Mengenal 11 jenis mangga asli Indonesia yang manis.
Photo by Riki Risnandar on Pexels.com
in

Mengenal 11 Jenis Mangga Asli Indonesia yang Manis

Wajib Tahu! Inilah Jenis Mangga di Indonesia yang Perlu Anda Coba

Katalogue.id – Mengenal 11 jenis mangga asli Indonesia yang manis. Sudah menjadi rahasia umum bila Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keragaman hayati, salah satunya adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin.

Salah satu buah yang memiliki banyak vitamin dan banyak tumbuh di Indonesia adalah buah mangga. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat mangga begitu populer di kalangan masyarakat.

Tak jarang banyak yang menyebutnya King Of The Fruits atau rajanya buah-buahan. Sekilas pohon mangga memiliki bentuk yang sama. Tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 meter. Sebagai tumbuhan khas tropis, mangga begitu subur di Indonesia.

Jenis Mangga Asli Indonesia

Mangga kini menjadi olahan berkelas. Misalnya seperti jus mangga kekinian miliki King Mango dan Mango Sticky Rice. Tak heran, karena buah ini sangat menggoda dengan aroma harum dan rasa manis.

Diutip dari idntimes.com Berikut ini jenis mangga asli Indonesia yang manis dan menyegarkan, yuk simak!

Mengenal 11 jenis mangga asli Indonesia yang manis.
Mengenal 11 jenis mangga asli Indonesia yang manis. Photo by Pixabay on Pexels.com

Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu berasal dari Cirebon yang berwarna kuning kemerahan. Ukuran buahnya kecil dan lonjong.

Selain di Cirebon, gedong gincu juga terkenal di Indramayu. Dari segi rasa, gedong gincu asal Indramayu dikenal lebih manis. Sayangnya, ukuran gedong gincu asal Indramayu lebih kecil sehingga kurang diminati.

Mangga Arumanis

Mangga gadung atau arumanis merupakan salah satu buah kebanggaan Probolinggo. Mangga ini berbentuk lonjong dengan ujung meruncing.

Sesuai namanya, mangga ini memang memiliki aroma harum dan rasanya manis. Kulit buah berwarna hijau, tekstur dagingnya lembut, dan tahan lama. Harganya sekitar Rp 14 ribu per kilogram.

Mangga Manalagi

Mangga manalagi memiliki rasa perpaduan antara mangga arumanis dan golek. Ukuran buahnya lebih kecil dari mangga golek.

Ciri khas mangga manalagi adalah dagingnya yang tebal, padat, dan berserat. Manalagi ini termasuk mangga yang tahan lama paska pemetikan dari pohon. Mangga manalagi dibandrol sekitar Rp 15 ribu per kilogram.

Mangga Apel

Disebut mangga apel karena bentuknya bulat seperti buah apel. Mangga asal Singapura ini berwarna hijau kemerahan.

Ada dua jenis mangga apel, yakni merah dan hijau. Mangga apel hijau memiliki rasa asam dan cocok sekali untuk rujak. Sedangkan, yang merah beraroma sangat harum dan tekstur dagingnya sangat halus.

Mangga Alpukat

Inilah mangga khas Pasuruan yang belakangan viral. Mangga ini sangat unik karena cara makannya mirip dengan alpukat. 

Tidak perlu susah-susah mengupas, Anda hanya tinggal memotong bagian tengahnya. Tak perlu diragukan lagi rasanya, mangga alpukat merupakan hasil perkawinan silang dari mangga gadung dan mangga madu.

Mangga alpukat dibandrol sekitar Rp 35 ribu per kilogram.

Mangga Golek 

Jenis ini populer di kalangan pecinta mangga dengan bentuk lonjongnya. Mangga unggulan ini memiliki rasa manis dengan tekstur buahnya yang tidak berserat.

Mangga golek kerap dicari karena dianggap sebagai mangga lokal varietas unggul. Mangga golek yang paling terkenal berasal dari Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan.

Mangga Madu

Sepintas mangga madu mirip gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Mangga ini sangat manis seperti madu, meski buahnya masih berwarna putih.

Buah mangga madu memiliki ukuran yang hampir sama dengan manalagi. Banyak sekali mangga madu dari segala negara, seperti India, Thailand, Hawaii, Florida, dan Afrika Selatan di pasaran.

Mangga Lalijiwo

Jenis mangga yang manis dan menyegarkan berikutnya adalah mangga lalijiwo yang memiliki ketinggian pohon sekitar 8 m dengan lebar tajuk mencapai 9 meter. Memiliki daun yang cukup lebat, percabangan yang banyak, dan buah setiap pohon juga banyak.

Warna daun hijau tua berbentuk lonjong dan meruncing pada pangkal dan ujungnya, dengan panjang daun sekitar 20 cm.

Buah mangga lalijiwo memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, rata-rata hanya 20 gram. Bentuk buah cenderung membulat pada bagian ujungnya, dengan panjang 7 cm, berparuh dan berlekuk sedikit.

Ketika sudah matang daging buah akan berwarna kuning tua dengan rasa yang manis.

Mangga Cengkir Indramayu

Indramayu Jawa Barat bisa dikatakan terkenal dengan beberapa varietas mangga yang cukup baik salah satunya adalah mangga cengkir Indramayu yang kerap disebut masyarakat setempat dengan sebutan pelem cengkir.

Mangga jenis ini memiliki ciri utama ukuran buah yang cukup besar dengan serat buah yang khas. Tampilan luarnya mirip dengan mangga arumanis, yakni berbentuk bulat lonjong.

Namun, mangga cengkir memiliki kulit yang lebih tebal sehingga tahan dengan benturan dan bisa disimpan jauh lebih lama.

Mangga Kweni / pakel

Di beberapa daerah, mangga ini memiliki beberapa nama lain seperti kabeni, pekel, lekup, macang, bembem, dan lainnya. Untuk warna buahnya sendiri, mangga ini memiliki daging buah berwarna orange dengan rasa yang manis.

Sayangnya, tekstur seratnya yang agak kasar cukup mengganggu saat dikonsumsi.

Mangga Garifta Merah

Di jawa timur, terdapa mangga yang warnanya merah mirip mangga apel, yaitu Garifta merah. Garifta merupakan mangga hasil penelitian selama 10 tahun oleh para ahli di Kebun penellitian seluas 13 Ha di Desa Cukurgondang, kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Mangga ini diklaim memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan mangga lainnya. Berdasarkan penuturan Kepala Balitbang kala itu, Garifta sebenarnya telah ditemukan sejak 2009 silam dan disempurnakan pada 2012.

Pengembangan mangga garifta menggunakan indukan Arumanis sebagai induk utama yang disilangkan dengan mangga-mangga lokal kualitas terbaik, dihasilkanlah 4 varian garifta, garifta merah, garifta kuning, garifta orange dan garifta gading.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0