Ini urutan pangkat TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.
in

Ini Urutan Pangkat TNI AD, TNI AU, dan TNI AL

Mengenal Struktur Pangkat TNI (Tentara Negara Indonesia)

Katalogue.id – Ini urutan pangkat TNI AD, TNI AU, dan TNI AL. Seperti yang Anda ketahui, TNI adalah kependekan dari Tentara Nasional Indonesia yang memiliki tugas utama melindungi dan mempertahankan Tanah Air, di garda terdepan. Dalam tugasnya, para anggota TNI memiliki jenjang kepangkatan.

Secara umum jenjang karier di TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) sebenarnya sama saja. Perbedaannya hanya terletak pada beberapa istilah atau penyebutan jabatan saja. Sementara untuk urutan pangkat TNI, ketiganya sama-sama terbagi menjadi delapan taraf.

Urutan Pangkat TNI AD (Angkatan Darat)

TNI Angkatan Darat adalah perangkat pertahanan negara yang bertugas untuk melindungi wilayah perbatasan di negara Indonesia agar tidak diambil oleh negara lain.

Membangun dan mengembangkan kekuatan darat supaya memiliki armada yang ideal, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat. Dilansir dari laman gramedia.com inilah urutan pangkat TNI AD.

Ini urutan pangkat TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.
Ini urutan pangkat TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

Pangkat Kehormatan

Pangkat kehormatan yang ada di angkatan darat dikenal dengan sebutan Jenderal Besar dan pangkat tersebut mempunyai lambang bintang lima emas. Ada tiga orang yang mendapatkan pangkat kehormatan ini, yaitu Jenderal Besar Soedirman, Jenderal Besar Abdul Haris Nasution, dan Jenderal Besar Soeharto.

Perwira Tinggi

Kepangkatan yang ada di Angkatan Darat adalah empat, yaitu Jenderal, Letnan Jenderal, Mayor Jenderal, dan Brigadir Jenderal.

Jenderal ditandai dengan lambang empat bintang emas. Dengan lambang empat bintang emas itu berarti Jenderal merupakan pangkat tertinggi di struktur kepangkatan Angkatan  Darat. Letnan Jenderal ditandai dengan lambang tiga bintang emas, yang berarti pangkat ini berada di bawah Jenderal.

Mayor Jenderal memiliki lambang dua bintang emas yang berarti posisi pangkat ini di bawah Letnan Jenderal. Pangkat terakhir di perwira tinggi adalah Brigadir Jenderal dengan lambang satu bintang emas. Pakaian Dinas Lapangan perwira tinggi lambang yang diberikan adalah bintang dengan warna hitam.

Perwira Menengah 

Struktur kepangkatan yang ada di perwira menengah Angkatan Darat ada tiga, yaitu Kolonel, Letnan Kolonel, Mayor. Kolonel ditandai dengan lambang tiga bunga melati emas. Kolonel merupakan pangkat tertinggi di struktur kepangkatan perwira menengah Angkatan Darat.

Pangkat berikutnya adalah Letnan Kolonel yang ditandai dengan lambang dua bunga melati emas. Pangkat Mayor adalah pangkat terendah di perwira menengah dan lambang yang dimiliki satu bunga melati emas. Hanya pada Pakaian Dinas Lapangan di struktur kepangkatan perwira menengah lambangnya melati dengan warna hitam.

Perwira Pertama

Sama seperti perwira menengah, struktur kepangkatan perwira pertama ada tiga, yaitu Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua. Pangkat tertinggi pada struktur kepangkatan pertama adalah Kapten, diikuti dengan Letnan Satu, dan Letnan Dua. Pangkat Kapten ditandai dengan lambang tiga garis yang mempunyai warna emas.

Pangkat Letnan Satu ditandai dengan lambang dua garis yang memiliki warna emas. Yang terakhir pangkat Letnan Dua ditandai dengan lambang dua garis yang memiliki warna emas. Pada pakaian Dinas Lapangan di struktur kepangkatan perwira pertama lambang garis berwarna hitam.

Bintara Tinggi

Pada struktur kepangkatan bintara tinggi hanya ada dua pangkat, yaitu Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu ditandai dengan lambang dua garis bergelombang dengan warna emas dan Pembantu Letnan Dua ditandai dengan lambang satu  garis bergelombang dengan warna emas. Hanya lambang Pakaian Dinas Lapangan yang lambangnya garis bergelombang berwarna hitam.

Bintara

Struktur kepangkatan bintara ada empat pangkat. Empat pangkat itu terdiri dari Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua. Pangkat tertinggi di struktur kepangkatan bintara adalah Sersan Mayor atau biasa disingkat dengan sebutan Serma dan lambangnya empat garis seperti huruf V berwarna emas.

Di bawah Sersan Mayor ada pangkat Sersan Kepala lambangya adalah tiga garis menyerupai huruf V dan memiliki warna emas. Berikutnya pangkat Sersan Satu ditandai dengan dua garis seperti huruf V dengan warna emas.

Pangkat Sersan Dua mempunyai lambang satu garis seperti huruf V yang memiliki warna emas. Hanya lambang Pakaian Dinas Lapangan yang berbentuk seperti huruf V dengan warna hitam.

Tamtama Kepala

Tamtama kepala mempunyai tiga pangkat, yaitu Kopral Kepala, Kopral Satu, Kopral Dua. Lambang yang ada pada struktur tamtama kepala hampir sama dengan lambang yang ada pada struktur kepangkatan bintara, perbedaan kedua lambang itu terletak pada warnanya.

Pangkat Kopral Kepala diberi lambang garis seperti huruf V yang warnanya merah. Pangkat Kopral Satu ditandai dengan lambang garis yang menyerupai huruf V dengan warna merah. Pangkat Kopral Dua ini diberi lambang garis seperti huruf V yang memiliki warna merah.

Tamtama 

Struktur kepangkatan Tamtama Kepala mempunyai tiga pangkat yaitu Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Tiga garis dengan warna merah menjadi lambang pangkat dari Prajurit Kepala. Berikutnya ada Pangkat Prajurit Satu yang berada di bawah Prajurit Kepala dan lambangnya adalah dua garis merah. Pangkat Prajurit Dua ditandai dengan lambang satu garis dengan warna merah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0