contoh surat perjalanan dinas atau tugas kerja di masa pandemi.
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com
in

Contoh Surat Perjalanan Dinas atau Tugas Kerja di Masa Pandemi

Inilah Contoh Surat Perjalanan Dinas untuk Karyawan yang Ditugaskan ke Luar Kota

Katalogue.id – Inilah contoh surat perjalanan dinas atau tugas kerja di masa pandemi. Pada suatu perusahaan ataupun instansi pemerintahan, seorang atasan berhak memberikan perintah kepada para bawahannya untuk melakukan suatu tugas ataupun suatu pekerjaan tertentu.

Surat tugas sangat penting bagi karyawan yang ditugasakan untuk melakukan perjalanan atau pekerjaan di luar kota terutama pada masa pandemi seperti ini.

Seperti diketahui, penyebaran COVID-19 lumayan tinggi di beberapa daerah dan melakukan pembatasan sosial atau PSBB, yang mengatur keluar masuk orang dari dan ke daerah tersebut.

Untuk karyawan yang melakukann kunjungan dinas, diperlukan surat tugas dari perusahaan agar bisa masuk ke dalam kota tersebut. Tentu saja tugas yang diberikan merupakan tugas yang berkaitan dengan tupoksi dari bawahan yang dipilih.

Pengertian Surat Perjalanan Dinas

Surat tugas dinas adalah salah satu jenis surat resmi yang mana dikeluarkan oleh instansi ataupun perusahaan yang diberikan kepada pegawai untuk melaksanakan suatu tugas dinas tertentu.

contoh surat perjalanan dinas atau tugas kerja di masa pandemi.
contoh surat perjalanan dinas atau tugas kerja di masa pandemi. Photo by Angela Roma on Pexels.com

Surat tugas dan surat tugas dinas merupakan dua istilah yang serupa namun memiliki pengertian berbeda.

Biasanya surat tugas bersifat khusus. Artinya dikeluarkan hanya untuk satu jenis tugas atau pekerjaan dan otomatis tidak berlaku apabila tugas tersebut telah selesai dilaksanakan. Sementara itu surat tugas dinas umumnya dikeluarkan untuk suatu pekerjaan rutin.

Struktur Pembuatan Surat Perjalanan Dinas

Surat perjalanan tugas kerja memiliki struktur berbeda dari surat dinas maupun surat resmi lainnya. Adapun struktur pembuatan surat perjalanan dinas, diantaranya adalah:

  • Kop surat yang menunjukkan nama serta informasi instansi yang memberikan tugas.
  • Tanggal pembuatan surat tugas
  • Nomor surat (diperoleh dari bagian Tata Usaha atau pihak yang berwenang), lampiran, dan perihal
  • Isi surat tugas. Ditulis dengan bahasa yang baik dan benar
  • Poin penugasan dan waktu pelaksanaan
  • Pekerjaan yang diberikan atau ditugaskan
  • Penutup
  • Tanda tangan dan nama terang (boleh menggunakan gelar)
  • Stempel Instansi

Buatlah surat tugas dengan struktur di atas atau menyesuaikan struktur yang sudah ditetapkan perusahaan. Gunakan bahasa resmi dan formal yang mudah dipahami, sehingga penerima surat tugas dapat segera memprosesnya.

Fungsi Surat Perjalanan Dinas

Dokumen surat tugas dinas sangatlah penting dan surat ini juga mempunyai beberapa fungsi agar tugas dinas yang dijalankan oleh si pegawai berjalan lancar. Berikut di bawah ini beberapa fungsi surat tugas dinas.

  • Sebagai keterangan ketika seorang karyawan/pegawai melakukan perjalanan dinas maupun menjalankan keperluan perusahaan yang diwakilkannya.
  • Sebagai bukti keabsahan bahwa pegawai tersebut memang benar diutus oleh instansi/perusahaan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0