Panduan buat akun google scholar dan cara gunakannya.
Photo by id.pinterest.com
in

Panduan Buat Akun Google Scholar dan Cara Gunakannya

Membahas Cara Buat Akun, Kekurangan dan Kelebihan dari Google Scholar

Katalogue.id – Panduan buat akun google scholar dan cara gunakannya. Google Scholar atau Google Cendekia adalah layanan untuk melakukan pencarian materi-materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi.

Dirilis dalam versi beta pada November 2004. Indeks google cendekia mencakup sebagian besar jurnal dan buku akademik online yang ditinjau sejawat, makalah konferensi, tesis dan disertasi, pracetak, abstrak, laporan teknis, dan literatur ilmiah lainnya.

Google Scholar atau Google Cendekia ini kerap digunakan oleh para mahasiswa hingga akademisi. Untuk membantu dalam pencarian sitasi skripsi hingga karya ilmiah.

Cara Buat Akun Google Scholar

Panduan buat akun google scholar dan cara gunakannya.
Panduan buat akun google scholar dan cara gunakannya. Photo by cristinabujoreanu.com

Sebelum melakukan proses pembuatan, pengguna juga harus memperhatikan syarat dan kebutuhan pendukung seperti menyiapkan data diri dan memutuskan bidang keilmuan hingga memastikan kecepatan koneksi internet yang stabil.

Dikutip dari cnnindonesia.com inilah cara buat akun google scholar, yuk ikuti langkahnya.

  1. Pengguna harus memiliki email pribadi yang akan didaftarkan, rekomendasi email yang digunakan ada baiknya menggunakan email dengan domain (ac.id, .org atau .com). Hal tersebut untuk lebih meyakinkan mesin google bahwa pengguna merupakan akademisi dari suatu Universitas ataupun Akademi.
  2. Buka alamat situs Google Scholar di https://scholar.google.co.id/, pengguna harus login melalui akun google. Kemudian, pilih tombol ‘My profile’ di bagian layer kiri atas.
  3. Akan muncul tampilan dengan lima koloman isian yang harus diisi. Keterangan yang dibutuhkan dalam pengisian adalah nama lengkap, nama instansi, alamat email yang terafiliasi dengan Universitas atau Perusahaan, bidang keilmuan yang ditekuni, serta alamat website (tidak wajib).
  4. Lengkapi tahapan pembuatan dengan ceklis ‘Make my profile public’ untuk membuat karya publikasi dapat dinikmati semua orang.
  5. Pengguna akan dibawa ke halaman profil untuk dilengkapi foto diri hingga latar belakang tampilan akun Google Scholar.

Cara Gunakan Google Scholar

Panduan buat akun google scholar dan cara gunakannya. Setelah berhasil membuat akun google cendekia, maka pengguna akan melanjutkan langkah selanjutnya dengan mulai mengunggah karya publikasi ilmiah di akun yang telah teregistrasi.

Yang perlu diperhatikan, pengguna harus menyiapkan artikel yang ingin dipublikasikan. Setelah itu, ikutilah tahap-tahap berikut dengan urut dan teliti:

  • Untuk menambahkan artikel pertama, maka pengguna perlu klik ikon ‘add’. Akan ada tiga pilihan penambahan artikel sebagai berikut:
  1. Pertama ‘add article groups’ untuk menambahkan artikel dalam kelompok yang ada nama pengguna di dalamnya
  2. Kedua ‘add articles’ untuk menambahkan artikel pribadi yang dikerjakan secara individu
  3. Ketiga ‘add article manually’ untuk menambahkan artikel secara manual. Pengguna dapat memulai dari awal dengan mengisi kolom judul artikel, tanggal terbit, jurnal, volume, isu hingga isi artikel.
  • Ketika pengguna memutuskan untuk memilih berbagai artikel, maka secara otomatis artikel tersebut akan tampil di dalam profil masing-masing.
  • Selain itu pengguna juga dapat menyunting atau edit data artikel secara manual, seperti judul, tanggal, penerbit, volume, isu dan lain sebagainya.
  • Selain itu pengguna juga dapat menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di dalam profil pengguna.
  • Untuk melakukan pemeriksaan indeks pencarian, silahkan buka kembali homepage Google Scholar dan ketik nama panjang pengguna di kolom pencarian. Maka pengguna dapat melihat bagaimana tampilan profil yang dilihat instansi hingga publik.

Kelebihan Google Scholar

Google scholar juga disebut sebagai perpustakaan daring yang memiliki tampungan yang besar. Karena google cendekia menyimpan data karya ilmiah, peneliti, repository ataupun bentuk lain, yang dapat diakses oleh pengguna.

Inilah kelebihan google scholar dianggap lebih akurat, karena terfokus pada karya tulisan yang sifatnya ilmiah. Jadi, semua karya dari penulis, bahkan dari penulis luar sekalipun, asalkan sudah terindeks ke google cendekia pun akan dapat diakses. Naskah ini pun nantinya juga langsung dapat di kutip ataupun disimpan.

Manfaat lain dari aplikasi ini ternyata tidak sekedar itu. Untuk perguruan tinggi, setidaknya perananya mampu meningkatkan webometrik. seperti yang dilansir oleh unnes.ac.id bahwa pada tahun 2012 kriteria penilaian webometrics menggunakan kriteria size, visibility, rich text, dan scholary.

Adapun kriteria penilaian yang keluar di tahun 2012 yang lalu webometris menggunakan presence (20%), impact (50%), openess (15%) dan excellence 15%. 

Kelemahan Google Scholar

Inilah kelemahan google scholar dokumen atau karya Anda dapat diambil atau diakuisisi oleh oleh dokumen milik scholar. Bagaimana carannya, agar tidak terjadi hal semacam itu? Jadi Anda cukup melakukan verifikasi. Dengan kata lain, kejujuran pemilik profil diandalkan dari profil yang Anda buat dan yang sesuai pemilik profil.

Jadi, penulisan profil secara jujur dan akurat akan sangat membantu agar karya Anda tidak diambil. Hal ini juga diakui oleh webometrics, dimana dokumen yang disertai dengan profil lengkap dari penulisnya, lebih riskan diselewengkan dan terjadi kecurangan.

Mungkin tidak banyak yang berfikiran jika profil itu sangat berpengaruh. Banyak berkat profil dan yang dituliskan, mampu meningkatkan webometrics. Namun perlu dicatat, ketika penulis menunjukan H-Index tinggi, belum tentu jika di cari di scopus, bisa jadi kebalikan, lebih rendah.

Bagi beberapa orang, menilai seorang dosen atau peneliti produktif atau tidaknya tergantung pada jumlah dokumen yang dipublish di salah satu (webometrics atau di scopus). padahal, bisa jadi mereka hanya fokus di salah satu saja. Jadi, tidak bisa penilaian seorang dosen/peneliti/penulis dilihat dari salah satu media saja.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0