Segudang manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan tubuh
in

Segudang Manfaat Dari Kacang Hijau, Yuk Kepo in!

Ketahui Kegunaan Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Katalgoue.id- Segudang manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan tubuh. Kacang hijau ( Vigna radiata ) adalah kacang hijau berukuran kecil yang termasuk dalam keluarga kacang-kacangan. Kacang hijau telah dibudidayakan sejak zaman kuno. Sementara kacang hijau asli India, kacang hijau kemudian menyebar ke Cina dan berbagai belahan Asia Tenggara.

Faktanya, kacang hijau dianggap sebagai “salah satu makanan paling dihargai” dalam praktik India kuno yang telah menjadi bentuk pengobatan tradisional sejak kira-kira 1.500 SM. Di antara sumber protein dan nutrisi nabati , kacang hijau adalah salah satu makanan yang paling banyak mendapat perhatian.

Kacang hijau juga merupakan salah satu sumber protein nabati yang paling sehat, jika Anda mempertimbangkan berapa banyak nutrisi lain yang dikandungnya, selain asam amino (bahan pembangun protein). Kacang hijau memiliki aktivitas biologis termasuk antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antidiabetik, antihipertensi, akomodasi metabolisme lipid, antihipertensi dan efek antitumor.

Kandungan Nutrisi di Dalam Kacang Hijau

Satu cangkir (sekitar 202 gram) kacang hijau matang mengandung kira-kira:

  •  212 kalori
  • 38,7 gram karbohidrat
  • 14,2 gram protein
  • 0,8 gram lemak
  • 15,4 gram serat
  • 321 mikrogram folat (80 persen AKG)
  • 0,6 miligram mangan (30 persen AKG)
  • 97 miligram magnesium (24 persen AKG)
  • 0,33 miligram vitamin B1 tiamin (22 persen AKG)
  • 200 miligram fosfor (20 persen AKG)
  • 2,8 miligram zat besi (16 persen AKG)
  • 0,3 miligram tembaga (16 persen AKG)
  • 537 miligram kalium (15 persen AKG)
  • 1,7 miligram seng (11 persen AKG)
  • 0,8 miligram asam pantotenat (8 persen AKG)
  • 5,5 mikrogram vitamin K (7 persen AKG)
  • 0,1 miligram riboflavin (7 persen AKG)
  • 0,1 miligram vitamin B6 (7 persen AKG)
  • 5,1 mikrogram selenium (7 persen AKG)
  • 1,2 miligram niacin (6 persen AKG)
  • 54,5 miligram kalsium (5 persen AKG)
Segudang manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan tubuh
Segudang manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan tubuh. Photo by Ron Lach on Pexels.com

Selain itu, kacang ini juga mengandung beberapa vitamin A, vitamin C, vitamin E dan kolin. Jika Anda memilih untuk menumbuhkan kacang hijau dan memakannya mentah, setiap cangkir hanya memiliki sekitar 31 kalori dan menyediakan sekitar tiga gram protein dan dua gram serat.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

Segudang manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat yang dirangkum oleh draxe.com sebagai berikut:

Kacang Hijau Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dan Melindungi Terhadap Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan oleh  Biomed Research International , “Konsumsi kacang-kacangan disarankan memiliki efek perlindungan terhadap kematian penyakit kardiovaskular (CVD) pada populasi umum.” Satu studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology menemukan bahwa kacang hijau sangat efektif dalam menghambat oksidasi kolesterol jahat LDL . 

Ditemukan bahwa kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kadar kolesterol karena antioksidannya bertindak seperti pemulung radikal bebas yang kuat , membalikkan kerusakan pada pembuluh darah dan menurunkan peradangan.

Kolesterol LDL teroksidasi adalah salah satu risiko terbesar dari kejadian kardiovaskular yang mematikan, seperti serangan jantung atau stroke. Kolesterol LDL dapat menumpuk di dalam lapisan dalam pembuluh darah, yang disebut endotelium, dan memblokir aliran darah, memicu serangan jantung. Kacang hijau adalah tambahan yang bagus untuk diet anti-inflamasi karena kemampuannya untuk menjaga arteri tetap bersih dan untuk meningkatkan sirkulasi.

Kacang Hijau Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Nutrisi kacang hijau mencakup kemampuan untuk melawan faktor risiko penyakit kardiovaskular penting lainnya:  tekanan darah tinggi . Dalam studi tahun 2014 yang diterbitkan di Chemistry Central Journal,  tikus yang diberi ekstrak tauge selama satu bulan mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan.

Para peneliti percaya bahwa efek anti-hipertensi kacang hijau mungkin disebabkan oleh konsentrasi fragmen protein yang tinggi yang dikenal sebagai peptida. Ini membantu mengurangi penyempitan pembuluh darah yang meningkatkan tekanan darah.

Kacang Hijau Mengandung Antioksidan

Temuan dari studi tahun 2018 yang diterbitkan di Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan mengurangi risiko semua penyebab, kematian akibat kardiovaskular dan kanker. Kadar asam amino yang tinggi – oligosakarida dan polifenol – dalam kacang hijau dianggap sebagai kontributor utama kekuatan antioksidannya yang dapat melawan perkembangan kanker. Dalam studi klinis, kacang hijau menunjukkan aktivitas anti tumor dan mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel yang berbahaya.

Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan oleh College of Food Science and Nutritional Engineering di China Agricultural University menunjukkan bahwa kapasitas antioksidan kacang hijau terutama berasal dari vitexin dan isovitexin, dua jenis flavonoid pelindung yang memiliki kemampuan pembersihan radikal bebas yang tinggi. Flavonoid ini menurunkan stres oksidatif yang dapat berkontribusi pada pembentukan kanker .

Kacang Hijau Membantu Mencegah atau Mengobati Diabetes Tipe 2

Ada bukti kuat bahwa nutrisi kacang hijau memiliki efek anti-diabetes yang signifikan dan secara alami dapat membantu mencegah atau mengobati kasus diabetes tipe 2. Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh Institute of Crop Sciences di Chinese Academy of Agricultural Sciences menemukan bahwa ketika tikus diberi suplemen kacang hijau, mereka mengalami penurunan kadar glukosa darah, plasma C-peptida, glukagon, kolesterol total dan trigliserida. Pada saat yang sama, tikus secara signifikan meningkatkan toleransi glukosa dan meningkatkan respons insulin.

Kacang Hijau Sumber Protein Yang Tinggi

Nutrisi kacang hijau mencakup jumlah protein yang sangat mengesankan untuk tanaman, dengan sekitar 20 hingga 24 persen struktur kimianya terdiri dari asam amino (protein), menurut Departemen Kimia di Institut Teknologi Harbin Cina . Globulin dan albumin adalah protein penyimpanan utama yang ditemukan dalam biji kacang hijau dan membentuk lebih dari 85 persen dari total asam amino yang ditemukan dalam kacang.

Jika legum diganti dengan sumber protein yang tidak sehat , penelitian menunjukkan bahwa legum dapat membantu menurunkan risiko banyak penyakit kronis. Nutrisi kacang hijau juga kaya akan asam amino esensial lainnya , termasuk leusin, isoleusin, dan valin, yang dapat dikombinasikan dengan sumber nabati lain (seperti biji-bijian atau sayuran) untuk membuat “protein lengkap”. Kandungan protein yang sangat mudah diserap membuat kacang hijau menjadi pilihan cerdas bagi para  vegan atau vegetarian, terutama mengingat banyaknya nutrisi lain yang mereka tambahkan ke dalam menu makanan seseorang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0