberapa sering harus menyusu. Jangan menetapkan interval yang telah ditentukan antara menyusui dan kemudian menolak makanan bayi Anda hanya karena tidak cukup waktu belum berlalu.

Di sisi lain, tidak perlu membangunkan bayi yang sedang tidur untuk memberinya makan hanya karena tiga jam telah berlalu. Biarkan bayi Anda yang sedang tidur berbaring dengan tenang dan beri mereka makan ketika mereka bangun.

Demikian pula, biarkan bayi Anda menentukan berapa lama untuk menyusu. Ingat, si kecil tahu betapa mereka membutuhkan lebih baik daripada yang Anda lakukan saat ini. 

Jangan khawatir jika waktu menyusui hanya berlangsung sepuluh menit, dan jangan panik jika berlangsung selama empat puluh lima menit. Beberapa bayi adalah pemakan cepat, sementara beberapa suka meluangkan waktu.

Mendapatkan Kenyaman Saat Menyusui

Anda akan menghabiskan banyak waktu menggendong bayi ke payudara saat mereka menyusu. Jika Anda melakukan ini dalam posisi duduk yang tidak didukung, itu bisa menjadi tidak nyaman dengan cepat. 

Selain itu, mencoba mempertahankan posisi yang tidak nyaman untuk waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri punggung , bahu dan leher yang signifikan .

Belum lagi, saat bayi menggeliat dan bergerak terus-menerus di pihak Anda dapat mengganggu proses menyusui bayi Anda dan mengakibatkan iritabilitas dan peningkatan rasa lapar. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk merasa nyaman selama proses berlangsung.

Membiasakan Perilaku Santai

Selain memastikan Anda dan bayi merasa nyaman saat menyusui, usahakan agar Anda rileks. Bayi dapat merasakan apabila Anda tegang dan gugup saat menyusui dan mereka tidak akan menyusu dengan benar. Seorang bayi tidak akan bisa rileks apabila Anda tidak rileks.

Periksa juga lingkungan Anda. Jika Anda berada di lingkungan yang penuh tekanan atau lingkungan yang membuat Anda tidak nyaman, pilihlah perubahan pemandangan.

Mungkin luangkan beberapa menit sebelum menyusui untuk memberi semangat pada diri sendiri. Ambil beberapa napas lambat dan dalam. 

Visualisasikan tempat bahagia Anda. Ini seharusnya menjadi waktu yang menyenangkan untuk menjalin ikatan dengan bundel kegembiraan baru Anda, bukan yang membuat stres.

Membantu Bayi Menemukan Posisi yang Tepat

Melalui proses menyusui, si bayi kemungkinan akan menemukan posisi yang terbaik untuk mereka. Perhatikan posisi ini agar Anda bisa lebih mudah untuk masuk ke dalam dengan cepat. 

Setiap bayi berbeda, tetapi ada beberapa panduan umum yang dapat Anda gunakan untuk menemukan posisi yang cocok antara Ibu dan si bayi. Bagaimana posisi menyusui yang baik untuk Ibu? Berikut ini cara untuk membantu bayi menemukan posisi yang tepat sebagai berikut:

  • Bayi Anda harus diposisikan sehingga mulutnya sejajar dengan puting susu Anda.
  • Mereka seharusnya tidak perlu terlalu banyak menoleh, jika sama sekali.
  • Kepala mereka harus dimiringkan sedikit ke belakang.
  • Jika memungkinkan, mereka harus menempel pada seluruh areola, bukan hanya puting.
  • Dagu mereka harus tepat di atas payudara Anda sehingga hidung mereka bersih.

Pertama dan terpenting, jangan memaksakan posisi ini. Bayi mungkin lebih menyukai posisi yang sedikit berbeda. Biarkan saja terjadi secara alami sambil memastikan bayi Anda nyaman dan bisa bernapas saat mereka menyusu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0