cara membuat CV gratis dan bagus pakai aplikasi online.
Photo by Lukas on Pexels.com
in

Cara Membuat CV Gratis dan Bagus Pakai Aplikasi Online

Membuat Curriculum Vitae yang Menarik Secara Online dengan Aplikasi

Katalogue.id – Simak, cara membuat CV gratis dan bagus pakai aplikasi online. CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup. Salah satu dokumen penting yang disiapkan ketika akan melamar pekerjaan, magang, ataupun mengajukan beasiswa.

Seperti namanya, CV ini berisi riwayat hidup Anda. Isinya tentu yang berkaitan dengan hidup Anda, mulai dari nama, riwauat pendidikan, ketrampilan, pengalaman kerja, prestasi, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan dirimu.

CV yang Anda buat harus bisa menarik perhatian perekrut agar mau melihat semua berkas milikmu. Perlu Anda ketahui, biasanya yang disiapkan CV, surat lamaran kerja, berkas riwayat pendidikan (fotocopy ijazah), berkas kenegaraan (seperti SKCK, NPWP, dan lainnya), sertifikat keahlian, surat pengalaman kerja kalau ada. 

Syarat Membuat CV Menarik

cara membuat CV gratis dan bagus pakai aplikasi online.
Cara membuat CV gratis dan bagus pakai aplikasi online. Photo by cottonbro on Pexels.com

Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi Anda terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar CV milik Anda jadi lebih menarik.

Menggunakan Foto Kasual

Sebenarnya, menampilkan foto diri dalam CV itu tidak wajib. Tapi, apabila Anda mau menampilkannya juga bukan jadi masalah. Foto yang digunakan harus foto resmi seperti pada KTP.

Andabisa menggunakan foto yang kasual kok, bisa full-face ataupun full-body. Yang penting wajah Anda tetap kelihatan jelas. Jangan foto lagi nunduk, atau malah hadap belakang. Foto saja dengan wajah ceria dan penuh senyum yang menawan.

Lampirkan Portfolio

Menunjukkan kemampuan dalam CV juga merupakan hal yang dianjurkan. Anda bisa melampirkan beberapa portfolio yang paling keren buatanmu.

Portfolio ini bisa bermacam-macam. Misalkan, Anda seorang desainer kemasan makanan. Lampirkan saja beberapa desain yang pernah Anda buat di dalam CV.

Kalau Anda arsitek, bisa juga menampilkan desain rumah dalam CV-mu. Lampirkan beberapa gambar 3D desain buatanmu, atau mungkin foto rumah yang pernah Anda desain sebelumnya.

Menunjukkan Riwayat Organisasi

Di dalam CV, Anda bisa menuliskan beberapa organisasi yang pernah diikuti. Mulai dari organisasi kampus seperti BEM, ataupun organisasi di luar kampus.

Biasanya, perekrut akan mempertimbangkan pengalaman Anda dalam berorganisasi. Jadi, jika Anda punya, sebaiknya tampilkan saja, jangan malu-malu.

Pajang Riwayat Kerja

Biasanya, perusahaan akan mensyaratkan pengalaman kerja kepada para pelamar. Pengalaman kerja ini tentu saja menjadi syarat yang penting, apalagi di perusahaan multinasional yang jabatannya tinggi.

Kalau Anda memiliki pengalaman kerja, lampirkan saja, jangan malu-malu. Tapi perlu Anda ketahui, yang ditulis itu pengalaman kerja yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan Anda masuki.

Tampilkan Skill yang Dikuasai

Anda bisa menampilkan beberapa skill yang dikuasai, seperti, berbahasa Inggris, desain, SEO, menguasai bahasa pemrograman, public speaking, dan skill lainnya yang dapat menunjang pekerjaan.

Cukup beberapa saja yang memang betul-betul Anda kuasai. Apabila terlalu kebanyakan memajang skill, hal tersebut kurang bagus dan orang yang membaca pun bisa jadi tidak percaya.

Aplikasi Online Membuat CV

Cara membuat CV gratis dan bagus pakai aplikasi online. Membuat CV yang menarik di zaman sekarang ini sudah begitu mudah. Berbeda dengan zaman dulu apabila akan membuat CV harus beli blangko dan diisi sendiri.

Berikut ini aplikasi online membuat CV yang dikutip dari vatih.com, yuk simak!

Kick Resume

Kick Resume adalah layanan penyedia pembuatan CV yang menarik untuk dicoba. Website ini basisnya menggunkan bahasa inggris. Jadi, CV yang Anda buat nanti berbahasa Inggris dan kelihatan lebih profesional.

Untuk membuat CV di kickresume.com, Anda tidak perlu ahli desain. Sudah tersedia banyak template yang bisa dipilih. Cukup isi data diri Anda terlebih dahulu, baru kemudian pilih template seperti yang Anda inginkan.

Canva

Cara membuat CV online dengan salah satu aplikasi desain berbasis web yang saat ini sudah sangat terkenal. Mungkin Anda juga tahu website yang satu ini. Bisa buat desain berbagai macam dokumen, salah satunya adalah Curriculum Vitae.

Selain bisa digunkan untuk medesain banyak macam dokumen, template yang tersedia juga melimpah. Bahkan Anda bisa mendapatkan desain-desain menarik dengan gratis. Tidak seperti website gratis lainnya yang menyediakan template bagus tapi harus upgrade ke akun yang PRO.

ResumUP

ResumUp ini cocok banget buat Anda yang menginginkan CV dengan desain unik. Selain itu, Anda bisa membuat CV dalam waktu yang cukup singkat. Tinggal pilih template, lalu masukkan data diri Anda, terus bisa di-download deh.

Ada banyak template unik yang bisa Anda pilih. Tapi, untuk memakai semua fitur, Anda harus upgrade dulu ke akun PRO. Akan tetapi pakai versi gratisan, Anda juga masih bisa membuat CV yang cukup menarik kok.

BikinCV

Platform digital BikinCV bisa membantu Anda membuat CV secara online di mana saja kapan saja selama ada koneksi internet. Bikin CV menyediakan berbagai pilihan template dengan berbagai desain.

Anda bisa mengatur warna dan mengubah isi data sesuai dengan track record Anda. BikinCV bisa digunakan di Smartphone atau pun PC.

Kinzaa.com

Situs pembuat CV online profesional selanjutnya ialah kinzaa.com. Situs ini menyediakan berbagai template gratis. Anda bisa memasukkan foto.

Ada bagian ‘Skill’ dan ‘Personality’ yang isinya bisa disesuaikan dengan track record Anda. Dengan ini, isi dan deskripsi CV Anda menjadi lebih lengkap.

Semoga CV yang Anda buat bisa membuat Anda lolos bekerja di perusahaan impian Anda ya! Terus semangat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0