Selain untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh
Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) on Pexels.com
in

Selain untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Katalogue.id – Wortel selalu dikenal sebagai makanan yang menyehatkan mata. Namun, tahukah kamu bahwa sayuran yang satu ini ternyata juga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan lain yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Selain untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh
Selain untuk Mata, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh. Photo by mali maeder on Pexels.com

Berikut, manfaat wortel untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Kanker

Dikutip dari Medical News Today, terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, menurut National Cancer Institute. Namun, hal ini bisa ditangani oleh wortel mengingat wortel sendiri memiliki efek antioksidan dari karotenoidnya.

Tinjauan studi tahun 2015 menunjukkan adanya hubungan antara diet kaya karotenoid dan rendahnya risiko kanker prostat. Namun, tinjauan ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Pada tahun 2011, para peneliti juga menemukan bukti bahwa nutrisi dalam ekstrak jus wortel dapat membunuh sel leukemia dan memperlambat atau menghentikan perkembangannya.

Selain itu, masih di tahun yang sama para peneliti menyimpulkan bahwa minum jus wortel dapat membantu mencegah jenis kerusakan yang menyebabkan kanker paru-paru pada perokok.

2. Kesehatan pencernaan

Menurut penelitian tahun 2014 yang melibatkan data dari 893 orang, mengonsumsi lebih banyak makanan kaya karotenoid dalam wortel dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Temuan studi yang diterbitkan tahun berikutnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi serat memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit serat.

3. Pengendalian diabetes

Wortel adalah bahan makanan yang bernutrisi dan aman. Secara keseluruhan, wortel adalah makanan rendah kalori dan berserat tinggi yang relatif rendah gula. Untuk alasan ini, skornya rendah pada indeks glikemik (GI).

Ini adalah indeks yang membantu penderita diabetes memahami makanan mana yang cenderung meningkatkan kadar gula darah mereka.

4. Tekanan darah dan kesehatan jantung

Serat dan potasium dalam wortel dapat membantu mengatur tekanan darah.

American Heart Association (AHA) mendorong orang untuk menambahkan lebih sedikit garam, atau natrium ke makanan sambil makan lebih banyak makanan yang mengandung kalium, seperti wortel.

Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya.

5. Fungsi kekebalan dan penyembuhan

Antioksidan lain yang diberikan wortel adalah vitamin C. Vitamin ini berkontribusi pada produksi kolagen. Kolagen adalah komponen kunci jaringan ikat dan penting untuk penyembuhan luka dan menjaga kesehatan tubuh.

Vitamin C juga ada dalam sel kekebalan yang membantu tubuh melawan penyakit. Sistem kekebalan yang sehat dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker, menurut sebuah studi tahun 2017.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0