Ini syarat pindah domisili KTP dan KK secara online.
Photo by Ketut Subiyanto on Pexels.com
in

Ini Syarat Pindah Domisili KTP dan KK Secara Online

Membahas tentang bagaimana dan syarat untuk pindah domisili

Katalogue.id – Ini syarat pindah domisili KTP dan KK secara online. Seiring dengan perkembangan zaman, cara mengurus surat pindah domisili pun kini makin mudah dan para pemohon tidak perlu lagi bolak-balik.

Apabila dulu, permohonan urusan resmi seperti pindah domisili bisa lebih melelahkan ketimbang proses pindahnya itu sendiri. Anda harus pulang pergi ke tempat tujuan dan tempat asal hanya untuk mengurusi beberapa dokumen untuk syarat pindah domisili saja.

Tenaga yang dikeluarkan makin besar dan ongkos yang diperlukan pun makin membengkak. Belum lagi soal birokrasi yang sudah bikin urusan pindah domisili makin repot dan membuat stres sejak pertama kali mengantre.

Untungnya, kini pemerintah yang sudah berkomitmen untuk memangkas alur birokrasi telah semakin memudahkan masyarakatnya. Hasilnya, cara mengurus surat pindah domisili pun kini makin mudah prosesnya dan hasilnya jadi jauh lebih cepat.

Syarat Surat Pindah Domisili

Ini syarat pindah domisili KTP dan KK secara online.
Ini syarat pindah domisili KTP dan KK secara online. Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels.com

Syarat mengurus surat pindah domisili yang dibutuhkan saat ini sebetulnya tak terlalu berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja, saat ini proses birokrasinya sudah jauh lebih mudah dan lebih singkat.

Secara umum, syarat membuat surat pindah domisili memerlukan beberapa dokumen seperti:

  • KTP asli dan salinannya
  • KK asli dan salinannya
  • 3 lembar foto ukuran 3×4
  • Surat pengantar pindah dari RT/RW setempat
  • Surat pengantar pindah yang distempel Lurah dan Camat

Satu syarat pindah domisili lainnya bersifat opsional namun ada baiknya disiapkan juga yaitu beberapa buah pas foto berukuran 3 x 4 dan 4 x 6 sebagai cadangan.

Cara Mengurus Surat Pindah Domisili

Ini syarat pindah domisili KTP dan KK secara online. Pengurusan surat pindah ini dilakukan untuk mengganti database yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Data di Disdukcapil yang berubah ini, akan secara otomatis mengganti pula data di KK dan KTP.

Dikutip dari 99.co berikut ini cara mengurus surat pindah domisili online, yuk simak!

Mempersiapkan Segala Berkasnya

Cara mengurus surat pindah domisili yang pertama tentu saja dengan melengkapi berbagai dokumen syarat yang dibutuhkan. Jangan sampai ada syarat yang hilang atau ketinggalan karena nantinya pasti akan sangat merepotkan.

Selain itu, tentunya akan membuat cara mengurus surat pindah domisili yang ditempuh semakin terulur. Jangan lupa juga fotokopi atau buatlah beberapa lembar salinan dari syarat mengurus surat pindah utama yang diperlukan sebagai cadangan.

Meminta Surat Pengantar Kepada RT/RW Setempat

Setelah semua syarat bikin surat pindah disiapkan, Anda bisa langsung menuju ke rumah RT/RW di lingkungan tempat tinggal. Di sana, Anda bisa meminta surat pengantar pindah alamat KTP dari tempat asal ke tempat tujuan.

Anda akan diminta untuk menyerahkan berkas-berkas yang sebelumnya telah dipersiapkan sebagai syarat untuk mendapatkan surat pengantar pindah alamat KTP. Sebetulnya prosedurnya cukup mudah, tak berbelit-belit dan tak ada biaya apapun yang harus dikeluarkan.

Mengurus Ke Kelurahan, Kecamatan, hingga Kantor Disdukcapil

Setelah mendapatkan surat keterangan pindah alamat KTP dari RT/RW, Anda bisa langsung meneruskan prosesnya. Anda perlu menuju ke kelurahan, kecamatan, hingga ke kantor disdukcapil setempat untuk menyelesaikan pengurusan pindah rumah.

Di sana, Anda akan diminta untuk menyerahkan syarat-syarat dan kemudian mengisi formulir permohonan pindah yang telah disediakan. Dari Desa, Anda masih harus pergi ke kantor kecamatan untuk meminta tanda tangan pada surat pindah rumah yang dibawa dari Desa.

Kemudian, Anda bisa langsung menuju Disdukcapil yang akan menerbitkan surat keterangan pindah domisili.

Mengurus Surat Pindah di Alamat Tujuan

Prosedur dan cara urus surat pindah masih belum selesai sampai di sini. Selanjutnya, Anda masih perlu mengurus surat pindah di alamat tujuan agar rampung.

Secara umum, tahapannya masih sama dengan cara mengurus surat pindah domisili dari tempat asal.

Hanya saja, kali ini Anda perlu menyerahkan syarat pindah domisili tambahan berupa fotokopi KTP dan izin tetangga terdekat dari rumah atau KTP kepala rumah tangga (bila menumpang).

Mengurus Surat Pindah Domisili ke Disdukcapil di Alamat Tujuan

Cara mengurus surat pindah domisili yang terakhir ini, Anda masih harus menyelesaikan beberapa urusan. Anda perlu mengisi formulir permohonan pindah datang yang harus ditandatangani olehmu dan kepala desa setempat.

Kemudian, formulir akan diteruskan ke kelurahan lalu ke kecamatan dan terakhir ke disdukcapil.

Di sini kepala dinas disdukcapil akan mengeluarkan surat keterangan pindah datang yang sekaligus menjadi tanda berakhirnya cara mengurus surat pindah domisi ini.

Manfaat Surat Pindah Domisili

Surat pindah ini tidak hanya berlaku untuk data kependudukan saja, melainkan juga untuk urusan administrasi lainnya. Beberapa urusan semisal Pemilu dan urusan finansial pasti membutuhkan data domisili terbaru dan sesuai dengan tempat tinggal saat ini.

Itulah kenapa pengurusan surat pindah ini akan sangat berpengaruh pada banyak hal termasuk juga data KTP serta Kartu Keluarga.

Beberapa urusan penting yang membutuhkan surat pindah domisili di antaranya yaitu:

  • Pembuatan akta kelahiran
  • Pengurusan pernikahan
  • Proses jual beli rumah
  • Urusan dengan perbankan
  • Serta urusan legal lainnya

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0