Dampak Buruk Air Lemon Bagi Tubuh
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com
in

Waspada! Dampak Buruk Air Lemon Bagi Tubuh

Sisi Buruk Air Lemon

Katalogue.id- Seperti yang Anda ketahui bahwa konsumsi air lemon memang beraneka ragam manfaatnya bagi kesehetan tubuh Anda. Termasuk mencegah dehidrasi, membantu pencernaan, dan mendukung penurunan berat badan

Selain dapat mengatasi dehidrasi saat di konsumsi, air lemon mungkin memiliki beberapa manfaat dalam jumlah sedang, tetapi terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping yang negatif bagi tubuh.

Efek Samping Air Lemon yang Berlebihan  

Merusak Gigi Anda.

Rasa air lemon sangat asam, jika terlalu banyak dapat mengikis email gigi Anda. Setidaknya cobalah meminumnya dari sedotan untuk mengurangi paparan asam langsung pada gigi Anda. Anda juga harus menghindari menyikat gigi segera setelah mengonsumsi air lemon dan minum banyak air putih.

Membuat Perut Anda Sakit.

Meskipun berbagai manfaat air lemon berpusat pada kesehatan usus, terlalu banyak memeras air dapat memperburuk penyakit umum seperti penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dan refluks asam. 

GERD dan refluks asam dipicu oleh makanan asam, seperti lemon, dan dapat menyebabkan mulas, mual, dan muntah.

Kulit Lemon Menjadi Tempat Kuman

Dampak Buruk Air Lemon Bagi Tubuh
Kulit Lemon Menjadi Tempat Kuman. Photo by Hinrich Oltmanns on Pexels.com

Anda mungkin ingin menghindari memasukkan irisan lemon ke dalam air saat Anda berada di restoran. Para peneliti menguji 76 sampel lemon dari 21 restoran berbeda dan menemukan bahwa banyak lemon mengandung mikroorganisme, termasuk beberapa bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.  

Keasaman Air Lemon Memperburuk Sariawan.

Kondisi yang buruk sekali apabila saat Anda terbangun mengalami iritasi pada mulut atau dengan kata lain Anda mengalami sariawan. Meskipun dalam kurun waktu bisa hilang dengan sendirinya, minum air lemon terlalu banyak berpotensi memperburuk sariawan.

Sering Buang Air Kecil

Minum air lemon, terutama dalam segelas air hangat dapat berfungsi sebagai diuretik, yang menyebabkan sering buang air kecil. Buah-buahan lainnya yang memiliki rasa asam seperti lemon juga bisa mengiritasi kandung kemih. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sifat asam dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil lebih sering.

Menyebabkan Dehidrasi

Jika minum air lemon berlebihan, juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, karena air lemon membuat tubuh kekurangan cairan. Dalam prosesnya, bahaya buah lemon juga dapat mengurangi elektrolit dan natrium melalui urine.

Menyebabkan Mual dan Muntah

Mengingat air lemon mengandung banyak vitamin C, penting untuk Anda ingat bahwa terlalu banyak asupan nutrisi dapat menyebabkan mual dan bahkan muntah. Bahaya minum lemon terlalu banyak (misal lebih dari 2 lemon atau 3 cangkir jus lemon) dapat menyebabkan overdosis vitamin C. Meskipun tidak menimbulkan kondisi yang serius, namun tubuh akan mencoba menghilangkan kelebihan vitamin C yang menyebabkan muntah. Bahkan diet detoks seperti diet air lemon dapat menyebabkan mual dan muntah.

Kelebihan Kandungan Zat Besi Dalam Darah

Vitamin C diketahui dapat mendorong penyerapan zat besi dalam tubuh. Bahaya minum lemon terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatan kadar zat besi dalam darah. Terlalu banyak zat besi dalam tubuh bisa berbahaya. Kelebihan zat besi dalam darah juga dapat merusak organ dalam.

Kulit Bisa Terbakar Sinar Matahari

Menyebabkan kulit terbakar sinar matahari Studi menunjukkan bahwa terpapar sinar matahari ketika sedang menggunakan masker lemon dapat menyebabkan lepuh dan bintik hitam di kulit. Juga disebut phytophotodermatitis, bentuk terburuk dari sengatan matahari. Penyebabnya adalah bahan kimia dalam air lemon (psoralens) yang berinteraksi dengan sinar matahari dan menyebabkan luka bakar.

Menyebabkan Migrain

Dampak Buruk Air Lemon Bagi Tubuh
Menyebabkan Migrain. Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Bahaya minum lemon secara berlebihan dapat memicu sakit kepala sebelah atau migrain. Lemon diketahui juga mengandung antihistamin dan tyramine, yang keduanya menjadi penyebab migrain.

Menimbulkan Gangguan Ginjal

Dampak minum air lemon terlalu banyak dapat mengganggu kesehatan pada ginjal dan bahkan batu ginjal. Anda yang mengalami masalah ginjal disarankan untuk menghindari minum air lemon.

Menimbulkan Gangguan Kehamilan

Berhati-hatilah karena bahaya buah lemon dapat memengaruhi perkembangan janin dalam rahim. Ibu hamil rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Jadi, ibu hamil disarankan untuk menghindari minum air lemon karena berisiko mengalami gangguan penmcernaan seperti kram perut dan diare.

Bagaimana Menangkal Bahaya Air Lemon?

Seperti dikutip doktersehat.com untuk menghindari dampak buruk minum lemon secara berlebihan, selalu atur waktu minum air lemon dan batasi porsinya. Usahakan mengonsumsi air lemon setelah perut terisi makanan sebelumnya.

Agar porsi lemon terkontrol, batasi konsumsi maksimal satu buah lemon ukuran sedang yang setara 60-70 gram, dalam satu hari. Selain itu, kombinasikanlah konsumsi buah Anda. Pilihlah lemon sebagai variasi buah untuk konsumsi sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu agar asupannya tidak berlebihan.

Berikut ini cara minum lemon yang benar dan aman bagi tubuh:

Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Dampak Buruk Air Lemon Bagi Tubuh
Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari. Photo by PhotoMIX Company on Pexels.com

Waktu terbaik minum air lemon adalah di pagi hari karena berfungsi mengganti cairan tubuh yang hilang karena dehidrasi setelah bangun tidur. Saat tidur, tubuh kehilangan banyak cairan. Cara mengembalikan cairan tubuh adalah dengan meminum segelas air lemon hangat. Ingat, minumlah secukupnya.

Tidak minum lemon setiap hari

Minum lemon secara rutin saat pagi bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki jaringan kulit dan persendian tulang. Tetapi, meminum air lemon setiap hari dapat merusak enamel gigi atau erosi gigi. Perlu diingat, tidak semua orang bisa menikmati air lemon setiap hari. Seperti dijelaskan sebelumnya, seseorang yang memiliki kadar besi tinggi dalam darah harus mengurangi minum air lemon karena kandungan air lemon dapat meningkatkan tubuh menyerap banyak zat besi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0