Inilah fakta dan cara menggunakan instagram Reels si pesaing Tiktok.
Photo by freestocks.org on Pexels.com
in

Inilah Fakta dan Cara Menggunakan Instagram Reels si Pesaing Tiktok

Cara pakai reels instagram, persaingan tiktok dan instagram

Katalogue.id – Inilah fakta dan cara menggunakan instagram Reels si pesaing Tiktok. Instagram merilis fitur baru video pendek yang menyerupai aplikasi milik China, TikTok. Fitur Instagram pesaing baru TikTok ini dinamai Reels.

Reels memungkinkan pengguna membuat video pendek yang digabungkan dengan musik pilihan dan kemudian dapat dibagikan kepada teman, atau pengikut. Video Reels dapat terekam hingga 15 detik serta ada pilihan menambahkan filter dan efek.

Mengutip laporan lifehacker, Reels tidak sama dengan fitur Instagram Stories. Banyak perbedaan di dalamnya.

Reels menawarkan berbagai fitur pengeditan, efek, kontrol kecepatan untuk mempercepat atau memperlambat audio dan video, dan kemampuan untuk menyelaraskan banyak klip untuk transisi yang lebih bersih.

Selain itu hasil kreasi pengguna fitur reels juga dapat dibagikan sehingga orang yang tidak menjadi pengikut Anda dapat melihatnya. Ini menjadi keuntungan bagi orang yang sedang membangun pengikut.

Apa itu Reels Instagram

Inilah fakta dan cara menggunakan instagram Reels si pesaing Tiktok
Inilah fakta dan cara menggunakan instagram Reels si pesaing Tiktok. Photo by jurnalposmedia.com

Reels adalah fitur video terbaru dari Instagram yang sudah hadir di 50 negara. Tahun lalu Reels diujicobakan di Brazil dan sekarang secara resmi ‘dibuka’ untuk beberapa negara. Pasti lama-kelamaan semua negara di dunia bisa menggunakan fitur ini.

Sama seperti TikTok, pengguna Instagram bisa merekam dan mengedit video berdurasi 15 detik. Anda bisa menambahkan lagu, berbagai efek, dan membagikannya di Story, laman explore, dan tab Reels baru di dalam profil pengguna.

Reels juga punya versi sendiri yang diberi nama For You Page: Feed Explore Reels yang baru. Anda bisa juga menemukan feed khusus Reels dalam laman explore. Di sini Anda bisa melihat video reels yang sedang populer dan trending.

Cara Menggunakan Reels

Reels akan membantu user untuk membuat dan mengunggah video pendek yang bisa diedit dan diubah suaranya. Instagram menawarkan set peralatan edit, seperti countdown timer, pengatur kecepatan, dan berbagai fitur untuk membuat konten yang kreatif.

Inilah cara menggunakan reels, yuk simak!

  1. Buka kamera Instagram
  2. Pilih Reels di bawah scroll bar
  3. Pilih beragam peralatan edit di sebelah kiri layar
  4. Pakai tombol perekam untuk membuat klip, lalu Anda juga bisa melihat videomu sudah berapa lama, kok.
  5. Edit atau tekan tombol panah untuk langsung mengunggahnya.

Catatan: Anda bisa menulis caption, memberi foto cover, dan hashtag juga.

Fakta Reels Instagram

Pada dasarnya Reels sangat mirip dengan Tiktok, hanya ini dibangun di dalam platform Instagram. Instagram Reels yang hadir sebagai pesaing TikTok ini memungkinkan penggunannya untuk membuat video singkat yang dapat dikostumisasi.

Kostumisasi tersebut bisa mulai dari audio dan musik, video, hingga efek filter. Dikutip dari laman rukita.co inilah fakta reels instagram.

Meningkatkan Engagement Rate

Reels hadir di dalam Instagram jadi nggak usah unduh aplikasi baru, ya. Instagram sendiri merupakan aplikasi paling populer untuk Millenial dan Gen Z. Berhubung pengguna personal dan bisnis minatnya sudah tinggi maka merek-merek bisnis kemungkinan besar memanfaatkan engagement rates tinggi pada Reels.

