Cara download video YouTube dari berbagai software dan website - katalogue.id
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

LoveLove

Cara Mudah dan Lengkap Download Video dari YouTube

Rekaman berjam-jam di upload ke YouTube setiap detik. Bagaimana jika Anda ingin mendownloadnya? Di beberapa kalangan, hal itu dianggap tidak-tidak, tetapi Anda punya alasan, bukan? Begini caranya mudah dan cepat download video dari YouTube.

Ada miliaran jam video di YouTube, secara harfiah. Dan itu bukanlah statistik yang paling mencengangkan tentang situs tersebut, yang telah menjadi tujuan utama untuk mengupload dan menonton video sejak tahun 2005.

Meskipun demikian, terkadang, Anda benar-benar ingin atau perlu memiliki salah satu video tersebut di komputer atau ponsel Anda sendiri. Tetapi ketika topik mengunduh video YouTube muncul, ada subjek sampingan yang harus disinggung: Apakah itu legal?

Mengenai hak cipta, selama Anda mengunduh video untuk penggunaan offline pribadi Anda sendiri, Anda mungkin baik-baik saja.

Anda perlu mempertimbangkan persyaratan layanan Google untuk YouTube, yang berbunyi: “Anda tidak diizinkan untuk … mengakses, mereproduksi, mengunduh, mendistribusikan, mengirimkan, menyiarkan, menampilkan, menjual, melisensikan, mengubah, memodifikasi, atau sebaliknya menggunakan bagian mana pun dari Layanan atau Konten apa pun kecuali: (a) sebagaimana diizinkan secara tersurat oleh Layanan; atau (b) dengan izin tertulis sebelumnya dari YouTube dan, jika berlaku, masing-masing pemegang hak.”

Menonton video YouTube offline melalui saluran tidak resmi membutuhkan uang dari Google dan pembuat video. Ada alasan mengapa YouTube menjalankan iklan: orang mencari nafkah dengan cara ini.

Jelas, mencuri video dari YouTube adalah hal yang dilarang. Jika Anda ingin berbagi video, YouTube dan sebagian besar situs video lainnya mempermudah, dari menyematkan hingga mengirim email hingga berbagi melalui jejaring sosial. Anda tidak perlu download video hampir sepanjang waktu.

Namun, Anda punya alasan sendiri. Jika Anda harus mengunduh video YouTube (benar-benar perlu, hanya untuk diri Anda sendiri, dan bukan untuk disebarluaskan) begini caranya.

Untuk mencegah hal ini menjadi pencucian video pada daftar software dan situs yang dapat mengunduh video YouTube, kami membuat beberapa aturan untuk penyertaan. Layanan harus:

  1. Didukung Video 4K  bahkan dalam versi gratis.
  2. Bekerja dengan tiga situs video teratas:  YouTube, Facebook, dan Vimeo .
  3. Unduh seluruh playlist atau channel secara berkelompok (di YouTube), setidaknya dengan versi berbayar.
  4. Output ke MP3 untuk audio (atau tawarkan software pendamping yang melakukannya).
  5. Memiliki antarmuka yang bagus dan user friendly.
  6. Tidak mengumpulkan data pribadi  Anda di luar alamat email Anda.
  7. Tidak mengandung malware

Program, layanan, dan situs dalam cerita ini semuanya bebas dari spam / virus / masalah pada saat tulisan ini dibuat.

Software desktop

Third-party software adalah tempat Anda mendapatkan kontrol terbaik atas pengunduhan video online. Biasanya, Anda menempelkan URL untuk video YouTube yang Anda inginkan ke dalam program, dan program akan mengunduh versi kualitas tertinggi yang dapat ditemukannya. Untuk video dalam format 1080p High Definition (HD), biasanya itu adalah file MP4. Untuk kualitas yang lebih tinggi (video 4K dan bahkan 8K) format file biasanya MKV.

Dulu, video YouTube berbasis Flash, jadi unduhan Anda adalah file FLV, tetapi itu cenderung lebih sulit untuk diputar ulang. MP4, singkatan dari format multimedia MPEG-4 Part 14 , diputar di mana saja

Perhatikan bahwa file MKV, juga disebut Matroska, adalah sebuah wadah file dapat berisi video yang menggunakan sejumlah codec di dalamnya. Cara yang sangat mudah untuk memainkan semuanya adalah dengan menggunakan VLC Media Player untuk Windows, yang memainkan semuanya. (Baca lebih lanjut tentang itu di bawah.) Adapun pengunduh, berikut adalah opsi terbaik.

VLC Media Player

Gratis; Windows, macOS, Linux

Kami menyebutkan VLC Media Player di atas karena ini adalah alat yang fantastis untuk pengguna Windows yang memutar hampir semua media yang pernah dibuat. Ternyata, ia juga memiliki kemampuan untuk download video YouTube, meski dengan cara yang berbelit-belit. (Jika Anda mengalami masalah dengannya, Anda mungkin perlu menginstal ulang VLC sepenuhnya dan menghapus cache Anda agar ini berfungsi.)

Salin URL dari video YouTube, lalu buka VLC. Dari menu Media pilih Open Network Stream (Ctrl + N) dan tempel di URL. Klik Play. Saat video diputar, buka Tool > Codec Information. Ada kotak di bagian bawah bernama “Source” copy URL yang Anda temukan di kotak itu.

Cara Download Video YouTube dari Software VLC - katalogue.id
Cara Download Video YouTube dari Software VLC

Kembali ke browser Anda dan tempel URL (ini adalah alamat web sementara dan pada akhirnya akan kedaluwarsa) di address bar dan mulai putar video. Saat Anda melihat video di browser, Anda akan melihat opsi untuk download file untuk disimpan secara lokal.

Cara Download Video YouTube dari Software VLC

Namun, tampaknya VLC hanya akan menyimpan file Anda di resolusi 1080p dan tidak lebih tinggi, meskipun sumber di YouTube tersedia dalam 1440p atau 2160p (alias 4K). Itu juga tidak akan mengonversi video ke format lain. Untuk mendapatkan opsi tersebut, Anda memerlukan perangkat lunak desktop pada halaman selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0