Sebelum Keluar Masjid, Biasakanlah Bacalah Doa!
Foto oleh Haley Black dari Pexels
in

Sebelum Keluar Masjid, Biasakanlah Bacalah Doa!

Sebaiknya Bacalah Doa Sebelum Keluar Masjid

Katalogue.id- Sebelum keluar masjid, biasakanlah baca doa! Di sini Anda akan belajar tentang Doa ketika meninggalkan Masjid. Ini adalah bagian terpenting dari hidup seseorang yang harus berkomunikasi dengan Allah dengan segala cara yang mungkin. Dan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan Allah adalah dengan membuat doa.

Doa adalah doa yang dapat Anda baca di berbagai kesempatan kehidupan, dengan terjemahan, mudah untuk menghafal atau permohonan. Mengucapkan Doa Saat Meninggalkan Masjid memiliki beberapa keutamaan.

Doa Keluar Masjid

Seperti dikutip wisatanabawi.com, berbeda dengan hendak memasuki masjid, Jika masuk masjid disunahkan melangkahkan dengan kaki kanan terlebih dahulu, maka sebaliknya, ketika hendak keluar masjid disunahkan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

Bacaan Arab

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Bacaan Latin

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Arti bacaan doa keluar masjid

“Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu”.

Etika masuk masjid dan keluar masjid dalam islam sudah ada aturannya, jadi pahami dan lakukanlah sesuai yang dianjurkan.

Di dalam tempat ibadah ini juga harus menjaga ketenangan, hindari untuk berbicara keras ketika berada di dalam tempat ibadah tersebut. Jika ingin berzikir, lebih baik di dalam hati dan jangan terlalu keras karena bisa mengganggu ketenangan di dalam masjid.

Keutamaannya membaca doa keluar masjid

Membiasakan adab yang baik saat keluar dari masjid

Tempat ibadah merupakan suatu tempat yang perlu dijaga kebersihannya karena perlu dijaga kesuciannya dan dimuliakan keberadaannya oleh Allah SWT. Untuk itu sebagai umat yang baik seharusnya wajib menghargai dan sopan ketika memasuki atau keluar dari tempat ibadah tersebut.

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya:

“Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu)” (HR. Muslim 713).

Dinaungi oleh Allah Ta’ala ketika nanti tiada naungan selain naungan-Nya.

Sebagaimana dalam hadis, “Tujuh jenis orang yang Allah Ta’ala akan menaungi mereka pada hari tiada naungan kecuali naungan-Nya… dan laki-laki yang hatinya selalu terkait dengan masjid (HR Bukhari dan Muslim).

Manfaat Doa Meninggalkan Masjid

Sebelum Keluar Masjid, Biasakanlah Bacalah Doa!
Sebelum Keluar Masjid, Biasakanlah Bacalah Doa! Foto oleh SHAHBAZ AKRAM dari Pexels

Menurut salah satu hadits Nabi Muhammad SAW, doa adalah inti dari ibadah. Ketika seseorang berdoa kepada Allah dengan hati yang benar, itu memperkuat keyakinannya. Doa Ketika Meninggalkan Masjid ​​juga sangat bermanfaat.

Doa adalah salah satu ibadah yang paling kuat dan efektif. Tindakan tersebut merupakan sebuah perasaan yang terhubung dengan Allah di mana saja dan kapan saja. Seorang muslim memanggil Allah beberapa kali sepanjang hari dan malam. 

Di sepanjang Alquran, Allah mendorong orang untuk memanggilnya karena dialah satu-satunya yang dapat meletakkan ketidakpastian, harapan, impian, dan ketakutan Anda. Itu tidak hanya meningkatkan rasa kedekatan dengan Allah, tetapi juga meningkatkan keimanan dan menawarkan kelegaan dan harapan bagi orang-orang yang beriman.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa kepada umatnya untuk berbagai hal seperti keamanan, keluarga, makanan, perjalanan, penyakit, pakaian, dll. Namun, Doa Ketika Meninggalkan Masjid adalah salah satu doa kunci.

Menjadi Muslim kita harus menghafal doa termasuk Doa Ketika Meninggalkan Masjid. Itu tidak hanya akan menyelamatkan kita dari bahaya apa pun tetapi akan menerangi hidup kita dengan berkah yang berbeda. Di sini, Anda dapat dengan mudah membaca doa ini dan dapat membagikannya kepada teman dan anggota keluarga Anda. Anda juga dapat membaca doa lainnya di halamannya masing-masing.

Sekarang sudah tahu doa keluar masjid Maka, tinggal diamalkan. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan atas doa yang kita baca. Aamiin.

-kataloghikmah-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0