Jenis-jenis ikan guppy dan cara merawatnya.
in

Mengenal Jenis-jenis Ikan Guppy dan Cara Merawatnya

Ikan Guppy : Begini Cara Merawat dan Jenis-jenisnya

Katalogue.id – Mengenal Jenis-jenis ikan guppy dan cara merawatnya. Menurut Wikipedia Ikan guppy merupakan salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan.

Banyak dari Anda yang ingin memiliki hewan peliharaan, tetapi di sisi lain juga tak punya banyak waktu dan tenaga untuk mengurus hewan peliharaan. Beberapa hewan peliharaan sebetulnya tak memerlukaan perawatan yang ribet, salah satunya ikan.

Tapi, tak semua ikan mudah dipelihara. Bagi para pemula memelihara ikan guppy bisa menjadi pilihan. Ikan yang berasal dari anggota suku Poecilidae ini dijuluki juga sebagai ikan seribu, hal ini karenakan ikan jenis guppy sangat mudah berkembang biak.

Jenis Ikan Guppy yang Mudah Dipelihara

Ikan guppy adalah ikan kecil yang berukuran antara 4 cm hingga 6 cm, sedangkan guppy jantan berukuran lebih kecil. Masa kehamilan guppy betina antara 21 hari hingga 30 hari bergantung pada suhu air guppy tersebut tinggal. Dikutip dari laman ruparupa.com, berikut ini jenis ikan guppy yang mudah dipelihara.

Jenis-jenis ikan guppy dan cara merawatnya.
Jenis-jenis ikan guppy dan cara merawatnya.

Ikan Guppy Japan Blue

Jenis ikan guppy yang pertama adalah Japan Blue. Dinamakan Japan Blue karena guppy jenis ini memiliki warna yang didominasi oleh warna biru muda yang sangat cantik pada ekor dan siripnya dan berasal dari guppy liar yang berada dijepang.

Ikan Guppy Tuxedo

Jenis ikan guppy yang berikutnya adalah Tuxedo. Jenis yang satu ini memiliki ciri khas warna gelap yang hampir menutupi badan guppy atau setengah badan guppy. Biasanya berawarna hitam dan biru tua. Selain warna, bentuk sirip pada jenis tuxedo berbeda dengan jenis guppy lainnya.

Ikan Guppy Albino

Guppy termasuk jenis albino jika memiliki mata berwarna merah. Albino juga memiliki banyak jenisnya lagi. Diatas adalah jenis white albino. Karena albino, pengelihatan dari ikan albino tidak normal seperti ikan biasanya atau kurang jelas.

Namun karena matanya yang merah, memberikan kesan cantik pada ikan jenis albino.

Ikan Guppy Cobra

Corak ikan guppy ini memang mirip dengan cobra karena corak yang dimilikinya. Pada guppy cobra jantan, warna ekor di dominasi oleh warna putih, kuning, atau hitam. Tampilannya yang eksotis menyerupai kulit ular menjadi daya tarik bagi guppy jenis ini.

Ikan Guppy Magenta

Jenis ikan guppy yang cantik ini berasal dari Indonesia. Mudah ditemui dan memiliki warna yang cantik sehingga guppy magenta ini sering dijadikan andalan untuk menghias akuarium. Warna dasar pada jenis magenta ini adalah pink atau merah muda.

Ikan Guppy Mosaic

Ciri khas dari guppy mozaic ini adalah terdapat motig gelombang yang cantik pada ekor dan siripnya. Jenis ikan guppy ini mempunyai pola sangat tersusun rapih, namun untuk mendapatkan gen mozaic cukup sulit. Gen mozaic harus dikawinkan dengan gen lain agar memiliki corak dengan warna yang cantik.

Ikan Guppy Red Moscow

Jenis ikan guppy yang satu ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ciri khas dari jenis ini tentunya tubuh berwarna merah solid disekitar tubuh dan siripnya. Selain merah, banyak warna lainnya seperti warna emas dan abu.

