Begini cara membuat footnote (catatan kaki) di microsoft word.
Photo by id.pinterest.com
in

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) di Microsoft Word

Langkah Membuat Footnote Beserta Contohnya

Katalogue.id – Begini cara membuat footnote (catatan kaki) di microsoft word. Peran footnote dalam sebuah karya ilmiah maupun non-ilmiah ini penting sekali. Footnote merupakan daftar keterangan yang ditujukan untuk menjelaskan sumber kutipan. Semakin lengkap footnote, maka semakin bagus karya ilmiah ini. Cara membuat footnote di Word sangat mudah sekali dan bisa dipraktikkan sendiri.

Microsoft Word dipilih karena software ini paling banyak digunakan dan cukup populer. Lebih populer jika dibanding dengan WPS Office, Libre Office, dan masih banyak lagi. Selain itu, cara membuat footnote di Word akan semakin mudah.

Hal ini berkaitan dengan cara membuat halaman di Word yang jauh lebih mudah dibanding yang lain. Sebelum mengetahui cara membuat footnote di Word, pastikan dulu bahan-bahan karya ilmiah yang dibutuhkan.

Karya ilmiah yang membutuhkan footnote adalah makalah, skripsi, tesis, dan masih banyak lagi. Selain bahan untuk karya ilmiah, pastikan sudah mengumpulkan sumber yang hendak dicantumkan dalam footnote nantinya.

Cara Membuat Footnote

Buat Anda yang suka mengelola dokumen di Microsoft Word, cara membuat footnote (catatan kaki) cukup penting untuk diketahui. Dengan adanya footnote, maka laporan atau karya ilmiah akan terlihat lebih rinci dan rapi.

Begini cara membuat footnote (catatan kaki) di microsoft word.
Begini cara membuat footnote (catatan kaki) di microsoft word. Photo by id.pinterest.com

Mengutip dari laman hot.liputan6.com beginilah cara membuat footnote yang mudah.

Cara Membuat Footnote di Word

  • Buka dokumen yang ingin Anda beri catatan kaki di Word. Bisa juga membuat dokumen baru pada Word dengan memilih fitur new dokumen. Setelah itu Tempatkan kursor di tempat yang inginkan diberi catatan kaki.
  • Jika sudah, buka tab Reference. Tab ini terletak di bagian atas jendela, biasanya antara Page Layout and Mailings. Tab ini biasanya digunakan untuk menyisipkan berbagai alat referensi, seperti daftar isi, catatan kaki, dan catatan akhir, kutipan, keterangan, dan masih banyak lagi.
  • Pilihlah Insert Footnote. Jika sudah diklik, secara otomatis catatan kaki sudah terbentuk. Catatan ini akan muncul pada dokumen dengan angka 1 kecil.
  • Mulai isi catatan kaki dengan sumber/informasi yang ingin dicantumkan atau disampaikan.
  • Cara membuat catatan kaki ini bisa menggunakan pintasan. Hanya perlu menekan Ctrl + Alt + F pada keyboard untuk membuat sebuah footnote.

Cara Membuat Footnote di Word dengan Mengubah Penomoran

  • Secara default, catatan kaki akan menyesuaikan nomor dengan sendirinya. Biasanya akan disesuai dengan seberapa banyak catatan kaki yang dimasukkan. Namun, penomoran ini dapat diubah memulai dari awal di setiap halaman atau pada page breaks dalam dokumen.
  • Klik tombol Menu di sudut kanan bawah bagian catatan kaki. Setelah itu akan terbuka jendela Footnote and Endnote. Pada bagian Format, gunakan menu Penomoran. Menu ini digunakan untuk memilih kapan nomor catatan kaki ingin di-reset kembali.
  • Pemisah halaman bisa ditemukan pada bagian dalam dokumen. Tepatnya pada tab Layout Halaman, mulai klik tombol Breaks di bagian Page Setup. Jika sudah pilih jenis pemisah yang ingin diberi catatan kaki. Selain mengubah penomoran catatan kaki, pemisah juga bagus untuk mengubah tata letak ke bagian tertentu dari dokumen.

Cara Membuat Footnote di Word dengan Mengubah Format

  • Format default penomoran catatan kaki biasanya berupa angka. Namun Jika Anda lebih suka catatan kaki dengan simbol, hal ini juga bisa dilakukan. Terutama jika ingin catatan kaki muncul di bawah teks daripada di bagian bawah halaman. Bisa juga jika ingin melakukan penomoran dimulai dari nomor yang berbeda.
  • Pilihan Footnote and Endnote juga bisa diubah. Klik tombol Menu di sudut kanan bawah bagian catatan kaki untuk membukanya.
  • Klik simbol untuk memilih simbol dari menu Simbol. Setelah itu pilih karakter yang diinginkan dari font apa saja. Walaupun pada akhirnya, font Simbol akan terbuka secara normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0