Bayaran Youtube: Bikin iri Bosque, ini gaji youtuber dan perhitungannya.
Photo by George Milton on Pexels.com
in

Bayaran Youtube: Bikin Iri Bosque, Ini Gaji Youtuber dan Perhitungannya

Gaji Youtuber Pemula dan Pendapatan Youtuber

Katalogue.id – Bayaran Youtube: Bikin iri Bosque, ini gaji youtuber dan perhitungannya. Youtube merupakan website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal tahun 2005.

Situs yang biasa digunakan sebagai hiburan dan sarana informasi ini kabarnya bisa “menggaji” para kreator alias Youtubernya dengan nominal uang yang fantastis.

Di masa pandemi ini, banyak sekali artis dan public figure yang mengaku bergantung penghasilannya kepada Youtube. Tidak heran kalau banyak orang awam yang kemudian berharap hingga ratusan juta perbulan dari AdSense tanpa perlu ngantor.

Adsense adalah produk jaringan periklanan dari Google yang keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor. Penghasilan dari Youtube bukan hanya berdasarkan jumlah klik ataupun view pada iklan yang muncul, melainkan juga berdasarkan negara, topik video, dan harga iklan itu sendiri.

Sumber Penghasilan Youtuber

Gaji Youtuber bisa didapatkan dari 3 pihak: langsung dari perusahaan Youtube, pihak ketiga atau perusahaan komersial yang ingin produk usahanya diiklankan dan dari penjualan barang atau jasa yang dijual sendiri.

Bayaran Youtube: Bikin iri Bosque, ini gaji youtuber dan perhitungannya.
Bayaran Youtube: Bikin iri Bosque, ini gaji youtuber dan perhitungannya. Photo by Kyle Loftus on Pexels.com

Youtube ads

Guna mendukung biaya operasional dan hidup para youtuber yang rutin mengunggah video ke websitenya, pihak Youtube akan membagikan komisi penghasilan kepada seluruh pemilik channel yang ada setiap bulannya.

Pelaku industri kreatif yang sudah lama berkecimpung juga mengenalnya dengan kata AdSense.

Melalui kebijakan yang telah dibuat sedemikian rupa, para content creator bakal mendapatkan uang berdasarkan seberapa banyak jumlah penonton yang melihat atau mengakses iklan di unggahan videonya.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran afiliasi adalah sebuah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan Youtuber itu sendiri.

Umumnya gaji Youtuber seperti ini diberikan oleh brand, seperti perusahaan e-commerce misalnya, yang sedang memasarkan produknya. Jadi yang pertama harus terjadi adalah kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dan pemilik channel.

Selling

Perlu Anda ketahui, sumber gaji youtuber pemula selanjutnya adalah dari penjualan. Dibandingkan yang lainnya memang cara yang satu ini paling sedikit kalau dilihat dari jumlah penggunanya.

Sebab rata-rata yang memanfaatkan metode ini adalah perusahaan besar yang mengiklankan langsung produknya lewat video yang diunggah oleh pihak adminnya.

Endorsement

Inilah yang paling umum didapatkan para Youtuber adalah endorsement produk. Kabarnya Youtuber mematok bayaran sekitar Rp 750 ribu per 1.000 penonton. Pasti Anda sering melihat pada awal, tengah ataupun akhir video ketika seorang idola Anda memperkenalkan sebuah produk tertentu.

Tujuan mereka menyelipkan iklan tersebut untuk mendapat keuntungan dari metode endorsement. Istilah ini emang lebih populer untuk media sosial instagram, tetapi tidak menutup kemungkin seorang youtuber melakukan endorsement juga.

Perhitungan Gaji Youtuber

Berapa gaji YouTuber pemula atau berapa gaji YouTuber 1000 subcriber, hal ini tentu sangat bergantung pada CPM tadi atau dihitung berdasarkan jumlah penontonnya. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah penghasilan dari Youtube Ads, ada 2 faktor yang bisa digunakan, yakni CPM (Cost per Mile) dan CPC (Cost per Click).

CPM dan CPC

CPM adalah uang yang bakal didapatkan oleh Youtuber setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video yang dimiliki. Di Indonesia sendiri nominalnya sekitar Rp 7.000 per seribu tayangan iklan.

Sementara itu, CPC adalah nominal yang akan didapatkan untuk setiap satu orang yang mengklik iklan yang tayang di video Anda. Uang yang bakal ditransfer sekitar Rp 5.000 sampai Rp 12.000.

Semua itu bisa Anda dapatkan dengan syarat minimal subscriber Anda bertambah 1000 dalam 1 tahun terakhir dan video Anda sudah ditonton selama 4000 jam oleh semua viewers setahun belakangan.

Menghitung Sumber Penghasilan

  • Untuk perhitungan penghasilan dari sumber affiliate marketing jumlahnya sangat bervariasi tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Tetapi persentasenya bisa diperkirakan 0,1 hingga 10 persen dari harga produk yang berhasil terjual.
  • Untuk sumber penghasilan dari jualan tentu uang yang didapat tergantung berapa keuntungan yang ingin diambil. Semakin terkenal Anda maka semakin gampang juga menjual banyak barang dengan margin yang lebih tinggi.
  • Endorsement, di mana gaji yang didapatkan berdasarkan kesepakatan antara Anda dengan pihak endorser. Biasanya jumlah uang yang masuk ke rekening tergantung seberapa banyak subscriber yang dimiliki. Bisa jutaan bahkan ratusan juta kalau Anda udah terkenal banget macam Logan Paul dan Pewdiepie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0