TikTok sendiri merupakan salah satu media sosial dengan engagement rates tinggi. Fungsi keduanya berbeda, karena Instagram termasuk aplikasi sosial sementara TikTok adalah aplikasi media. Reels sendiri akan menjadi alat tambahan saja bagi Story dan video Instagram.

Bedanya platform media dan platform sosial itu apa? Platform sosial seperti Instagram adalah platform yang dipakai untuk memberi kabar atau update bagi teman. Sedangkan TikTok bukan bertujuan untuk update, namun 100% memberi hiburan.

Adanya Fitur Edit

Anda bisa menambahkan lagu dari library musik Instagram ataupun memakai audio original. Untuk memakai audio original, rekam saja menggunakan Reels. Orang lain juga bisa memakai audiomu kalau akunmu merupakan akun publik dengan memilih “Pakai audio”.

Ada beberapa efek gambar juga seperti AR Effect yang sering dipakai oleh para pembuat konten. Anda bisa merekam konten-mu hands free dan memasang timer dalam tool Timer dan Countdown.

Agar transisi adegan halus, Anda juga bisa memakai fitur Align. Anda pun bisa mengatur kecepatan video dan audio.

Alasan Instagram Membuat Fitur Reels

Reels menjadi jawaban atas popularitas TikTok yang merupakan aplikasi paling diunduh pada kuartal 1 2020. Demografi TikTok kini tak hanya didominasi oleh Gen Z saja, karena Millenial kini juga menjadi pengguna terbesarnya. FYI, hal ini membuat banyak perusahaan suka beriklan di sini.

Nggak kaget, lah, kalau Instagram ingin mereplikasi fitur populer TikTok, apalagi Instagram lebih superior dan memiliki pengguna lebih banyak. Ini juga bukan pertama kali Facebook (perusahaan induk Instagram) membuat alternatif TikTok.

Dulu ada Lasso, sebuah replika TikTok berupa aplikasi tersendiri namun gagal. Reels memiliki potensi lebih besar karena berada di dalam Instagram sehingga orang tidak perlu menambah aplikasi lagi.

IGTV sudah tersedia untuk fitur video lebih panjang, kini Reels bisa jadi alternatif video pendek yang nggak akan hilang dalam waktu 24 jam.

Pakai Reels untuk Usahamu

Kalau sudah memanfaatkan semua fitur Instagram secara maksimal untuk marketing medsos, Anda harus siap-siap dengan Reels. Reels bisa menjadi cara baru dan seru untuk menumbuhkan komunitas dan mengembangkan reach audience di Instagram.

Walau Reels masih baru (dan pasti terus berkembang), fitur ini menyediakan tempat bagi kreator dan bisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Beberapa pembuat konten di negara yang sudah bisa memakai Reels mengatakan bahwa engagement akunnya meningkat sejak memanfaatkan Reels.

Sambil menunggu Reels hadir di Indonesia, Anda bisa menyiapkan berbagai konten dulu. Coba rancang konten autentik yang pas bagi target penontonmu. Kemudian buatlah konten yang informatif dan edukatif.

Pamerkan juga barang jualanmu, karena orang sekarang kian sering belanja online. Kalau siap dari sekarang, Anda bisa mendahului pesaing.

Laman For You Page Akan Meningkatkan Kualitas Explore

TikTok memiliki algoritma berbeda dari Instagram. Mereka memiliki “For You Page” dan “Discover” yang beda dari Explore. TikTok menampilkan konten baru dan relevan bagi selera pengguna masing-masing. Dikombinasikan dengan Explore maka algoritma Instagram akan semakin baik sekali.

Instagram sangat baik untuk dimanfaatkan untuk memamerkan personal brand dan menghubungkannya dengan teman dan keluarga. Algoritma ini jadi sangat kuat juga untuk mengiklankan barang.

Kombinasi ini akan memberikan kesempatan bagi bisnis dan creator untuk ditemukan orang-orang yang bukan teman mereka namun satu selera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0