Ikan Guppy Leopard

Jenis leopard memiliki ciri khas dengan adanya motif bercak – bercak secara tebal dan tersebar secara acak pada siripdan ekornya. Motif ini dapat Anda dapatkan dengan mengawinkan jenis guppy cobra dengan jenis guppy polos. 

Ikan Guppy Young Pair Champion Purple

Coraknya yang cantik dan polos membuat gen guppy yang satu ini sangat langka. Tak heran jika harganya termasuk mahal. Harga untuk ikan ini lumayan merogoh dompet Anda.

Ikan Guppy Grass

Jenis ikan guppy yang selanjutnya ada jenis Grass. Guppy grass dengan guppy mozaic masih satu gen. Ciri khas pada grass ini terletak pada adanya corak pada sirip dan ekornya. Jenis grass memiliki 2 macam yaitu red grass dan blue grass. Guppy grass ini disebut juga glass grass karena ekornya yang terlihat transparan.

Ikan Guppy Swordtail

Guppy jenis ini sangat mudah dibedakan dengan jenis guppy lainnya. Perbedaannya terletak pada bentuk ekor yang menyerupai pedang. Swordtail juga hadi dengan 2 jenis yaitu tunggal dan ganda.

Ikan Guppy Multicolor

Jenis ikan guppy yang terkahir adalah ikan guppy multicolor. Guppy multiwarna memiliki ciri khas adanya 3 warna atau lebih pada bagian ekor ataupun tubuhnya. Punggung dan ekor harus memiliki warna yang sama sehingga guppy dapat disebut sebagai jenis multicolor.

Cara Merawat Ikan Guppy dengan Benar

Perlu Anda ketahui, untuk merawat ikan guppy memang gampang-gampang susah. Namun, untuk perawatan ikan guppy sendiri cenderung mudah. Oleh karena itu, ikan jenis ini bisa menjadi pilihan tepat bagi orang-orang yang ingin memelihara ikan namun masih awam soal perawatannya.

Berikut ini cara merawat ikan guppy dengan benar, yuk simak!

  • Siapkan perlengkapan aquarium seperti aquarium, saringan, filter, aerator, hiasam, dan pelengkap aquarium lainnya.
  • Jaga kebersihan kandang dan Ph air sebesar 68 Ph atau 72 Ph atau Anda dapat menggunakan alat penyesuai Ph khusus.
  • Beri makan yang higienis seperti pelet khusus ikan, cacing, atau kutu air. Namun berihkan terlebih dahulu agar higienis.
  • Jika Anda ingin membudidayakan, pisahkan jantan dan betina saat setelah kawin agar tidak mengganggu perkembangan anak.
  • Pisahkan ikan yang sedang sakit seperti disaat berenangnya tidak sempurna atau tidak seperti biasanya dan kulit yang berjamur.

Apakah ikan guppy bertelur?

Ikan ini tidak bertelur, namun mengandung lalu melahirkan atau live berarers. Satu ekor induk guppy dapat melahirkan 2 hingga ekor anak guppy pada tiap kehamilannya, namun umunya guppy betina hanya melahirkan anak sekitar 5 hingga 30 ekor.

Ikan Guppy Makan Apa?

Banyak yang memelihara guppy sebagai ikan hias di rumah karena memiliki warna sisik yang begitu indah. Karena omnivora, ada banyak jenis makanan yang bisa disajikan untuk ikan guppy Anda di rumah. Inilah makanan ikan guppy yang terbaik diantaranya:

  • Pelet Khusus Ikan Guppy
  • Kutu Air
  • Daphnia Magna
  • Jentik Nyamuk
  • Cacing Beku (Bloodworm)
  • Artemia/Brine Shrimp
  • Cacing Sutra
  • Microworm
  • Grindal Worm
  • Vinegar Eel
  • Sayuran

Harga ikan guppy ini berkisar dari harga Rp. 50.000 – 1.000.000 tergantung dari jenisnya.


Sampai disini dulu informasi tentang kategori ragam, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0