Google Cendekia (Google Scholar)
in

Cara Mudah Membuat Akun Google Scholar?

Katalogue.id – Buat kamu yang sedang bergelut dengan skripsi/tesis dan karya ilmiah lain, bisa menjadikan Google Scholar sebagai referensi.

Google Cendekia adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Diluncurkan pada tahun 2004, indeks Google Cendekia mencakup jurnal-jurnal daring dari publikasi ilmiah.

Dari Google Scholar ini kita memang bisa melakukan pencarian beberapa publikasi ilmiah seperti artikel jurnal, artikel prosiding, buku, skripsi/tesis, dan sebagainya dari berbagai disiplin ilmu sebagai rujukan.

Lalu bagaimana cara membuat akun Google Scholar? Berikut penjelasannya.

Google Scholar
Google Scholar

Kegunaan Google Scholar

Bagi para akademisi, Google Scholar atau Google Cendekia yang diluncurkan Google tahun 2004 ini memang banyak kegunaannya. Selain bisa dipakai untuk media pencarian beberapa publikasi ilmiah, Google Scholar juga bisa digunakan oleh para peneliti untuk mengevaluasi dan melihat siapa yang telah mensitasi artikelnya.

Kegunaan lain dari Google Scholar adalah bisa dijadikan tolak ukur prestasi dosen atau akademisi dalam mengembangkan karya ilmiahnya.

Google Scholar sendiri bekerja ketika ada pengguna yang memasukkan keyword atau kata kunci di kolom pencarian.

Dari sini Google Scholar akan menyaring dan mendeteksi artikel atau tulisan ilmiah dari sumber terpercaya seperti situs universitas, perpustakaan, serta jurnal ilmiah.

Baca juga: Panduan Buat Akun Google Scholar dan Cara Gunakannya

Cara Membuat Akun Google Scholar

Dari banyaknya manfaat yang ada maka banyak akademisi yang mulai menggunakan Google Scholar.

Menariknya lagi untuk menggunakan Google Scholar ini bisa dilakukan dengan mudah dan waktu yang cepat.

Namun sebelum melakukan proses pembuatan, kamu diharuskan untuk memperhatikan syarat dan kebutuhan pendukung seperti menyiapkan data diri dan memutuskan bidang keilmuan.

Setelah itu kamu sudah bisa memulai pembuatan akun Google Scholar dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pertama, kamu perlu menyiapkan email pribadi yang akan didaftarkan dengan rekomendasi email ber-domain ac.id, .org atau .com. Rekomendasi email ini memang disarankan agar bisa meyakinkan mesin google bahwa kamu merupakan akademisi dari suatu Universitas ataupun Akademi.
  2. Setelah itu buka alamat situs Google Scholar di https://scholar.google.co.id/, dengan terlebih dulu login melalui akun google. Lalu, pilih tombol ‘My profile’ di bagian layer kiri atas.
  3. Nantinya akan muncul tampilan dengan lima koloman isian yang harus kamu isi. Beberapa data yang perlu diisi antara lain nama lengkap, nama instansi, bidang keilmuan yang ditekuni, alamat email yang terafiliasi dengan Universitas atau Perusahaan dan juga alamat website (tidak wajib).
  4. Selanjutnya, lengkapi tahapan pembuatan dengan ceklis ‘Make my profile public’ untuk membuat karya publikasi yang bisa dilihat dan dinikmati semua orang
  5. Terakhir, kamu akan dibawa ke halaman profil dan mengharuskan untuk melengkapi foto diri hingga latar belakang tampilan akun Google Scholar.

Itulah informasi mengenai cara membuat akun Google Scholar yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Dari penjelasan di atas maka kamu tak perlu ragu lagi untuk membuat akun Google Scholar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0