cara ternak ikan cupang, lengkap dengan mengawinkan dan rumus breeding
Photo by Chevanon Photography on Pexels.com
in

Cara Ternak Ikan Cupang, Lengkap dengan Mengawinkan dan Rumus Breeding

Inilah Cara Ternak Ikan Cupang Bagi Pemula dan Ketahui Rumus Breeding Ikan Cupang

Katalogue.id – Beginilah cara ternak ikan cupang, lengkap dengan mengawinkan dan rumus breeding. Cupang merupakan salah satu jenis ikan hias. Memiliki keindahan dari perpaduan corak warna di sekujur tubuhnya hingga ekor dengan beragam ukuran dan benuk.

Berbagai jenis mutasi warna sudah mulai bermunculan dalam dunia ikan cupang. Jenis mutasi sendiri dihasilkan dari campur tangan peternak dengan menyilangkan antar genetik ikan cupang.

Ikan cupang juga menjadi salah satu primadona bagi para pencinta ikan hias. Sisik ikan yang penuh warna ini menjadi daya tariknya tersendiri. Ditambah lagi, cara ternak dan budidaya ikan cupang untuk pemula juga disebut tidak begitu sulit.

Kebanyakan penggemar ikan cupang mengenal nama-nama ikan ini dengan sebutan yang indah. Antara lain bulan sepotong, serit, laga, cagak, dan masih banyak lagi. Biasanya, pemberian nama ikan cupang itu ditentukan berdasarkan bentuk atau ciri di tubuhnya.

Cara Ternak Ikan Cupang

Saat ini banyak orang gemar mengoleksi beraneka ragam jenis ikan cupang atau ikan beta. Tidak salah jika saat ini budidaya ikan cupang bisa menjadi salah satu peluang usaha rumahan. Dikutip dari suara.com inilah cara ternak ikan cupang bagi pemula, yuk simak!

cara ternak ikan cupang, lengkap dengan mengawinkan dan rumus breeding
cara ternak ikan cupang, lengkap dengan mengawinkan dan rumus breeding. Photo by unsplash.com

Pilih Indukan Ikan Cupang

Ikan cupang memiliki beragam jenis, sebelum melakukan pembiakan kamu harus tahu bahwa indukan jantan dan betina sudah masuk kedalam fase matang atau siap untuk dikawinkan.

Cara membedakan Ikan cupang jantan dan ikan cupang betina dengan beberapa ciri berikut:

Jantan

  • Siripnya panjang dan berwarna terang
  • Bentuk badannya panjang
  • Gerakannya lincah

Betina

  • Siripnya pendek dan warnanya kusam
  • Bentuk badannya lebih bulat
  • Gerakannya lambat

Indukan ikan cupang jantan bisa mulai di budidayakan pada usia 4-8 bulan, sedangkan betina 3-4 bulan.

Siapkan Tempat Pemijahan

Cara ternak ikan cupang yang selanjutnya adalah gunakan air sungai yang jernih untuk pemijahan antara ikan cupang jantan dan ikan cupang betina. Biarkan air dalam tempat tersebut selama satu malam sebelum memindahkan ikan

Sediakan Tanaman Air

Cara ternak ikan cupang yang tidak kalah penting dengan memasukkan tanaman air kedalam tempat pemijahan untuk para anak ikan berlindung.

Masukkan Ikan Cupang Jantan

Masukkan ikan cupang jantan untuk membuat gelembung-gelembung udara yang akan digunakan untuk menyimpan para telur yang sudah dibuahi. Proses tersebut membutuhkan waktu selama satu hari.

Masukkan Indukan Betina

Jika gelembung udara sudah siap, masukkan indukan betina. Pemijahan ikan cupang biasanya terjadi mulai pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif jadi biarkan ikan cupang ditempat yang tenang agar tidak terganggu.

Angkat Indukan Betina dari Tempat Pemijahan

Ikan cupang jantan yang akan berperan menjaga para telurnya, telur tersebut akan dipindahkan kedalam gelembung oleh ikan cupang jantan. Jika tidak dipindakan, ikan cupang betina akan memakan para telur.

Telur Menetas dan Berikan Kutu Air

Setelah 3 hari para telur akan menetas, mereka tidak perlu diberi makan. Berilah kutu air (moina atau daphnia) dengan jumlah yang sedikit agar tidak terlalu banyak dan membuat kotor air dalam wadah.

Ambil Ikan Cupang Jantan

Angkat ikan cupang jantan setelah 2 minggu sejak telur menetas. Pindahkan anak ikan tersebut ketempat yang lebih luas dan berikan kutu air atau larva nyamuk.

Pilah Ikan Berdasarkan Jenis Kelaminnya

Setelah 1,5 bulan pisahkan ikan-ikan tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Rumus Breeding Ikan Cupang

Dalam mengawinkan silang ikan cupang sendiri memiliki rumus dan juga teknik ini sering digunakan para bredder atau peternak. Berikut ini rumus breeding ikan cupang yang perlu Anda coba.

Inbreed atau Inbreeding

Rumus perkawinan silang yang pertama yaitu antara dua individu ikan cupang dengan memiliki hubungan darah seperti ibu dikawinkan silang dengan anak , ayah dikawinkan silang dengan anak, atau anak dikawinkan silang dengan anak.

Metode atau rumus dalam perkawinnan tersebut memiliki tujuan untuk meciptakan bibit baru dan bibit sebelumnya yang memiliki kualitas lebih unggul. Sehingga, bibit baru akan lebih sempurna dari hasil sebelumnya.

Keuntungan Rumus Inbreed :

  • Memperkuat genetika warna.
  • Mendapatkan keturunan dengan warna lebih bagus.

Selain medapatkan hasil lebih maksimal, kalian juga diharuskan agar memilih keturunan sesuai dengan keinginan. Dikhususkan pada ikan cupang aduan sebaiknya lebih mengutamakan faktor genotip.

Genotip merupakan sifat turuan dari indukan ke anaknya, diantaranya yaitu seperti karakter, emosi, cara bertarung dan lain sebagainya. Nah, hasil perkawinan silang terbaik yaitu adalah F4, seperti pada rumus di atas.

Linebreed

Line bredding merupakan persilangan individu ikan cupang seperti nenek atau kakek dengan cucu, paman, bibi disilangkan dengan keponakan.

Pada intinya perkawinan silang tersebut memiliki hubungan darah atau genetika satu keturunan. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk mengembalikan sifat keturunan genetik dari tertua.

Perkawinan silang tersebut juga dipercaya dapat memperkuat genetik, setelah proses inbreed dilakukan. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak rumus perkawinan silang di atas.

Crossbreed

Adapun rumus perkawinan silang crossbreed yaitu menyertakan kedua jenis ikan cupang berbeda gen, atau tidak memiliki hubungan darah sama sekali. Crossbreed sendiri juga termasuk salah satu rumus perkawinan silang yang paling umum dilakukan oleh para peternak.

Tujuan melakukan perkawinan silang menggunakan rumus tersebut yaitu agar bisa menciptakan warna baru, bentuk serta karakter berbeda dari sebelumnya.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0