rincian biaya hidup di Jepang untuk pelajar dan pekerja 2021
Photo by David Dibert on Pexels.com
in

Rincian Biaya Hidup di Jepang untuk Pelajar dan Pekerja 2021

Mengetahui Rincian Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jepang

Katalogue.id – Begini rincian biaya hidup di Jepang untuk pelajar dan pekerja 2021. Jepang menjadi salah satu negara maju memang tidak dipungkiri mampu menarik minat banyak orang dari berbagai negara untuk tinggal ataupun menetap di negara tersebut.

Mulai dari untuk bekerja, ataupun untuk menempuh pendidikan. Banyak orang yang mengklaim jika biaya hidup di Jepang mahal. Jepang merupakan salah satu negara paling maju di Benua Asia, bahkan dunia. Negeri Sakura ini memiliki segudang perusahaan kelas atas, mulai otomotif, telekomunikasi, hingga elektronik.

Menurut hasil survei negara tersebut memiliki biaya hidup paling mahal keempat di Asia pada tahun 2019 dan akan terus naik dari tahun ke tahun. Apabila Anda sekilas melihat Kota Tokyo, ibukota negara tersebut, ada tiga hal utama yang menyebabkan biaya hidup di Negeri Sakura menjadi sangat mahal, yaitu ruang lingkup atau space, tenaga kerja, dan transportasi.

Rata-rata, tempat tinggal di Tokyo, seperti apartemen, memiliki ruang yang kecil dan sering tidak ada tempat untuk parkir. Biaya parkir kendaraan di kota tersebut bisa mencapai 600 yen per jam. 

Kenapa Biaya Hidup di Jepang Mahal?

rincian biaya hidup di Jepang untuk pelajar dan pekerja 2021
rincian biaya hidup di Jepang untuk pelajar dan pekerja 2021. Photo by Aleksandar Pasaric on Pexels.com

Sebagai salah satu negara Asia yang paling maju, memang tidak dapat kita pungkiri jika biaya hidup di Jepang bisa dikatakan mahal. Apalagi jika kategori mahal tersebut, harus ditanggung oleh standar hidup masyarakat Indonesia, maka ini akan menjadi sangat mahal. 

Inilah penyebab biaya hidup di Jepang mahal yang dikutip dari laman daihatsu.co.id, yuk simak!

Faktor Makanan

Makanan merupakan faktor pertama yang menyebabkan biaya hidup di Jepang menjadi mahal. Memang tidak dapat dipungkiri ketika kita tinggal di Jepang, biaya yang harus Anda keluarkan untuk makan akan terbilang mahal.

Faktor Rumah

Kemudian, faktor kedua adalah rumah. Di Jepang sendiri, memilih tempat tinggal akan menjadi suatu hal yang sulit untuk dilakukan, dan alasan terbesar dari sulitnya mendapatkan rumah atau penyewaan tempat tinggal di Jepang adalah karena harganya yang luar biasa mahal.

Faktor Pakaian

Fashion atau pakaian di Jepang, juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan biaya hidup di Jepang menjadi mahal. Bukan rahasia umum lagi untuk masalah yang satu ini. Maka untuk itulah siapkan budget lebih ketika  Sahabat berbelanja pakaian di Jepang.

Faktor Transportasi

 Biaya transportasi sehari-hari juga patut untuk Sahabat perhatikan ketika memilih untuk tinggal di Jepang. Walaupun sudah tersedia banyak sekali pilihan transportasi massal, akan tetapi harga yang ditawarkan juga tidak murah, jadi harus pandai-pandai mengatur pengeluaran untuk transportasi.

Faktor Kesehatan

Dan yang terakhir adalah kesehatan, biaya hidup di Jepang untuk bidang kesehatan juga tergolong mahal. Apalagi seperti yang kita tahu Jepang dikenal sebagai negara yang sangat maju dalam bidang kesehatannya.

Perhitungkan dengan baik masalah pengeluaran untuk kesehatan ini ketika Anda memutuskan untuk tinggal di Jepang.

