Begini cara merubah TV analog ke digital, tak perlu ganti televisi.
Photo by Lisa on Pexels.com
in

Cara Merubah TV Analog ke Digital, Tak Perlu Ganti Televisil

Rekomendasi Android TV Box Terbaik 2021

Katalogue.id – Begini cara merubah TV analog ke digital, tak perlu ganti televisi. Perlu Anda ketahui bahwa pemerintah telah mengumumkan, secara bertahap siaran tv analog akan diberhentikan mulai pada 17 Agustus 2021 mendatang dan sepenuhnya dilakukan pada 2 November 2021.

Pemerintah berharap seluruh masyarakat menggunakan TV Digital demi memaksimalkan Hiburan yang di sajikan oleh stasiun TV. Di era digital seperti saat ini semua hiburan seakan sudah terintegrasi secara online, mulai dari menonton YouTube, Netflix, hingga mendengarkan Spotify. 

Tak hanya berfungsi untuk hiburan, kegiatan teleconference melalui Zoom dan Skype juga lebih nyaman dilakukan melalui TV, terlebih jika peserta ada banyak. Untuk bisa mengakomodasi kegiatan tersebut, dibutuhkan sebuah televisi pintar atau yang biasa disebut smart TV. 

Apa Perbedaan Smart TV dan Android TV?

Begini cara merubah TV analog ke digital, tak perlu ganti televisi.
Begini cara merubah TV analog ke digital, tak perlu ganti televisi. Photo by Huỳnh Đạt on Pexels.com

Disarankan untuk masyarakat harus segera migrasi TV digital yang dapat dilakukan dengan memasang Set Top Box (STB) untuk TV lama maupun mengganti dengan TV digital dengan model terbaru. Inilah perbedaan smart TV dan Android TV, yuk simak!

Kualitas Gambar

Kualitas gambar menjadi perbedaan antara TV analog dan TV digital. Kualitas TV digital dipengaruhi pada jarak pemancar sedangkan TV digital tidak terpengaruh dengan jarak pemancar.

Disamping itu, TV analog menggunakan tabung sinar katoda sebagai tampilannya, sedangkan TV digital menggunakan layar panel datar seperti LCD, plasma, atau LED. TV digital juga memiliki kualitas gambar tinggi hingga 720p/ 1080p ata kualitas High Definition (HD).

Ukuran Layar TV

TV digital kini telah hadir dengan ukuran layar lebih lebar yakni 50 inci dan juga dilengkapi dengan frame layar yang tipis sehingga bentuk TV terlihat lebih modern. Sedangkan TV analog biasanya terbatas pada ukuran 30 inci dan berbentuk layar cembung.

Sinyal yang Dipancarkan

Sinyal yang dipancarkan menjadi perbedaan smart TV dan android TV. Perlu Anda ketahui, TV analog hanya dibatasi dengan hanya sinyal analog sedangkan TV digital dapat memproses sinyal digital dan analog sekaligus.

Sinyal TV analog mirip dengan sinyal radio. Pada TV analog, sinyal video ditransmisikan dalam AM, sedangkan audio ditransmisikan dalam FM. Sinyal dapat mengalami gangguan tergantung pada jarak dan lokasi geografis TV yang menerima sinyal.

Sedangkan untuk TV digital ditransmisikan sebagai bit data informasi seperti data pada CD atau DVD.

Cara Merubah TV Analog ke Digital

Dikutip dari laman suara.com bahwa, Keberadaan ASO (Analog Switch Off) akan membuat masyarakat cukup bingung antara mengganti televisi analog dengan televisi digital. Padahal opsi mengganti dengan televisi baru tidak perlu dilakukan.

Cara merubah televisi analog untuk bisa menangkap televisi digital dengan menyediakan dua piranti tambahan, yaitu STB DVB-2 dan antena digital. STB atau Set Top Box merupakan alat pengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara untuk bisa ditampilkan di televisi analog biasa.

Kinerja STB hanya mengubah sinyalnya dan tetap memerlukan antenna digital untuk menampilkan gambar dan suara. Begini cara merubah TV analog ke TV digital.

  • Televisi dalam keadaan AV
  • Sesuaikan AV dengan STB, AV1, AV2 atau lainnya
  • Menyalakan STB
  • Tekan tombol menu pada remote STB
  • Pilih menu “Pencarian Saluran” lalu pilih “Pencarian Otomatis”
  • Klik “Simpan” jika telah mendapatkan saluran
  • Jika akan menikmati saluran digital kembali, pastikan televisi dalam mode AV

Rekomendasi Android TV Box Terbaik 2021

Smart TV merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang harganya terbilang mahal. Dulu, smart TV kebanyakan dimiliki oleh orang-orang kaya karena harganya bisa mencapai puluhan juta.

Meskipun demikian, Anda tetap memiliki opsi lebih murah lagi, yaitu dengan menggunakan Android TV box. Harga Android TV box di pasaran jauh lebih murah. Simak rekomendasi android TV Box terbaik 2021.

H96 Max RKK 3318

Android H96 Max RKK318 bisa menjadi alternatif pilihan TV box dengan fitur yang lengkap dan berkualitas tinggi. Produk Android TV box ini sudah mengusung resolusi 4K yang sangat tajam dengan spesifikasi produk yang cukup mumpuni, sehingga pengalaman menonton pun juga semakin menyenangkan. 

Harga mulai dari Rp. 300.000,-

Xiaomi Mi Box-S

Xiaomi Mi Box-S merupakan salah satu jenis Android TV box yang cukup digemari pada khalayak karena kemampuannya yang sangat lengkap, mulai dari resolusi 4K, fitur kecerdasan buatan, audio berkualitas dengan ram 2 GB yang sangat memadai.

Harga mulai dari Rp. 500.000,-

MXQ Pro 4K

MXQ Pro sendiri mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 4K yang sangat berkualitas dan jernih. Tak hanya resolusi 4K, Android TV ini juga dilengkapi oleh prosesor dan RAM yang cukup memadai, untuk kebutuhan hiburan rumah.

Harga mulai dari Rp. 225.000,-

Nvidia Shield TV Pro

Nvidia Shield TV Pro merupakan Android TV terbaik dengan fitur yang amat lengkap secara menyeluruh. Terlebih produk ini akan sangat cocok jika kamu mempunyai hobi bermain game seperti fortnite mobile.

Spesifikasi dari Android TV ini juga sangat tinggi, mulai dari penggunaan prosesor Nvidia Tegra X1 yang sangat cepat, juga diimbangi dengan audio dari Dolby Atmos dengan hasil yang sangat premium. 

Harga mulai dari Rp. 3.000.000,-

Xiaomi Mi TV Stick

Dalam beberapa waktu belakangan, Xiaomi memberanikan diri untuk menghadirkan TV Box termurah sekalipun paling inovatif. Inovatif bukan hanya canggih namun juga mudah untuk digunakan sekalipun satu kali colok saja dalam bentuk USB. 

Tak hanya dukungan sistem Android saja, perangkatnya pun juga sudah mendukung dolby stereo sehingga menghasilkan kualitas suara jernih.

Harga mulai dari Rp. 500.000,-

Himedia M3

Himedia M3 desain yang ringkas dan unik membuatnya terlihat sangat familiar dan lucu. Tidak hanya dari segi penampilan saja, Himedia M3 juga sudah dilengkapi oleh prosesor quad core yang cepat dan responsif saat digunakan. 

Harga mulai dari Rp. 1.000.000,-


Sampai disini dulu informasi tentang kategori TEKNOLOGI, untuk artikel lainnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini Katalogue.id. Tetap Gunakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0