Begini cara merubah MP4 ke MP3 dari HP dan laptop.
in

4 Cara Merubah MP4 ke MP3 dari HP dan Laptop

Cara Mengubah File Video MP4 Menjadi MP3 dari HP dan Laptop

Katalogue.id – 4 cara merubah MP4 ke MP3 dari HP dan laptop. Teknik mengubah mp4 menjadi mp3 audio disebut convert mp4 ke mp3. Dalam hal ini bisa juga disebut kompres, pasalnya ketika file mp4 diubaj menjadi mp3 otomatis file akan lebih kecil ukuranya dan itu disebut kompres.

File video yang dapat diubah itu bermacam-macam salah satunya yaitu mp4 dan mkv juga bisa. Untuk itu Anda perlu memanfaatkan beberapa tool yang dapat Anda gunakan nantinya dengan mudah. Mengubah format video ke audio merupakan sesuatu yang cukup biasa dilakukan ketika space kosong di PC maupun smartphone semakin cekak.

Namun pada umumnya orang melakukannya karena memang hanya membutuhkan file audionya saja, misalnya saja pidato, podcast, maupun video narasi.

Perbedaan MP3 dan MP4

Sebenarnya perbedaan dari kedua bentuk file ini tidaklah terlalu jauh. Tapi meski demikian tetap ada perbedaan yang mencolok. Penegasan ini tidak lain dikarenakan banyak orang yang salah paham menganggap bahwa mp4 merupakan mp3 generasi terbaru. Padahal bukan.

Perbedaan dari Fungsinya MP3 dan MP4

Begini cara merubah MP4 ke MP3 dari HP dan laptop.
Begini cara merubah MP4 ke MP3 dari HP dan laptop.

Satu-satunya hal yang paling mencolok sehingga dijadikan patokan alias pembeda antara dua file ini adalah fungsinya. Ketika Anda menggunakan file mp3 tentu saja konten dari file tersebut adalah audio atau suara.

Berbeda jika file yang digunakan adalah mp4, maka bisa digunakan sebagai audio sekaligus video. Lebih menarik, itulah kenapa banyak yang tertarik mengetahui bagaimana mengubah mp4 ke mp3.

Selain itu, file mp4 juga bisa dinikmati via streaming internet atau disimpan di playlist sebagai audio video offline. Nah, bukti yang menunjukkan bahwa kedua file ini berbeda adalah, file dengan format mp3 tidak akan bisa diputar pada pemutar mp4 begitupun sebaliknya karena memang fungsi dan muatannya sangat berbeda.

Kelebihan dari MP3 dan MP4

Selain pembeda, ada juga kelebihan lain dari kedua format file ini. Setiap jenis file mempunyai kelebihannya masing-masing. Anda mulai saja dengan file mp3. Format file ini mempunyai kelebihan tampilan yang sangat mirip dengan kualitas CD stereo ukuran 16-bit, sehingga banyak yang ingin mengubah mp4 to mp3 agar lebih efektif.

Selain mengenal kelebihan format file mp3, Anda juga harus mengetahui juga bagaimana kelebihan dari format file yang satu ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Dapat ditonton secara streaming, dengan demikian para pengguna tidak perlu membuang waktu untuk mengunduh fileaudio video tersebut
  • Memiliki bit rate encoding yang lebih rendah serta mendukung program Digital Rights Management (DRM)
  • Memanfaatkan codec video yang seringkali dikenal dengan istilah H.264

Cara Merubah MP4 ke MP3

Cara mengubah mp4 ke mp3 dengan menggunakan metode online yaitu selain lebih cepat juga dapat convert file mp4 ke mp3 di android dan pc. Jadi Anda dapat dengan mudah mengubah langsung di hp android dan juga bisa di komputer atau laptop dengan catatan perlu adanya koneksi internet.

Mengutip dari laman teknoinside.com begini cara mengubah MP4 ke MP3, simak yuk!

Cara Merubah MP4 ke MP3 di HP Android

Dari cara yang pertama Anda bisa menggunakan aplikasi MP3 Converter, untuk dapat mengubah video menjadi mp3 dengan mudah, seperti ini cara convert video menjadi mp3.

  • Download dan install aplikasi MP3 Converter.
  • Setelah itu Anda buka aplikasi dan pilih Video ke Audio.
  • Selanjutnya pilih salah satu video yang ingin di ubah menjadi mp3.
  • Untuk melanjutkan pilih mp3 dan klik convert, tunggu sampai proses mengubah video ke mp3 selesai.

Tentu saja cara ini sangat mudah dilakukan, Anda bisa menggunakanya secara gratis dengan berbagai format video yang bisa diubah menjadi audio atau mp3.

Cara Merubah MP4 ke MP3 Online di HP

Untuk cara yang selanjunya adalah dengan menggunakan website. Perlu Anda ketahui bahwa website ini bisa mengubah video menjadi mp3. Contohnya untuk mengubah mp4 ke mp3 sangat cepat tanpa aplikasi tambahan.

  • Kunjungi situs berikut ini onlinevideoconverter
  • Lalu klik bagian Select or Drop File dan pilih video ingin diubah.
  • Setelah itu Anda pilih format file menjadi mp3, dan klik start.
  • Tunggu proses convert sampai selesai.
  • Kemudian klik download untuk dapat menyimpan hasil convert.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0