Rincian Biaya Hidup di Jepang

Tidak sedikit orang yang berpendapat kalau biaya hidup di Jepang terbilang mahal terutama bagi masyarakat Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh orang Indonesia yang berkunjung ke Jepang untuk liburan.

Mereka mengatakan kalau harus mengeluarkan uang Rp 100 ribu untuk sekali makan. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar prepare budget saat ingin menikmati keindahan Negeri Sakura tersebut.

Diolah dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melanjutkan pendidikan atau bekerja di Jepang. Adapun rincian biaya hidup di Jepang adalah sebagai berikut:

Biaya Hidup di Jepang untuk Sewa Apartemen 

Jika Kurs 1 yen Jepang sama dengan Rp. 130,00 IDR per bulan Agustus 2021, Adapun biaya hidup di Jepang menyangkut sewa apartemen dalam rupiah yang harus Anda siapkan. Inilah perkiraan biaya hidup di Jepang yang sudah dihitung dalam rupiah untuk sewa apartemen adalah :

Lama WaktuDalam YenDalam Rupiah
Per bulan20.000 yen – 60.000 yenRp. 3.000.000 – Rp. 8.000.000
Biaya minimum per tahun240.000 yenRp. 32.000.000
Biaya maksimum per tahun720.000 yenRp. 94.000.000

Jepang sendiri untuk urusan tempat tinggal menyediakan beberapa opsi atau pilihan yang bisa Anda ambil, mulai dari apartemen kecil, apartemen mewah, atau bahkan sewa rumah biasa. Biaya diatas merupakan perkiraan paling minimum bagi Anda untuk menyediakan uang bagi sewa apartemen kecil yang memang biasanya dimulai dari harga 20.000 yen. 

Biaya Hidup di Jepang untuk Makan dan Minum 

Adapun biaya hidup di Jepang menyangkut makan dan minum dalam rupiah yang harus Anda siapkan. Inilah perkiraan biaya hidup di Jepang yang sudah dihitung dalam rupiah untuk makan dan minum adalah:

Lama WaktuDalam YenDalam Rupiah
Per bulan6.000 yen – 35.000 yenRp. 780.000 – Rp. 4.500.000
Biaya minimum per tahun72.000 yen –420.000 yenRp. 9.500.000 – Rp. 54.500.000
Biaya maksimum per tahun200.000 yen – 500.000 yenRp. 25.800.000 -Rp. 64. 700.000

Untuk masalah makan, ini sebenarnya relatif tergantung kepada gaya hidup seperti apa yang ingin Anda jalani. Apabila Anda ingin berhemat maka Anda bisa melakukannya dengan mencoba untuk memasak sendiri di apartemen.

Jadi, rincian biaya hidup di Jepang dalam hal makanan yang diberikan ini bisa saja tidak sesuai dengan kebutuhan bulanan Anda. 

Biaya hidup di Jepang untuk Lain-lain

Adapun biaya hidup di Jepang menyangkut transportasi ataupun kebutuhan lain dalam rupiah yang harus Anda siapkan. Inilah perkiraan biaya hidup di Jepang yang sudah dihitung dalam rupiah untuk transportasi ataupun kebutuhan lain adalah:

Biaya lain-lain ini merupakan biaya yang meliputi transportasi ataupun kebutuhan lain yang mungkin Sahabat butuhkan selama tinggal di Jepang. 

Lama WaktuDalam YenDalam Rupiah
Per bulan30.000 yen -60.000 yenRp. 3.800.000 – Rp. 7.800.000
Biaya minimum per tahun360.000 yen – 720.000 yenRp. 46.500.000 – Rp. 93.000.000
Biaya maksimum per tahun400.000 yen – 900.000 yenRp. 51.000.000 – Rp. 116.400.000

Sama seperti perihal makanan, untuk biaya tambahan lain-lain ini juga akan sangat tergantung dengan kebutuhan pribadi Anda.

Jika Anda memang menjalankan gaya hidup yang sederhana maka biaya hidup yang telah dirinci diatas akan cukup untuk Anda jadikan patokan biaya hidup di Jepang, akan tetapi jika Anda memiliki prioritas kebutuhan lain maka biaya hidup yang Anda keluarkan juga bisa berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0