Ini cara pindah faskes BPJS kesehatan online melalui aplikasi mobile
Photo by Pixabay on Pexels.com
in

Ini Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online Melalui Aplikasi Mobile

Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online? Begini caranya

Katalogue.id – Ini cara pindah faskes BPJS kesehatan online melalui aplikasi mobile. Fasilitas kesehatan (faskes) merupakan tempat berobat yang diprioritaskan bagi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan pilihan saat mendaftar program tersebut.

Peserta BPJS Kesehatan terlebih dahulu harus berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Jika diperlukan penanganan lebih serius bisa dirujuk ke faskes tingkat selanjutnya. . Faskes bisa berupa rumah sakit, puskesmas atau klinik.

Bagi Anda peserta BPJS Kesehatan yang ingin pindah faskes baik untuk mendapatkan penanganan lebih serius atau karena pindah domisili sekarang tidak perlu mendatangi langusng kantor BPJS Kesehatan.

Karena proses pindah faskes sudah bisa dilakukan secara online yaitu melalui aplikasi Mobile JKN.

Syarat Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Ini cara pindah faskes BPJS kesehatan online melalui aplikasi mobile
Ini cara pindah faskes BPJS kesehatan online melalui aplikasi mobile. Photo by Suzy Hazelwood on Pexels.com

Syarat utama yang wajib dipenuhi seseorang jika ingin pindah faskes yakni harus aktif menjadi anggota BPJS Kesehatan minimal tiga bulan. Apabila belum memenuhi persyaratan tersebut, Anda tidak akan diperbolehkan untuk pindah faskes.

Meski begitu, perubahan faskes tetap dapat dilakukan meski peserta belum terdaftar selama 3 bulan dengan kondisi berikut:

  • Peserta BPJS pindah domisili dengan melampirkan surat keterangan domisili
  • Peserta BPJS dalam penugasan dinas atau pelatihan dengan melampirkan surat keterangan

Selain itu ada beberapa dokumen wajib yang perlu disiapkan saat mengganti faskes baru adalah sebagai berikut:

  • KTP yang masing berlaku
  • Kartu peserta BPJS Kesehatan
  • Kartu Keluarga
  • Bukti bayar sampai bulan pelaporan jika ingin pindah kelas
  • Bagi PNS, TNI, POLRI, serta Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) perlu menyertakan daftar kolektif gaji
  • Fotokopi buku rekening apabila ingin pindah dari kelas 3 menjadi kelas 1 atau 2

Langkah Daftar Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan

Sebelumnya untuk bisa mengganti faskes BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi JKN, Anda harus terlebih dahulu mendownload lalu mendaftarkan data diri Anda di aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download aplikasi BPJS Kesehatan dari Google Play Store
  • Setelah aplikasi terpasang kemudian jalankan lalu pilih tombol Pendaftaran Pengguna Mobile.
  • Isi form dengan nomor kartu BPJS, nomor ktp, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor hp dan password salah satu anggota keluarga yang sudah terdaftar
  • Lalu pilih tombol Register
  • Melakukan verifikasi, pilih OKE lalu cek email masuk kemudian masukan kode verifikasi yang diterima lalu pilih tombol Verify.
  • Jika verifikasi berhasil maka Anda sudah bisa login dengan alamat email atau no kartu BPJS dan password yang tadi dibuat.

Cara Pindah Faskes BPJS Online

Setelah terdaftar Anda pun sudah bisa melakukan perpindahan faskes yang diinginkan secara online melalui aplikasi JKN BPJS Kesehatan. Berikut cara pindah faskes bpjs online yang dikutip dari cermati.com:

  1. Masuk/log in ke aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Anda
  2. Pilih menu Ubah Data Peserta.
  3. Pilih nama peserta yang akan pindah faskes.
  4. Setelah muncul jendela pop up bertuliskan Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama, isi data sesuai dengan yang ingin diubah.
  5. Jika berhasil maka akan ada notifikasi bahwa data berhasil diubah serta informasi mulai berlakunya faskes baru.

Selain pindah faskes, aplikasi JKN BPJS Kesehatan juga bisa digunakan untuk membayar tagihan BPJS Kesahatan, fitur lokasi, screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, pengaduhan keluhan dan masih banyak lagi.

Fitur Baru di Aplikasi Mobile JKN

Semakin canggih, aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan telah memiliki 6 fitur baru yang sudah bisa digunakan oleh para peserta BPJS Kesehatan. Berikut 6 fitur baru tersebut:

  1. Obat ditanggung: Menampilkan daftar obat-obat yang ditanggung BPJS.
  2. Program relaksasi tunggakan: Fitur pengajuan untuk mendapatkan keringanan dalam membayar iuran bagi peserta yang telah menunggak lebih dari enam bulan.
  3. Jadwal tindakan operasi: Menampilkan informasi mengenai jadwal tindakan operasi bagi peserta.
  4. Ketersediaan tempat tidur: Fitur untuk melihat ketersediaan tempat tidur atau ruang rawat inap.
  5. Konsultasi dokter: Fitur untuk memudahkan peserta melakukan komunikasi ke dokter di tempat fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) terdaftar. Fitur ini dikeluarkan untuk mendukung penerapan physical distancing selama pandemi.
  6. Skrining mandiri Covid-19: Fitur terbaru untuk memberikan panduan bagi peserta dalam memantau kondisi kes ehatannya dengan melihat gejala- gejala penularan Covid-19.

Dengan tambahan fitur baru ini, Anda sebagai peserta sudah bisa melakukan banyak hal terkait kesehatan, pengobatan dan informasi fasilitas kesehatan dalam satu aplikasi dan lebih efektif.

Alasan Peserta BPJS Pindah Faskes

Setiap peserta memang memiliki hak untuk pindah faskes. Namun, BPJS Kesehatan hanya memberi satu kali kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengganti faskes. Oleh karena itu, penting dalam mempertimbangkan dan memilih faskes yang sesuai. Sebab, di masa mendatang peserta tidak diperbolehkan untuk pindah faskes lagi.Berikut berbagai macam alasan yang membuat peserta ingin pindah ke faskes baru yang barangkali juga Anda rasakan.

  • Peserta merasa fasilitas kesehatan tingkat pertama yang sudah dipilihnya kurang tepat ataupun tidak sesuai dengan ekspektasinya.
  • Fasilitas kesehatan yang menjadi pilihan tidak menyediakan sejumlah fasilitas dan alat kesehatan yang mumpuni. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan dengan yang diharapkan peserta tersebut.
  • Peserta merasa tidak memperoleh pelayanan yang baik dan memuaskan di faskes yang sudah dipilih.
  • Faskes yang dipilih peserta memiliki jarak terlalu jauh dari domisili, sedangkan ada faskes lain yang letaknya lebih dekat dengan rumah.
  • Ada kondisi di mana peserta harus pindah rumah. Hal ini menyebabkan jarak faskes dengan domisili menjadi jauh.

Bagi Anda yang ingin mengubah fasilitas kesehatan (faskes), Anda tidak perlu bingung lagi. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, proses pergantian faskes Anda dapat berjalan dengan mudah dan tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0