Ini cara download mp3 dari youtube.
Photo by Kaboompics .com on Pexels.com
in

Mudah! Ini Cara Download MP3 dari Youtube

Simak Cara Mudah Download Musik MP3 dari Youtube

Katalogue.id – Mudah! Ini cara download mp3 dari youtube. Perlu Anda ketahui bahwa YouTube kini telah menjadi platform andalan orang-orang untuk mendapatkan beragam konten video menarik.

Mulai dari video musik/lagu, tutorial, berita, trailer film, hingga podcast dari seluruh mancanegara bisa Anda temukan dengan mudah dan cepat di platform ini.

Sejak diluncurkan 14 tahun silam, YouTube menjadi platform andalan para kreator konten dalam memamerkan hasil karyanya. Salah satu konten yang laris manis “dijual” di situs tersebut adalah musik. 

Ketika Anda menemukan konten yang sangat menarik di YouTube. Seperti misalnya lagu daerah yang sulit ditemukan di platform lain, tentunya hal ini akan memicu Anda untuk mengunduh konten tersebut ke dalam format Mp3 agar bisa didengarkan kapanpun lewat perangkat yang dimiliki.

Alasan lainnya, dengan melakukan pengunduhan ke dalam format MP3 Anda juga jadi bisa menghemat kuota internet jika sedang ingin secara sering membuka konten tersebut dibandingkan membukanya langsung di YouTube.

Cara Download MP3 dari Youtube

Ini cara download mp3 dari youtube.
Ini cara download mp3 dari youtube. Photo by Breakingpic on Pexels.com

Ada beberapa situasi yang membuat menonton video musik terasa kurang ideal, misalnya ketika sedang dalam perjalanan dan di tempat kerja. Oleh karena itu, sebagian orang memilih untuk mendengarkan lagu di ponsel atau aplikasi musik, seperti Spotify dan Joox.

Lalu, bagaimana jika lagu-lagu yang ingin mereka dengarkan hanya ditemukan di YouTube? Dikutip dari infokomputer.grid.id beginilah cara download mp3 dari youtube.

YTMP3

Situs ini memberikan Anda cara mudah untuk men-download video di YouTube ke dalam format MP3. Selain dalam format MP3, menariknya situs ini juga memungkinkan Anda untuk men-download video di Youtube dalam format MP4.

Berikut caranya:

  • Buka video di YouTube yang ingin di-download
  • Copy link yang ada di bagian atas layar dan pastikan semua teks ter-copy
  • Buka situs ytmp3.cc
  • Copy link tadi ke kolom yang tersedia
  • Pilih format MP3 atau MP4 untuk hasil konversi yang ingin di-download
  • Klik tombol “Convert” dan tunggu prosesnya.
  • Langkah terakhir, silakan klik tombol “Download”

x2convert

Situs rekomendasi kedua yang bisa Anda andalkan untuk men-download video di YouTube ke dalam format MP3 adalah x2convert.com. untuk cara menggunakannya, juga tidak jauh berbeda dengan menggunakan situs yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Berikut caranya:

  • Buka video di YouTube yang ingin di-download
  • Copy link yang ada di bagian atas layar dan pastikan semua teks ter-copy
  • Buka situs x2convert.com
  • Copy link tadi ke kolom yang tersedia
  • Kemudian “Get link MP3”
  • Tunggu proses konversinya dan klik tombol “Download” untuk menyelesaikannya

GO-MP3

Situs rekomendasi yang terakhir yakni GO-MP3. Secara tampilan situs, dari kedua situs rekomendasi yang sudah dijelaskan sebelumnya situs GO-MP3 ini memiliki tampilan yang lebih bagus.

Menariknya, selain mengklaim dapat melakukan konversi video YouTube ke dalam format MP3 dengan cepat, situs ini juga menjamin keamanan data pribadi dari para pengguna situs ini.

Berikut caranya:

  • Buka video di YouTube yang ingin di-download
  • Copy link yang ada di bagian atas layar dan pastikan semua teks ter-copy
  • Buka situs go-mp3.com
  • Copy link tadi ke kolom yang tersedia
  • Klik ikon “lup” atau klik “enter” untuk memproses link video Youtube tersebut.
  • Selanjutnya, klik “Download the MP3 file”

Sebagai informasi, mengkonversi video YouTube ke format MP3 tidak sepenuhnya legal ya. Pasalnya, setiap video yang diunggah ke YouTube dilindungi hak cipta dan pada dasarnya hanya diperuntukkan bagi pengguna platform tersebut.

Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan trik ini dan jangan pernah menyebar luaskan konten yang sudah di-download agar Anda tidak terkena masalah hak cipta di kemudian hari.

Alasan Tidak Bisa Download MP3 dari Youtube

Melalui aplikasi Youtube Anda bisa mengelola subscribe channel, menonton video, membuat playlist, berkomentar, menonton beberapa film, menonton live stream dan berinteraksi dengan konten YouTube original. 

Maka tak heran banyak yang menyukai aplikasi ini, karena selain untuk media hiburan juga dapat memakainya untuk media promosi bisnis. Berikut ini alasan mengapa tidak bisa download MP3 dari youtube, yuk simak!

Memori Internal Penuh

Penyebab tidak bisa mengunduh mp3 dari Youtube adalah karena memori penyimpanan internal Anda penuh, sehingga tidak bisa lagi menampung aplikasi apapun, termasuk aplikasi streaming ini.

Mungkin saja Anda tidak sadar jika sudah terlalu banyak menginstall aplikasi pada smartphone sehingga menghabiskan cukup banyak memori internal.

Koneksi Internet Lambat

Adapun penyebab lainnya adalah karena koneksi internet Anda lambat dan tidak stabil. Untuk bisa mengunduh mp3 dari YouTube membutuhkan koneksi internet yang stabil, apalagi dengan ukuran yang cukup besar.

Pastinya dengan mempercepat koneksi internet agar bisa mengunduh musik kesayangan Anda dari YouTube dengan mudah.

Kelemahan mengunduh MP3 dari YouTube

Kendati mengubah video YouTube menjadi berkas audio dengan format MP3 mudah, ada beberapa kelemahan yang perlu Anda perhatikan.

  • Kualitas audio yang dihasilkan umumnya standar dan memang pilihan formatnya hanya MP3.
  • Video musik di YouTube tak selalu berisi lagu saja. Terkadang di bagian depan atau belakang video, terdapat iklan atau pesan dari kreator yang bersangkutan. Jika diunduh ke format audio saja, bagian tersebut cenderung mengganggu pengalaman menikmati musik.
  • Cara ini tidak sepenuhnya legal. Setiap video yang diunggah ke YouTube dilindungi hak ciptanya dan pada dasarnya, hanya diperuntukkan bagi penikmat platform tersebut. Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan trik ini.

Sebisa mungkin, gunakan layanan streaming musik yang legal. Kalaupun Anda mengunduh audio dari YouTube, jangan sampai berkasnya Anda sebar luaskan. 

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0