cara mudah membuat barcode sendiri di laptop dan HP.
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Cara Mudah Membuat Barcode Sendiri di Laptop dan HP

Inilah Cara Membuat Barcode yang Berguna Untuk Bisnis Anda

Katalogue.id – Inilah cara mudah membuat barcode sendiri di laptop dan HP. Barcode adalah sekumpulan kode yang berbentuk garis. Masing-masing ketebalan garisnya berbeda sesuai dengan karakter yang diwakilkannya.

Barcode ini biasanya akan ditempelkan di label dan kemudian ditempelkan di produk yang akan diwakilinya. Ataupun dicetak langsung pada produknya untuk mengidentifikasikan produk tersebut.

Informasi yang terdapat barcode tersebut dapat berupa nomor seri, nomor model, kode produksi, nomor identitas dan lain-lainnya sehingga dapat dengan mudah dan cepat diidentifikasikan oleh sistem komputer.

Untuk dapat membaca dan menterjemahkan kode-kode batang ini ke karakter yang dikenal oleh manusia atau sistem komputer, kita memerlukan alat yang biasanya kita sebut dengan Barcode Scanner.

Saat ini juga terdapat banyak aplikasi smartphone (ponsel pintar) yang dapat membaca atau menterjemahkan barcode ini melalui kameranya.

Cara Membuat Barcode Sendiri di HP

cara mudah membuat barcode sendiri di laptop dan HP.
Cara mudah membuat barcode sendiri di laptop dan HP. Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Bagi Anda yang menggunakan smartphone, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi membuat barcode. Tentu saja aplikasi berikut ini sangat mudah digunakan dan tidak ribet. Dikutip dari localstartupfest.id, berikut langkah atau cara membuat barcode di HP.

Install Aplikasi Barcode Generator

Untuk aplikasi pembuat barcode yang akan kita gunakan disini adalah Barcode Generator. Anda bisa download dan install aplikasi pembuat barcode di android ini lewat playstore.

Barcode Generator ini dipilih karena disamping mendapat rating paling tinggi, ukurannya juga kecil sehingga tidak akan memberatkan HP Anda. Barcode juga memiliki antarmuka yang simpel danmudah dipahami.

Jalankan Aplikasi Barcode Generator

Setelah proses install selesai, buka aplikasinya dan pilih atau tekan tanda + yang berada dilingkaran merah. Selanjutnya pilih ADD CODE.

Pilih Jenis Barcode

Terdapat banyak pilihan jenis barcode yang ditawarkan di dalam aplikasi Barcode Generator. Mulai dari QR Code, DataMatrix, Aztec Code, Codabar, Code39, Code128,dll.

Kemudian lengkapi data-data informasi yang akan dimasukkan dalam barcode.

Gambar Barcode Siap Disimpan

Gambar barcode yang sudah jadi bisa Anda simpan dalam format jpg atau png. Selain itu Anda juga bisa langsung menshare barcode yang sudah jadi tersebut ke whatsapp, line, facebook, atau aplikasi lainnya.

Cara Membuat Barcode Sendiri di Laptop/PC

Inilah cara membuat barcode sendiri di laptop dan HP. Tidak hanya barcode biasa, anda juga bisa bikin jenis lain seperti QR Code, Code 39, Code 128, dan lain sebagainya. Banyak layanan garcode generator online yang bisa anda gunakan.

Berikut ini langkah atau cara membuat barcode di laptop atau PC, yuk simak!

  • Buka www.barcode-generator.org
  • Selanjutnya silahkan pilih jenis barcode yang ingin anda buat di menu Create Free:
  • Berikutnya, silahkan ini data yang diperlukan untuk barcode yang ingin anda buat.
  • Terakhir, silahkan klik tombol Create QR Code.
  • Selesai.

Cara Membuat Barcode Sendiri di Excel

Selain bisa dibuat dari HP atapun melalui barcode generator, perlu Anda ketahui bahwa barcode juga bisa dibuat di Excel. Barcode buatan Microsoft Excel ini juga dapat langsung dicetak dan ditempel di barang Anda. Seperti ini langkah atau cara membuat barcode di excel yang mudah dilakukan.

  1. Masuk ke link IDautomation.com dan pilih menu “Font Tools” yang ada di homepage
  2. Cari menu “Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word”, lalu klik tombol merah dengan tulisan “Download”
  3. Simpan file yang diunduh ke komputer dan buka file dengan nama “Barcodefunctions.zip” untuk diekstrak di komputer Anda
  4. Buka Microsoft Excel, lalu pilih menu “Tools” di toolbar atas, kemudian cari menu “Macro” dan pilih “Visual Basic Editor”
  5. Klik menu “File” di toolbar atas, selanjutnya cari dan pilih menu “Import File”
  6. Buka browser untuk menavigasi Anda ID Automation yang sudah didownload. Cari file makro bernama “IDautomation.bas” dan buka di browser. Setelah itu, file akan ditambahkan di folder “Modules” yang ada di Excel
  7. Keluar dari Editor Visual Basic, masuk kembali ke workbook yang kosong. Uji barcode Anda dengan cara mengetik nomor di sel A1. Di sel sebelahnya, ketik fungsi barcode
  8. Ketik “=Code128(A1)” di sel B2 dan tekan “Enter” setelah Anda selesai memberi kode pada data
  9. Pilih sel B2, dan masuk ke pilihan font lalu cari ID otomatisasi font dan pilih salah satunya
  10. Barcode akan ditampilkan pada sel B2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0