Cara membuat komik dengan mudah.
Photo by khairul nizam on Pexels.com
in

Simak! Cara Membuat Komik dengan Mudah

Beberapa Cara Membuat Komik di Canva dan Webtoon

Katalogue.id – Simak! cara membuat komik dengan mudah. Komik merupakan cerita bergambar, salah satu bacaan populer di banyak negara di dunia termasuk Indonesia. Tema cerita, gaya bertutur, grafis, bahkan penjualannya yang dibuat komikus, selalu dibentuk oleh lingkungannya.

Komik memiliki sejarah yang panjang, sebagaimana yang dinyatakan Mirzoeff (1999) bahwa komik adalah kebudayaan visual yang tidak bisa dipisahkan dari kajian sejarahnya.

Saking populernya komik di tengah masyarakat, tak heran jika kemudian puluhan ribu bahkan jutaan judul telah diterbitkan. Salah satu yang sering dibaca masyarakat Indonesia adalah komik yang berasal dari Jepang.

Apabila kartun dari Jepang identik disajikan dengan latar hitam putih, maka tentu saja hal itu berbeda dengan Webtoon dengan berbagai warna yang menjadikan orang semakin tertarik untuk membacanya. Jika sebelumnya yang bisa memuculkan komik Webtoon hanyalah orang Korea Selatan saja, berbeda dengan sekarang siapapun dapat mewujudkannya termasuk Anda.

Belakangan ini Webtoon telah menyita perhatian banyak orang. Pada awalnya Webtoon dibuat di Korea Selatan oleh sebuah portal web media Daum Communication Corp yang kemudian diikuti oleh Naver dan Nate.

Langkah Membuat Komik di Canva

Cara membuat komik dengan mudah.
Cara membuat komik dengan mudah. Photo by Erik Mclean on Pexels.com

Gunakan Canva agar Anda dapat menyusun gambar, teks, dan emosi untuk menghidupkan ide-ide Anda yang paling keren. Berkreasi komik dari Canva sangat mudah digunakan, dan Anda pun tidak perlu menjadi kartunis, seniman, atau desainer profesional.

Dikutip dari laman canva.com, inilah langkah membuat komik di canva:

Membuka Canva

Buka Canva di ponsel atau desktop. Masuk atau daftar menggunakan email, akun Facebook, maupun Google, lalu cari “komik” untuk mulai menentukan desain.

Menelusuri Template

Mulai dengan halaman kosong atau pilih salah satu template siap pakai dari Canva. Telusuri template komik untuk setiap tema, gaya, dan layout. Setelah menemukan template terbaik, cukup klik untuk mulai menentukan desain.

Melakukan Eksperimen dengan Fitur

Menentukan desain komik begitu mudah karena setiap template disertai halaman lengkap, halaman kosong, balon percakapan, dan dua halaman set ilustrasi. Tarik dan lepas elemen dengan mudah ke desain Anda.

Menyesuaikan Komik Anda

Berkreasilah dengan skema warna, layout, gaya font, serta kombinasi stiker, ikon, dan ilustrasi. Atur ulang balon percakapan dan bingkai, atau unggah gambar dan karya milik Anda.

Mempublikasikan dan Membagikan

Setelah puas dengan desain komik, Anda dapat mem-posting-nya di Facebook atau Instagram. Atau, unggah dan cetak dengan kualitas tinggi di rumah. Anda juga dapat menentukan desain bersama teman menggunakan alat bantu kolaborasi.

Cara Membuat Komik

Perjalanan sebuah komik di Indonesia sangatlah menggembirakan akhir-akhir ini. Komikus lokal mulai bermunculan dan kalah sama komik terbitan luar negeri. Mengutip dari laman casciscus.bakbuk.id begini cara membuat komik, simak yuk!

Merancang Plot

Dalam pembuatan komik, plot ini berperan sebagai benang merah dari sebuah cerita. Plot sebenarnya juga sama dengan outline ketika mercancang buku fiksi dan non fiksi. Sehingga di dalamnya akan ada watak tokoh dan bagaimana cerita itu berjalan.

Merancang Draft

Buatlah draft dengan menggunakan pensil. Awali dengan pensil, dengan tujuan menggunakan pensil agar Anda mudah untuk menghapus jika ada kesalahan yang dibuat. Komikus yang sudah mahir pun juga masih menggunakan pensil dalam prosesnya.

Membentuk Outline Gambar

Setelah selesai merancang gambar dengan pensil, saatnya menggunakan drawing pen. Tebali seluruh gambar dan hal lainnya yang menurutmu perlu dilapisi dengan drawing pen. 

Menghapus Bekas Pensil

Jangan lupa untuk menghapus pensil bekas gambaran yang sudah ada. Tujuannya agar gambar tidak bertumpukan dan berbayang. Dan tentu saja untuk menciptakan karyamu dengan rapi.

Merancang Detail Gambar

Tahapan selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menciptakan detail gambar agar semakin keren. Tahapan ini berguna untuk meperindah gambar. Misalnya mewarnai, membenarkan pose tokoh, dan sebagainya.

Melakukan Koreksi

Koreksi menjadi hal yang penting ketika melakukan proses kreatif. Jangan sampai Anda menyajikan karya dengan kualitas yang tidak baik kepada penggemar Anda.

Menambahkan Screen tone Pada Komik

Screen tone merupakan metode untuk menjadikan detail gambar Anda semakin tajam. Anda bisa menggunakan aplikasi photoshop atau aplikasi lainnya yang sesuai dengan plot dan lebih hidup.

Menentukan Dialog

Langkah terakhir adalah membaut dialog komikmu dalam bentuk tulisan yang sudah disiapkan sebelumnya. Anda bisa melakukannya secara manual ataupun menggunakan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0