black and gray mining rig
Photo by panumas nikhomkhai on Pexels.com
in

Rekomendasi 5 DNS Tercepat di Dunia 2021

DNS Merupakan Sistem untuk Menerjemahkan Domain ke IP Address

Katalogue.id – Ketahui rekomendasi 5 DNS tercepat di dunia 2021. DNS atau kepanjangan dari Domain Name System adalah sebuah sistem yang digunakan sebagai tempat penyimpanan informasi tentang nama host atau domain pada jaringan komputer.

Dengan adanya DNS para pengguna internet dapat dengan mudah mengetikkan nama domain sebuah website di internet, karena tanpa adanya DNS para pengguna internet diharuskan memasukkan alamat IP yang terdiri dari 10 nomor yang tidak berulang.

Kegunaan DNS ( Domain Name System )

Kegunaan DNS adalah Penyedia alamat IP untuk berbagai macam host, dan juga untuk mencari alamat host. Alamat IP dari berbagai host dapat diidentifikasi menggunakan DNS. Sebuah alamat IP, alamat domain, serta alamat sebuah host dapat diketahui secara lengkap dengan adanya DNS.

DNS juga sangat penting untuk mail server. Dengan adanya DNS semua e-mail yang masuk, dan keluar akan di monitor aktivitasnya. Bukan hanya itu, DNS juga akan meyimpan, dan mencatat semua data dari proses masuk, dan keluarnya semua e-mail.

DNS juga memudahkan komputer untuk mengidentifikasi alamat website. Komputer bisa secara langsung mengidentifikasi alamat IP sebuah website, begitu juga sebaliknya.

Ketahui rekomendasi 5 DNS tercepat di dunia 2021.
Ketahui rekomendasi 5 DNS tercepat di dunia 2021. Photo by Field Engineer on Pexels.com

Secara singkat, DNS akan bekerja untuk meng-convert alamat host menjadi alamat IP yang lebih mudah untuk dipahami oleh komputer-komputer.

Pada saat para pengguna akan mengakses salah satu alamat website, device yang terhubung dengan internet akan langsung mengirimkan permintaan ke alamat IP mana sebuah website tersebut akan dituju menggunakan DNS yang telah ditentukan oleh ISP.

Selanjutnya, jika server DNS yang telah disediakan oleh ISP tidak mengetahui alamat IP dari website tersebut, maka server DNS akan langsung melakukan query ke salah satu root DNS server. Sebagai informasi, ada 13 jenis root DNS server yang tersedia di seluruh dunia untuk saat ini.

Lalu, DNS ISP akan langsung menerima, dan menyimpan data tentang alamat IP yang sudah diterima dari root DNS. Informasi alamat IP yang baru diterima akan dilanjutkan oleh DNS ISP ke device yang terhubung oleh internet tadi.

Akhirnya, DNS akan memberikan alamat IP kepada device, dan browser yang ada pada device tersebut akan langsung terhubung dengan halaman website yang dituju. DNS juga dapat mempengaruhi kecepatan akses internet.

Proses query yang biasanya hanya akan membutuhkan waktu sepersekian detik, dapat berubah menjadi beberapa menit, bahkan proses query akan gagal jika terjadi permasalahan teknis pada DNS.

Hal ini sangat merugikan bagi para pengguna internet di saat-saat genting seperti saat akan melakukan pembayaran online, ataupun mengumpulkan sebuah tugas melalui internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0