Internet Lancar, Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi.
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com
in

Internet Lancar, Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Memperkuat Sinyal Wifi dengan Berbagai Cara

Katalogue.id – Internet lancar, ini cara memperkuat sinyal WiFi. Internet kini seakan-akan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat, terutama yang berada di kota. Bagaimana tidak, hampir semua aktivitas yang kita lakukan membutuhkannya.

Mulai dari mengerjakan pekerjaan kampus atau kantor, mencari informasi, hingga untuk menghubungi orang lain. Banyak orang yang memilih menggunakan WiFi untuk kebutuhan internet. Keunggulan dari WiFi adalah Anda bisa mengakses internet tanpa batasan kuota.

Namun terkadang saat menggunakan jaringan yang tersedia di tempat umum, kecepatannya kurang bagus. Wajar saja, banyak orang yang memakainya. Adapun beberapa peralatan teknologi yang dapat memakai WiFi di antaranya komputer, smartphone, tablet, dan pemutar audio digital.

Peralatan teknologi ini mampu terhubung dengan sumber jaringan internet melalui jaringan nirkabel. Melalui WiFi setiap orang dengan mudah mengakses jaringan internet.

Penyebab Sinyal WiFi Lambat

Hampir semua aktivitas sehari-hari kini tidak lepas dari peran wifi. Saat jaringan wifi lambat, hal ini dapat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Inilah penyebab sinyal WiFi lambat, yuk simak!

Internet Lancar, Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi.
Internet Lancar, Ini Cara Memperkuat Sinyal WiFi. Photo by cottonbro on Pexels.com

Posisi Router Bermasalah

Salah satu penyebab jaringan Wifi lambat ialah posisi router yang tidak sesuai. Pasalnya, router tidak boleh diletakkan dengan sembarangan, seperti di ruangan tertutup, lantai, dalam ruangan tertutup dan dekat dengan barang elektronik lainnya.

Penempatan router yang tidak sesuai tersebut dapat menyebabkan jaringan Wifi menjadi lambat.

Kabel LAN Terputus

Penyebab jaringan Wifi lambat berikutnya ialah kabel LAN terputus. Sehingga sebelum menggunakan jaringan internet ini, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kondisi kabel LAN.

Pastikan kebel LAN sudah terpasang dengan baik, sehingga tidak mengganggu kekuatan sinyal Wifi yang diterima.

Terlalu Banyak Pengguna Wifi

Salah satu penyebab Wifi lambat yang paling umum terjadi ialah terlalu banyak pengguna Wifi. Kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kecepatan internet.

Beberapa tempat yang sering menjadikan jaringan Wifi lambat seperti di tempat umum, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Banyak orang lebih memilih menggunakan jaringan WiFi dibandingkan koneksi lainnya. Ini dipilih karena jaringan WiFi biasanya memiliki kuota dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan koneksi data seperti dari sim card.

Disaat pengguna WiFi terlalu banyak, terkadang berpengaruh sekali dengan koneksi internet yang Anda pakai dan menyebabkan lambat atau lemot. Dikutip dari qwords.com inilah cara memperkuat sinyal WiFi yang bisa Anda coba.

Menggunakan Router Versi Terbaru

Jika sinyal WiFi Anda sudah mulai lemah, bisa jadi penyebabnya adalah router yang dipakai sudah ketinggalan zaman. Teknologi yang dipakai pada router WiFi biasa ditulis dengan tipe A, B, G dan N.

Pastikan saat membeli router Anda sudah support dengan teknologi versi terbaru dan tercepat yaitu dengan tipe N. Tipe ini menjelaskan tentang teknologi hardware yang digunakan dalam komponen WiFi. Jadi solusi utama adalah upgrade perangkat jaringan WiFi.

Memindahkan Lokasi Router

Dalam hal pemasangan router, Anda tidak bisa meletakan pada tempat yang sembarangan. Pastikan router berada pada lokasi yang lebih terbuka dengan minim penghalang. Anda bisa meletakannya pada ruang tengah, meja, dinding, langit-langit atau tempat yang memiliki lokasi terbaik.

Agar lebih jelasnya Anda bisa melihat pada gambar diatas. Jika sinyal WiFi menabrak tembok atau suatu penghalang, pasti kekuatan sinyal akan berkurang sehingga jangkauannya menjadi lebih pendek.

Menjauhkan Router Dari Perangkat Elektronik

Tahukah Anda bahwa perangkat elektronik ternyata dapat mempengaruhi kekuatan sinyal WiFi. Jadi Anda perlu menjauhkan dari perangkat elektronik seperti microwave, TV, spekaer, radio, telepon wireless dan sebagainnya.

Untuk itu Anda bisa meletakan pada lokasi yang jauh dari perangkat elektronik tersebut karena bisa melemahkan sinyal WiFi.

Meng-update Firmware

Firmware ini seperti program yang ada pada computer dan smartphone Android. Perangkat hardware yang tidak memiliki firmware tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Untuk itu saat ada informasi update firmware terbaru, Anda bisa langsung segera untuk melakukan update, karena ini sebagai solusi untuk mengatasi beberapa permasalahan dan bug yang terjadi pada firmware versi sebelumnya.

Melakukan Kontrol Bandwidth

Ada beberapa penyedia layanan internet yang memberikan FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar. Jadi saat sudah mencapai batas FUP, kecepatan koneksi internet akan berkurang dengan sendirinya.

Untuk itu Anda bisa melakukan pembatasan bandwidth sehingga koneksi internet Anda tidak semakin lambat. Dengan mengontrol bandwidth secara baik maka koneksi internet melalui jaringan WiFi akan tetap cepat aksesnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0