in

Xamarin Adalah

Katalogue.idXamarin adalah platform pengembangan aplikasi mobile dari Microsoft. Dengan Xamarin Anda dapat membuat aplikasi mobile cross platform pada perangkat Android, IOS, Windows 10, Windows 8.1, dan Windows Phone. Saat ini terdapat tiga produk Xamarin yang dapat anda pilih yaitu:

  1. Xamarin for Android, digunakan jika anda ingin membuat aplikasi native Android
  2. Xamarin for IOS, digunakan untuk membuat aplikasi native IOS
  3. Xamarin Forms, dapat menggunakan satu UI yang dapat di gunakan pada platform yang berbeda

Jika Anda menggunakan salah satu atau kedua teknologi tersebut maka anda dapat membagi komponen yang sudah anda buat pada satu project untuk digunakan di project yang lain. Namun, yang dapat dibagi hanya komponen selain UI (User Interface). Xamarin for Android dan Xamarin for IOS masih menggukanan komponen UI yang spesifik dengan platform.

Xamarin Forms adalah teknologi yang lebih baru, kelebihan dari Xamarin Forms adalah dapat menggunakan satu UI yang dapat di gunakan pada platform yang berbeda. Dengan Xamarin Forms Anda cukup mengembangkan satu aplikasi dengan target platform yang berbeda. Xamarin Forms menggunakan format XAML (eXtensible Application Markup Language) untuk membuat tampilan UI.

Dengan based-nya adalah bahasa pemograman C# dan mengimplemetasikan metode shared codebase, developers bisa menggunakan Xamarin untuk menggembangkan aplikasi native iOS, Android, and Windows dengan native user interfaces dan share code across multiple platforms.

Xamarin

Fitur

Alasan kenapa Xamarin banyak menjadi pilihan bagi developer-developer dalam mengembangkanaplikasinya adalah karena Xamarin punya banyak fitur-fitur dan keunggulan, dari banyak fitur dan keunggulan tersebut berikut beberapa diantaranya:

  1. Cross-platform Development
    Dengan mengandalkan bahasa pemograman C# kalian sudah bisa membuat dan mengembangkan aplikasi di banyak platform seperti iOS, Android, Mac dan Windows.
  2. Visual Studio Integration
    Xamarin sudah bisa terintegrasi dengan Visual Studio. Jadi dengan bermodalkan Visual Studio anda sudah bisa menanamkan Xamarin dan mulai membuat aplikasi-aplikasi Mobile yang anda inginkan.
  3. Native UI, Native Performance
    Xamarin memberikan sebuah performa tinggi dalam meng-compile kode dan memberikan akses penuh ke semua Native API, jadi kita bisa membuat aplikasi native sesuai dengan perangkat yang spesifik.
  4. Reuse Existing Code
    Anda bisa menggunakan .NET library dan juga dengan mudah menggunakan library-library atau framework lain dalam pembuatan atau membangun aplikasi kalian di Xamarin.
  5. Fully Featured IDE
    Jika kalian tidak biasa menggunakan Visual Studio, Xamarin juga menyediakan full fitur IDE yang dikhususkan untuk membuat aplikasi Mobile. Didalam IDE ini sudah ada fitur seperti Code Completion, integrated designer, debugger dan lain-lain. Nama dari IDE ini adalah Xamarin Studio.
  6. Point and Click UI Design
    Xamarin menyediakan Android UI Designer kelas dunia. Dan juga menggunakan Apple Xcode UI Designer untuk membuat interface dan storyboard yang secara otomatis tersinkron dengan Xamarin.iOS projek kita.

Selain fitur-fitur yang disediakan Xamarin diatas, masih ada banyak keunggulan lain dari Xamarin:

  1. Membuat aplikasi Native dengan hanya bahasa C#. semua yang bisa dilakukan dengan Java dan Objective C bisa dilakukan C# di Xamarin.
  2. Dengan Xamarin studio anda bisa dengan mudah dalam membangun aplikasi Mobile.
  3. Xamarin adalah satu-satunya platform yang bisa memperbolehkan kita membangun atau membuat aplikasi Native iOS dan Android dari Visual Studio.
  4. Xamarin selalu Update API-API terbaru dari Google (Android) dan Apple(iOS). Menyediakan banyak dokumentasi, tutorial, guide dan support yang membantu user dalam mengembangkan aplikasinya dengan Xamarin.

Sumber: Xamarin adalah | Silvergen.id

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0